About London

Berangkat dari pengalaman sangat perlunya informasi yang komprehensif sebelum tinggal di London, kami mencoba menyusun informasi dari berbagai sumber tentang London. Beberapa informasi dasar yang dibutuhkan bagi warga Indonesia yang akan pindah dan tinggal di London, secara berkesinambungan akan tampil dalam buletin online ini.


SEKILAS TENTANG INGGRIS

The United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland yang disingkat UK dan umumnya dikenal sebagai Britania Raya, Inggris Raya atau Inggris adalah sebuah negara kepulauan di Eropa Utara di antara Laut Utara dan Samudra Atlantik yang dibentuk pada 1 Mei 1707. Britania Raya merupakan negara federal yang terdiri dari England (Inggris), Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Negara dengan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional yang modern ini memiliki Kepala Negara yaitu Ratu dan Kepala Pemerintahan yaitu Perdana Menteri.

Sebagian besar Britania Raya terdiri dari dataran rendah. Kota-kota besarnya selain London adalah Birmingham, Manchester, Leeds, Sheffield, Liverpool, Bristol, Nottingham, Leicester, dan Newcastle upon Tyne.

Britania Raya mempunyai 4 musim di setiap tahunnya, yaitu musim dingin (Desember-Februari), musim semi (Maret–Mei), musim panas (Juni–Agustus) dan musim gugur (September–November). Jangan lupa menyediakan keperluan untuk musin dingin seperti coat/jaket tebal, sarung tangan, topi, syal baju termal atau yang dikenal dengan long johns yang berkualitas baik. Ada kalanya pada musim semi atau musim gugur, perlengkapan tersebut juga dibutuhkan terutama jaket dan syal, pada saat Anda melakukan aktivitas di luar karena di Inggris angin sering kali bertiup cukup kencang.


  LONDON (UK) & MASYARAKATNYA

Kota London yang berada di county Greater London adalah ibu kota Britania Raya dan England (Inggris) dan merupakan wilayah metropolitan terbesar di Britania Raya, juga merupakan basis berbagai organisasi, institusi dan perusahaan yang berpengaruh di dunia. Greater London yang secara harfiah berari “London Raya” merupakan sebuah county di Inggris yang memiliki luas wilayah 1.579 km² dan populasi 7,753,600 jiwa dipertengahan tahun 2009.

Penduduk London terdiri dari berbagai macam etnik, budaya, dan agama, serta berbicara dalam hampir 300 bahasa menjadikannya kota paling kosmopolitan dan dinamis di dunia. Keberagaman menjadikan masyarakat UK dikenal toleran dan demokratis, dimana berbagai kepercayaan, pandangan hidup dan politik dihormati.

Kondisi masyarakat ini  membuat pendatang yang baru tiba di UK akan lebih mudah untuk menetap dan bergabung. Tingkat pemahaman Anda akan ragam budaya juga akan bertambah manakala bertemu teman-teman baru dengan latar belakang agama dan kebangsaan yang beragam.


BAHAN MAKANAN POKOK

Bahan makanan sehari-hari mudah didapatkan di London, dapat dibeli di supermarket atau toko-toko yang tersebar di setiap kawasan permukiman, baik dibeli secara langsung maupun secara online. Bagi yang memerlukan makanan maupun bahan makanan yang halal tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkannya karena banyak sekali tempat makan dan toko makanan halal, bahkan beberapa supermarket besar pun telah menyediakannya.

Beberapa supermarket yang sering menjadi tujuan belanja:

Untuk bahan makanan oriental dapat dibeli di:

  • WING YIP http://www.wingyip.com/ : merupakan supermarket yang cukup lengkap menjual bahan masakan Asia (misalnya: beras, tahu, cabe, daun pisang, daun jeruk, Indomie, kecap ABC, serai, dll). Produk halal juga tersedia disini.
  • CHINATOWN http://www.chinatown-online.co.uk/ : merupakan kawasan dimana terdapat populasi orang China yang cukup besar, dimana disitu kita juga dapat menemukan toko yang menjual bahan makanan Asia termasuk dari Indonesia. Terletak di kawasan Soho, London.
  • MAYSOON : sebuah toko yang menjual bahan makanan Asia, terletak di kawasan Golders Green. Toko ini dikenal dengan selalu tersedianya sambal botol ABC yang tidak mudah ditemui di toko-toko oriental lainnya.

Beberapa kawasan belanja kebutuhan sehari-hari lain adalah:

  • Burnt Oak: di sepanjang jalan Burnt Oak, terdapat deretan toko-toko yang terkenal murah. Terdapat toko ikan segar yaitu Edgware Fisheries yang merupakan satu-satunya toko ikan segar dengan lokasi terdekat. Beberapa toko halal meat, sayur, buah-buahan, dan bahan makanan lain tersedia di sini.
  • Hendon: orang Indonesia sering berbelanja buah apabila dalam jumlah besar disini, karena kualitasnya bagus dan cukup murah. Peralatan makan (piring, mangkuk, sendok, gelas, dll) dari plastik, styrofoam, dan kertas juga cukup lengkap di kawasan ini.
  • selain itu masih terdapat beberapa kawasan belanja lainnya yang dekat dengan rumah tinggal, seperti di Cricklewood, Kilburn, Kingsbury, dsb.

TIPS menyimpan bahan makanan:

  • Bahan mentah segar dalam jumlah besar seperti ikan, daging sapi atau ayam, setelah dibeli langsung dibersihkan, kemudian dibagi-bagi sesuai kebutuhan sekali memasak, lalu dibungkus dengan freezer bag. Sebelum dimasukkan ke dalam rak es (freezer), simpan terlebih dahulu di rak suhu sedang dalam lemari es hingga bahan makanan menjadi dingin secara merata.
  • Jangan lupa mencantumkan nama bahan dan tanggal pembelian, untuk memudahkan saat pengambilan.

Math Teacher  SEKOLAH

Pendidikan Dasar dan Menengah di London

Mencari sekolah untuk anak-anak di tempat tinggal baru merupakan salah satu tugas orang tua. Pada umumnya pendaftaran untuk sekolah dasar (primary school) lebih mudah dari pada sekolah menengah (secondary school). Meski mendaftarkan anak ke sekolah idealnya dilakukan sebelum tahun ajaran baru dimulai (sekolah dimulai di awal bulan September dan berakhir di bulan Juni), kapasitas murid di kelas dan urutan daftar tunggu calon murid mempengaruhi dapat-tidaknya anak diterima dengan segera di suatu sekolah. Hal ini perlu diantisipasi untuk mencegah rasa kecewa orang tua maupun anak. Apabila membutuhkan bantuan lebih jauh, kita dapat menghubungi petugas pada Education Council di masing-masing borough tempat kita tinggal.

Beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum mendaftarkan anak ke sekolah adalah adanya bukti tempat tinggal tetap di UK (dapat berupa kontrak rumah, tagihan listrik, gas atau telefon), bukti diri yaitu paspor orang tua dan anak dan akte kelahiran anak yang telah terjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Penerjemah Resmi serta menetapkan sekolah mana yang akan dituju sebelum mengisi formulir pendaftaran sekolah.

Informasi mengenai berbagai tingkatan sekolah dan batasan umur dapat dilihat di situs: http://www.direct.gov.uk/en/EducationAndLearning/index.htm.

Untuk mengetahui lokasi, kualitas sekolah yang diinginkan dan informasi lain yang ingin diketahui, kita dapat membuka situs dari Ofsted (The Office for Standards in Education, Children’s Services and Skills) dengan alamat: http://www.ofsted.gov.uk/.


  TEMPAT TINGGAL 

Mencari rumah tinggal di luar negeri menjadi tantangan tersendiri. Sebelumnya perlu mengetahui terlebih dahulu tipe-tipe rumah di London serta lokasi yang diinginkan.

Tipe Rumah:

  • Semi-detached House adalah sepasang rumah ‘kembar’ yang umumnya berbentuk sama yang saling berdempetan pada salah satu dindingnya. Di Indonesia rumah seperti ini dikenal dengan istilah rumah dupleks.
  • Terraced House (rumah teras atau di US row house), adalah deretan beberapa rumah yang serupa dan saling berbagi dinding samping kecuali ujung pertama dan terakhir dari barisan yang disebut teras ujung (end terrace). Biasanya ruang publik seperti ruang keluarga dan dapur berada di lantai dasar, sementara kamar tidur ditempatkan di lantai dua.
  • Single-family Home (di UK dikenal dengan istilah detached house) adalah sebuah rumah yang berdiri sendiri. Tentu saja privasi tinggal di rumah ini akan lebih terjamin. Bungalow merupakan istilah untuk single house berlantai satu, sehingga semua ruangan berada di lantai yang sama.
  • Flat (di US dikenal dengan istilah apartement), merupakan pilihan beberapa keluarga pula. Pada umumnya jika menginginkan tinggal di dekat pusat kota, flat adalah pilihan terbaik dengan harga yang masih terjangkau dari pada rumah biasa. Seringkali gedung flat di UK adalah hasil konversi dari rumah Victoria tua. Satu flat merupakan satu unit hunian yang mencakup keseluruhan satu lantai dari gedung flat. Umumnya keseluruhan lantai dari bangunan flat ini dihuni oleh seorang penyewa/penghuni, walaupun ada flat yang berbagi koridor dengan penyewa/penghuni lain. Dikenal juga istilah 2-Flat, 3-Flat, dan 4-Flat houses, dimana bangunan yang terdiri dari 2, 3, atau 4 flat, dimana setiap lantainya ditempati setiap penyewa/pemilik. Flat ini memiliki tangga bersama yang ditempati di bagian depan/belakang bangunan.

Rumah-rumah di London biasanya memiliki dua kamar atau tiga kamar tidur, walaupun rumah berkamar empat juga ada dan tentu saja harga sewanya relatif lebih mahal. Ruang keluarga adakalanya cukup besar, ada yang dipisahkan oleh dinding atau langsung tanpa dinding pemisah (through). Pada umumnya rumah UK memiliki satu kamar mandi (toilet dan shower/bath tube dipisah atau digabung dalam satu ruang). Beberapa rumah memiliki guest-toilet/WC di lantai dasar. Masih ada kemungkinan menemui rumah dengan dua kamar mandi, yang biasanya kamar mandi kedua berbentuk ensuit-bathroom di kamar tidur utama.

Garasi adakalanya disediakan, namun banyak juga yang tidak memilikinya. Pada umumnya garasi ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai gudang untuk menyimpan barang-barang, sementara mobil diparkir di car port.

Rumah di London pada umumnya memiliki taman/halaman belakang yang luas. Taman belakang biasanya ditanami rumput, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam perawatannya perlu kesepakatan yang jelas antara kita dengan landlord, siapa yang bertanggung jawab merawat taman. Jika kita, pastikan apakah land-mower disediakan pula.

Rumah yang disewakan terdiri dari dua kategori yaitu furnished dan unfurnished. Walaupun dalam kategori unfurnished, perabotan yang bersifat mendasar biasanya tetap disediakan, misalnya lemari pakaian yang build-in, serta perabotan dapur seperti kompor gas/listrik, lemari es (fridge dan freezer) dan mesin cuci pakaian. Banyak pula rumah sewa ini yang dilengkapi dengan seperangkat sofa, meja makan, tempat tidur beserta kasur di setiap kamar. Dalam kondisi furnished, rumah sewa ini tentunya telah dilengkapi dengan semua perabotan dan peralatan yang diperlukan, sampai-sampai peralatan makan pun telah tersedia. Jika memungkinkan, mintakan pula mereka menyediakan vacuum cleaner dan land-mower. Pada saat serah-terima, telitilah dengan seksama daftar barang inventaris ini beserta kondisinya, agar pada saat diserahkan kembali tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Jangan lupa menanyakan kelengkapan pemeriksaan gas yang biasanya dilakukan secara regular setiap tahun oleh perusahaan gas setempat. Double glazing pada kaca pintu dan jendela akan sangat membantu di musim dingin atau pun polusi suara dari luar (terutama pada rumah yang berada di pinggir jalan yang ramai), sehingga jika memungkinkan carilah rumah yang telah menggunakan kaca-ganda dengan kunci-kunci yang aman.

Pada umumnya informasi mengenai rumah yang akan disewa diperoleh melalui agen perumahan. Agen mana yang dipilih, sesuaikan dengan lokasi rumah yang ingin dicari. Perlu mencari informasi sebelumnya mengenai kredibilatas agen ini yang biasanya diperoleh dari informasi dari mulut-ke-mulut. Biasanya sebelum kesepakatan diambil, ada kesempatan untuk bertemu dan bertatap muka dengan pemilik/landlord, sehingga dengan mengenal landlord lebih baik, setiap urusan di kemudian hari (seperti keluhan tentang adanya kerusakan, dan lain sebagainya) diharapkan menjadi lebih lancar.

Penawaran harga sewa rumah biasanya diberikan dalam bentuk bulanan (dikenal dengan istilah pcm : per calendar month) atau mingguan (pcw). Jika diberikan dalam bentuk mingguan, untuk menghitung harga bulanan rata-rata, kalikan 52 (minggu) dan membaginya 12 (bulan). Jangan segan-segan mengajukan penawaran atas harga yang mereka ajukan, walaupun biasanya harga yang bisa diturunkan tidak banyak.

Tipe rumah yang bagaimana yang ingin dipilih, sangat bergantung pada selera, kondisi dan kebutuhan keluarga. Jumlah kamar, lokasi dan kondisi rumah tentu saja merupakan pertimbangan penting, dimana semua pertimbangan ini akan bermuara pada harga sewa rumah. Dalam memilih lokasi, jika memungkinkan pertimbangkan pula mengenai dimana anak-anak akan bersekolah karena penempatan murid bersekolah di UK biasanya berdasarkan pada rayon/wilayah.

Saat ini pada umumnya keluarga home staff KBRI London tinggal di wilayah London Utara, terutama wilayah North West.

   

PELAYANAN KESEHATAN

1. Layanan Kesehatan Umum
Pemerintahan menyediakan asuransi pelayanan kesehatan (National Health Service/NHS) untuk masyarakatnya. Agar Anda juga mendapatkan layanan kesehatan NHS ini, terlebih dahulu daftarkan diri kepada dokter/klinik pilihan Anda atau yang berlokasi disekitar tempat tinggal. Tentunya diperlukan dokumen pendukung seperti paspor dan visa serta bukti tempat tinggal tetap di UK. Ini perlu dilakukan secepatnya setelah memiliki alamat tetap. Jangan menunggu sampai Anda jatuh sakit.

Jika sekolah, akademi atau universitas tempat Anda menuntut ilmu memiliki pusat kesehatan, bisa mendaftarkan diri pada dokter yang berpraktek di sana atau mintalah rekomendasi mereka untuk diberikan pada dokter setempat. Anda bisa mendapatkan daftar dokter setempat dari Kantor Pos atau dengan menghubungi the Family Health Services Authority di area tempat Anda tinggal (lihat di direktori telepon lokal) atau melalui internet.

Dengan pelayanan NHS ini Anda berhak memperoleh layanan dokter secara gratis dan untuk anak-anak pembelian obat juga dibebaskan biaya. Layanan NHS ini juga mencakup perawatan kehamilan dan melahirkan di rumah sakit, termasuk layanan perawan ibu dan anak pasca kelahiran dan posyandu.

2. Layananan Kesehatan Gigi
Dengan fasilitas layanan NHS, Anda bisa mendapatkan potongan harga untuk perawatan gigi sedangkan anak-anak mendapat pembebasan biaya yang penuh. Anda tetap perlu mendaftarkan diri kepada dokter gigi setempat setelah memperoleh kartu NHS. Namun pertama-tama, pastikan bahwa dokter gigi tersebut menerima pasien NHS: karena beberapa dokter gigi hanya menerima pasien pribadi.

3. Layanan dan akses untuk penyandang cacat
Jika Anda atau anggota keluarga memiliki cacat tubuh, hubungi sekolah, akademi atau universitas anda untuk mencari tahu fasilitas yang tersedia. Beberapa institusi dapat membuat perjanjian khusus dengan memperhatikan kondisi tubuh Anda, seperti memberikan waktu tambahan untuk ujian jika Anda mengalami kesulitan dalam menulis.

Click here for more graphics and gifs!


TRANSPORTASI

Pada sistem transportasi di London, lembaga Transport for London (TfL) mengontrol sebagian  besar angkutan umum, yaitu Underground, London Buses, Tramlink, the Docklands Light Railway, dan London Overground dalam wilayah Greater London. Layanan transportasi lainnya lainnya dikelola perusahaan lain di bawah pengawasan Department for Transport (DfT).

Kartu Oyster yang dikeluarkan oleh Transport for London (TfL) adalah bentuk kartu elektronik yang digunakan untuk layanan pembayaran transportasi umum di wilayah London. Kartu Oyster berlaku bagi London Underground, London buses, the Docklands Light Railway (DLR), London Overground, trams, beberapa layanan perahu sungai dan sebagian besar National Rail services dalam tarif zona London. Kartu ini dirancang untuk mengurangi jumlah transaksi di loket tiket dan penggunaan tiket kertas tunggal. Kartu ini menawarkan tarif jauh lebih murah daripada pembayaran dengan uang tunai.

Seperti negara-negara maju pada umumnya, transportasi umum di London sangat berkembang, baik rapid transit, bis atau kereta apinya. Penggunaan alat transportasi umum di London merupakan pilihan tepat karena sulitnya menemukan lokasi parkir ditambah biaya parkir yang cukup mahal dan adanya kebijakan congestion charges yang cukup mahal.

1. Transportasi Darat
London Underground adalah sistem angkutan cepat berupa jaringan kereta listrik bawah tanah yang tertua di dunia dan mungkin juga tersibuk dengan 3 juta pengguna per hari yang melayani daerah kota London dan London Raya. Jaringan ini dikenal juga dengan nama the Tube atau cukup Underground dan sudah mulai beroperasi sejak 10 Januari 1863 sebagai Metropolitan Railway yang sekarang rutenya dilayani oleh Circle Line dan Hammersmith & City Line. Jaringan London Underground  memiliki 274 stasiun serta 253 mil atau 408 km rel aktif. Dari segi kecepatan dan ketepatan waktu, Tube adalah pilihan yang tepat. Tube juga terintegrasi dengan layanan bis kota dan jaringan kereta lain yang cepat dan efisien.

Untuk informasi yang lebih lengkap mengenai Tube dapat di lihat di website berikut ini; http://www.tfl.gov.uk/modalpages/2625.aspx, sedangkan untuk London Buses dapat di lihat di website berikut ini; http://www.tfl.gov.uk/modalpages/2605.aspx

Berbagai kupon perjalanan juga disediakan, seperti one day travel pass, bus pass, weekly, dan lain-lain, sangat memungkinkan Anda melakukan perjalanan secara efisien, sehingga pilihlah paket yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Untuk informasi lebih jelas hubungi salah satu agen perjalanan, stasiun kereta atau National Express (operator layanan bis nasional).

Untuk informasi layanan kereta serta jadwal dan ongkosnya silakan kunjungi www.railtrack.co.uk atau www.thetrainline.com, sedangkan informasi mengenai layanan bis luar kota dapat dilihat di www.nationalexpress.com.

Jalan Darat. Jaringan motorway (M) menghubungkan semua kota besar. Jika ingin mengendarai mobil atau motor di UK, Anda harus memiliki SIM yang berlaku dan Anda berusia paling tidak tujuh belas tahun. Hubungi Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA) untuk informasi lebih lengkap mengenai persyaratan untuk mendapatkan SIM di UK.

Harap diperhatikan bahwa di UK jarak diukur dengan mil. Untuk konversi ke dalam kilometer, bagi lima dan kalikan delapan. Misalnya, 50 mil = kurang lebih 80 kilometer.

2. Transportasi udara
London dilayani oleh sekitar 6 bandar udara dimana di antaranya 3 buah di dalam batas London Raya dan 3 di luar. Yang terbesar adalah Heathrow yang menjadi bandara utama. Bandara internasional London lainnya adalah Gatwick dan Stansted yang per tahun melayani masing-masing 30 juta dan 20 juta penumpang. Bandara lainnya adalah Biggin Hill, London City Airport dan Bandara Luton London.

Hubungan ke kota-kota di Eropa daratan sangat bagus dan sering. Banyak penerbangan murah tersedia untuk rute ini dan tersedia pula agen perjalanan yang khusus melayani perjalanan murah untuk para pelajar. Selain maskapai penerbangan besar internasional banyak maskapai penerbangan yang lebih kecil yang melayani penerbangan pendek di dalam Eropa dan terkadang jenis penerbangan ini harganya paling murah.

British Airports Authority menyediakan informasi rinci mengenai bandara besar di UK: www.baa.co.uk

3. Transportasi Air
Awalnya, transportasi air adalah salah satu transportasi utama di London namun sekarang lalu lintas air hanya dipakai sebagai wisata.

Sungai Thames bisa dilalui kapal yang berlayar sampai sekitar London Bridge dan oleh kapal-kapal kecil sampai keluar batas London Raya. London juga mempunyai jaringan kanal, termasuk Kanal Regent’s yang menghubungkan Thames ke Grand Union Canal.

Click here for more graphics and gifs!

  KOMUNIKASI

1. Layanan telepon
Telepon umum di Inggris diaktifkan dengan menggunakan koin atau kartu telepon. Bila menggunakan telepon kartu, Anda membutuhkan kartu kredit atau kartu telepon pra bayar. Nilai kartu telepon bervariasi dari £2, £5, £10 dan £20, yang dapat dibeli di agen surat kabar, kantor pos atau supermarket.

Sebelum memutar nomor tujuan, angkat gagang telepon dan dengarkan nada panggil. Setelah memutar nomor tujuan, jika nomor tidak digunakan, Anda akan mendengar nada panggil ganda berulang kali. Jika nomor yang dituju sedang digunakan, Anda akan mendengar nada sibuk – nada panggil satu kali yang diulang.

Jika nomor tidak dapat dihubungi (tidak digunakan sama sekali), Anda akan mendengar nada yang stabil. Jika uang atau kartu Anda hampir habis, Anda akan mendengar bunyi bernada tinggi beberapa kali.

2. Telepon genggam
Telepon genggam umum digunakan di Inggris namun sebelum Anda membelinya, cek dan bandingkan dengan seksama paket yang ditawarkan, termasuk biaya bulanan dan tarif telepon. Telepon genggam yang murah bisa menjadi mahal jika paket yang diambil tidak tepat.

  • Paket bulanan: Anda berlangganan pada salah satu penyedia jasa telepon genggam dan setuju untuk menggunakan jasa mereka untuk jangka waktu minimum tertentu, biasanya 12 bulan. Anda memiliki struktur biaya dari beragam pilihan yang ditawarkan, dan perusahaan ini akan menagih pembayaran setiap bulan untuk biaya panggilan telepon dan uang layanan.
  • Metode pembayaran di muka: Anda menggunakan salah satu penyedia jasa telepon genggam dan membayar di muka minimum uang jasa layanan untuk 12 bulan, dengan tarif lebih murah dibandingkan paket bulanan. Jika biaya telepon Anda melebihi dari jumlah yang telah ditentukan, perusahaan akan menagih biaya tambahannya per bulan.
  • Metode voucher pra bayar: Anda membeli kredit (biaya bicara), baik langsung dari perusahaan penyedia jasa telepon genggam atau dalam bentuk voucher. Anda dapat menggunakan telepon genggam sampai kredit habis, dan kemudian membeli kredit baru, tanpa adanya kontrak perjanjian.

3. Email
Penggunaan Internet di Inggris mengalami peningkatan. Bahkan di beberapa akademi dan universitas menyedikan email gratis untuk siswa mereka.

Jika institusi pendidikan Anda tidak menyediakan alamat email, ada dua pilihan yang dapat dilakukan:

  • Jika Anda memiliki komputer sendiri, dapat langsung mendaftar ke salah satu penyedia layanan Internet Inggris. Beberapa diantaranya sekarang menawarkan akses gratis; yang harus dibayar hanya biaya telepon untuk sambungan internet saja.
  • Mendaftar dengan salah satu situs yang menyediakan email gratis (Hotmail, Yahoo, dll) dan kemudian cek e-mail Anda dengan menggunakan komputer kampus, perpustakaan umum atau di rumah teman. Pilihan ini tidak perlu mengeluarkan biaya.

4. Layanan pos
Pada hari kerja, kantor pos biasanya buka dari pukul 09.00 sampai 17.30. Pada hari Sabtu dari pukul 09.00 sampai 12.30.
Anda juga dapat membeli perangko di newsagent, supermarket dan beberapa toko lainnya atau dari mesin otomatis (vending machine) yang biasanya terletak dekat kantor pos.

Advertisements