The Fabergé Big Egg Hunt

            

Menjelang perayaan hari Paskah, suasana kota London, tepatnya di Central London menjadi meriah dengan hadirnya telur-telur hias raksasa yang tersebar di beberapa tempat. Ke-209 buah telur hias raksasa tersebut dipamerkan untuk umum selama 40 hari 40 malam yang dimulai pada Shrove Tuesday, 21 Februari 2012. Telur-telur tersebut dikelompokkan dalam 12 zona dan peletakannya ada yang ditempatkan di dalam ruangan, ada juga yang di luar ruangan. Di sinilah lokasi telur-telur hias raksasa itu berada: di area St Christopher’s Place, Mayfair, Knightsbridge, Green Park, St James’s Park, Piccadilly, Trafalgar Square, Carnaby Street, Covent Garden, Southbank, the City of London dan Canary Wharf.

Setiap telur yang terbuat dari fibreglass setinggi kurang lebih 2ft 6in (74cm) dihias oleh para seniman dan desainer terkenal, diantaranyaMulberry, Sir Ridley Scott, Zandra Rhodes, Diane Von Furstenberg, Marc Quinn, Bruce Oldfield, the Chapman brothers, Vivienne Westwood, Nicky Haslam dan tidak ketinggalan HRH The Prince of Wales dan HRH The Duchess of Cornwall juga turut berpartisipasi dengan telur Humpty Dumpty-nya yang diletakkan di atas dinding di Clarence House.

Acara The Fabergé Big Egg Hunt yang disponsori oleh perusahaan Fabergé yaitu perusahaan perhiasan berbasis di New York, London, Geneva dan Hongkong ini diperuntukkan untuk masyarakat umum di London. Selain sesuai judul kegiatannya, yaitu mengadakan kegiatan berburu telur raksasa bagi masyarakat umum, kegiatan utamanya adalah untung menggalang dana bagi dua yayasan amal yaitu Elephant Family charity dan Action for Children charity dimana dana tesebut akan diperoleh terutama dari hasil penjualan Koleksi Emas dari ke-30 telur hias raksasa  yang paling top dan pelelangan leontin telur yang unik dari Fabergé dalam  Live Auction pada 20 Maret 2012. Selain itu ada pelelangan telur hias raksasa secara online yang memungkinkan semua orang dapat memiliki telur yang mereka sukai. Ada juga penjualan “eggsciting dishes” berupa hidangan spesial yang terbuat dari telur di 12 restoran yang paling top di London yang  50% dari penjualannya juga akan disumbangkan.

Puncak dari acara ini adalah pemberian hadiah utama yaitu The Diamond Jubilee Egg (sebuah telur emas 18 karat dengan berat ±500 gram yang bertatahkan 60 buah batu mulia −berlian, zamrud, rubi dan safir− yang dirancang khusus oleh Fabergé dan bernilai lebih dari £ 100.000) untuk pemenang undian yang beruntung. Aturan mengikuti lomba berburu telur raksasa ini tidak sulit, peserta yang terbuka untuk masyarakat umum cukup mengirimkan sms kata kunci unik yang terdapat di bawah telur ke nomor 8001. Tempat peletakan telur meski tidak disebutkan dengan terperinci posisinya, dapat dilacak dari peta telur yang disediakan oleh panitia. Setiap telur bernilai satu undian, sehingga semakin banyak menemukan telur semakin besar pula kesempatan untuk menang. Anda berminat?

Keberadaan telur-telur hias ini sungguh menarik terutama bagi anak-anak karena menimbulkan semangat mencari sekaligus mengisi liburan sekolah di akhir pekan. Meski kita tidak turut berburu telur raksasa atau membuat tawaran untuk membeli telur yang tentu saja harganya mungkin saja akan fantastis, seperti tawaran telur yang telah mencapai £ 9,000 untuk telur Egg karya Marc Quinnatau £ 3,250 untuk telur Humpty Dumpty di minggu kedua peletakan, kita dapat puas hanya dengan cara menyaksikan keindahan atau keunikan hasil karya seni para seniman terkenal sambil mengabadikannya dengan kamera dan menemani anak-anak berburu.

*adp
Sumber utama: http://www.thebigegghunt.co.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s