Penyerahan Surat-Surat Kepercayaan Dubes RI T.M. Hamzah Thayeb kepada Ratu Elizabeth II

Hari Selasa 6 Maret 2012, suasana kota London di pagi hari terasa begitu cerah meskipun suhu udara terasa lebih dingin dibandingkan hari-hari pada minggu sebelumnya.  Perkiraan cuaca memang menunjukkan bahwa suhu akan kembali turun. Suhu udara yang senantiasa naik turun memang merupakan ciri khas kota London. Udara dingin akan terasa lebih dingin apabila angin kencang juga melanda kota di Eropa yang sangat indah ini. Rasa dingin terasa menusuk di setiap sendi tubuh kita.  Dengan kondisi cuaca yang masih naik turun seperti ini maka jangan pernah lepas dari baju hangat dan perlengkapan lainnya yang dapat membuat badan kita selalu hangat. Tapi bagaimana pun memang London saat-saat ini masih di musim dingin.

Terlepas dari naik turunnya cuaca kota London, pagi ini pula suasana di KBRI sudah disibukkan oleh persiapan acara untuk persiapan dalam rangka penyerahan surat-surat kepercayaan Bapak Duta Besar RI, T.M. Hamzah Thayeb kepada Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II.

Bagi Dubes  Hamzah Thayeb, London bukanlah kota yang asing lagi.  Selain sebagai seorang Diplomat senior yang sudah puluhan tahun mengabdikan diri di Kementrian Luar Negeri RI, tentu saja Pak Hamzah (begitu beliau biasa panggil), sudah sering mengunjungi kota London, baik untuk keperluan kedinasan maupun untuk urusan pribadi.  Satu hal lagi yang menambah  betapa pentingnya kota London ini bagi pak Hamzah adalah bahwa di awal tahun 1990-an  Ayahanda beliau Dubes RI T.M.  Hadi Thayeb juga pernah menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya.  Suatu keunikan dan jarang sekali terjadi di mana seorang Ayah dan seorang Putra menjadi Duta Besar di Negara yang sama. Apalagi di suatu pos diplomatik yang bergengsi dan menjadi idaman bagi semua diplomat Indonesia maupun diplomat asing lainnya.

Dubes  Hamzah Thayeb yang telah tiba di London di awal tahun ini, tepatnya tanggal 27 Januari 2012 merupakan Duta Besar ke-19 RI yang dipercaya oleh Pemerintah Indonesia sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Inggris Raya merangkap Irlandia dan sekaligus juga sebagai Wakil Tetap RI untuk International Maritime Organization (IMO).  IMO merupakan salah badan PBB yang mempunyai mandat untuk melindungi keselamatan dan keamanan pelayaran internasional dan berkedudukan di London.

Sudah menjadi tradisi lama dan tetap dipertahankan hingga sekarang, bahwa seorang Duta Besar, baru dapat menjalankan misi dan tugas-tugas yang dipercayakan kepadanya oleh Pemerintah Indonesia di Negara tempat beliau ditugaskan terlebih dahulu harus menjalani apa yang disebut penyerahan Credentials / Penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar Hamzah Thayeb kepada Ratu Inggris. Adapun Credentials itu sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu; penyerahan Letter of Recall Duta Besar sebelumnya dan Letter of Credence bagi Duta Besar yang baru.

Sebelum menjalani penyerahan Credentials ini KBRI kita mendapat panduan yang cukup oleh petugas protokol Istana Buckingham.  Termasuk didalamnya bagaimana cara menyapa, bersalaman dan hal-hal yang dapat disampaikan pada saat diterima oleh Ratu di Istana.  Semua persiapan untuk Credentials telah disiapkan dan dimatangkan dengan sebaik mungkin.

Tepatnya Pukul 11.30 siang, tanggal 06 Maret 2012, rombongan Duta Besar Hamzah Thayeb terdiri dari Duta Besar beserta istri, Ibu Lastry Thayeb, didampingi 4 orang pejabat senior KBRI di London dijemput oleh Vice-Marshall of Diplomatic Corps/Director Protocol Foreign and Commonwealth Office (FCO), Mr. Simon Martin yang datang ke KBRI dengan 2 (dua) kereta kencana Istana Buckingham. Masing-masing kereta kencana ditarik oleh dua ekor kuda yang besar dan gagah berangkat menuju Istana Buckingham. Kereta pertama untuk Dubes RI dan Ibu Lastry Thayeb dan kereta kedua untuk para pendamping.  Perjalanan rombongan dari KBRI London di Grosvenor Square No. 38 sampai istana ini memakan waktu lebih kurang 15 menit.

Sesampai di Istana Buckingham, rombongan langsung diterima oleh Ratu Elisabeth II.  Pada kesempatan ini Bapak Duta Besar Hamzah Thayeb langsung menyerahkan surat-surat kepercayaan dari Pemerintah Indonesia kepada Ratu Elisabeth II.  Sekaligus pada kesempatan ini Duta Besar Hamzah memperkenalkan para pejabat pendamping kepada Ratu Inggris secara berurutan, yaitu: Haris Nugroho – Minister Counsellor Fungsi Politik; diikuti Dwi K.I. Miftach – Minister Counsellor Fungsi Ekonomi; kemudian Herry Sudrajat – Minister Counsellor Fungsi Pensosbud dan terakhir Nurcahyanto – Atase Pertanan RI.

Suasana elegan dan klasik serta mewah memenuhi seluruh penjuru ruangan Istana Buckingham.  Hal ini tentu saja tidak dilewatkan oleh rombongan untuk menikmati suasana istana yang sudah ratusan tahun berdiri dengan megah. Namun agak disayangkan aturan protokol istana tidak memberikan izin untuk mengambil foto untuk menjaga ketenangan dan ketertiban istana. Karena tidak diperkenankan untuk berfoto ria, maka para pendamping cukup puas menikmati istana dengan pandangan mata langsung.  Para pendamping juga merasa senang diberi kesempatan untuk diperkenalkan oleh Dubes Hamzah Thayeb dan beramah-tamah dengan Ratu Elisabeth II yang begitu ramah, hangat dan keibuan.

Setelah menyelesaikan penyerahan surat-surat kepercayaan di Istana Buckingham, Dubes RI beserta rombongan meninggalkan istana dan langsung menuju ke KBRI di Grovernor Square No.38, Westminster, London.  Masih dengan menggunakan kereta kencana dari Buckingham Palace, Rombongan Duta Besar Hamzah Thayeb telah dinanti-nantikan kehadirannya oleh seluruh staff di KBRI berikut para undangan yang menghadiri acara  Vin D’Honneur. Pada waktu kembali ke KBRI London pejabat protokol Istana Buckingham yang mengantar adalah Marshall of Diplomatic Corps, Mr. Charles Gray.

Vin D’Honneur adalah sebuah acara tradisi diplomatik yang sampai sekarang terus dilakukan guna menghormati Duta Besar yang telah selesai menyerahkan surat-surat kepercayaan kepada kepala Negara tempat akreditasi.

Acara ini dibuka oleh Mr. Charles Gray yang dalam kesempatan ini menyampaikan selamat datang kepada Bapak Duta Besar Hamzah Thayeb dengan Bahasa Indonesia yang fasih mengingat bahwa beliau pernah bertugas di Indonesia sebagai seorang duta besar. Mr. Gray juga mengharapkan agar hubungan baik antara Indonesia dan Inggris dapat terus berlanjut dan ditingkatkan.  Karena kefasihan beliau dalam Bahasa Indonesia tersebut para hadirin memberikan tepuk tangan yang meriah. Mr. Gray mengajak melakukan toast kepada para undangan untuk kesehatan Presiden RI dan kesejahteraan rakyat dan bangsa Indonesia.

Bak gayung bersambut, Bapak Hamzah Thayeb juga menyampaikan toast untuk kesehatan Ratu Inggris dan kejayaan Inggris Raya.  Dubes Hamzah juga menyampaikan kebahagian beliau atas terlaksananya dengan baik dan lancar penyerahan surat-surat kepercayaan kali ini dan juga mengucapkan terima kasih banyak kepada para undangan yang terdiri atas kalangan diplomatik, pejabat pemerintah Inggris, anggota parlemen, kepala organisasi internasional, kalangan bisnis, media, akademisi, think-tank, serta para tokoh masyarakat Indonesia yang tinggal di Inggris yang hadir.

Setelah kata-kata sambutan dimaksud acara dilanjutkan dengan pemotongan Nasi Tumpeng yang menandai acara selamatan Vin D’Honneur pada hari ini. Pada kesempatan ini Dubes Hamzah Thayeb berkesempatan memotong tumpeng dan oleh Ibu Lastry Thayeb potongan tumpeng diserahkan kepada Mr. Charles Gray sebagai tamu kehormatan.

Hubungan bilateral Indonesia dan Inggris saat ini telah terjalin dengan baik dan misi yang diemban Bapak Hamzah Thayeb selama menjalankan tugas beliau selama menjadi Duta Besar RI di Inggris Raya adalah bagaimana hubungan yang sudah baik ini dapat ditingkatkan lagi.

“Thank you for coming at our Embassy and please and make yourselves feel at home……” demikian kata-kata yang disampaikan oleh Bapak Hamzah Thayeb dengan ramah saat mengundang semua hadirin untuk menikmati sajian khas Indonesia dengan iringan gamelan Jawa yang dimainkan oleh 2 (dua) orang siswa School of Oriental and African Studies, yang satu mahasiswa Indonesia dan satunya mahasiswa Inggris. Warna dan suasana Indonesia semakin tampak terasa dengan penampilan Dubes Hamzah Thayeb yang mengenakan baju Teluk Belanga dan Ibu Lastry Thayeb yang mengenakan kain dan selendang batik dipadu dengan kebaya berwarna hijau. Para pendamping  mengenakan pakaian betawi lengkap dan ibu-ibu anggota Dharma Wanita juga mengenakan busana nasional.

Rangkain acara penyerahan surat-surat kepercayaan dan Vin D’Honneur diakhiri dengan foto bersama dengan semua staf KBRI.

Selamat kepada Bapak Duta Besar Hamzah Thayeb beserta Ibu Lastry Thayeb……..
Selamat bertugas di perwakilan RI di Inggris Raya……….


Penulis: Ny. Restuti G. Nugroho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s