Pengaruh Media Sosial dalam Kehidupan

 

Berdasarkan hasil penelitian kami diberbagai media, dapat kami simpulkan bahwa arti dari social media atau media sosial atau jejaringan sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan berbagi. Ada berbagai macam media sosial yang cukup terkenal dan digunakan oleh banyak orang saat ini meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Dua hal yang paling terkenal yaitu Facebook dan Twitter.

Seperti yang dapat kita rasakan sendiri, seberapa besar pengaruh social media di dalam kehidupan penggunanya. Baik dalam hal yang positif, maupun negatif. Dalam sebuah social media, kita dapat saling berbagi apresiasi, tidak hanya kita sendiri yang tahu, akan tetapi orang lain pun bias ikut tahu. Hal tersebut juga dapat menimbulkan kesenangan tersendiri bagi kita. Selain itu, media sosial dapat menjadi jembatan komunikasi bagi penggunanya. Contoh, facebook yang merupakan jejaring social. Kita dapat bertemu dan bercengkrama dengan teman–teman yang sudah lama tidak bertemu. Bahkan situs jejaring sosial ini juga dapat menjadi wadah untuk para pebisnis yang ingin mempromosikan barang dagangannya. Misal, menaruh foto barang yang akan dijual, lalu mengkonfirmasikan barang yang dijual tersebut. Situs jejaring sosial tersebut juga dapat mempermudah sebuah komunitas agar dapat saling berbagi dan bertukar informasi dalam sebuah forum yang dimilikinya.

Selain facebook, situs jejaring sosial yang saat ini sedang “hits” ialah Twitter. Cara penggunaannya yang sangat mudah, Twitter menjadi favorit yang menurut kami sudah mengalahkan penggunaan facebook. Hanya dengan memposting status yang dapat dilengkapi dengan foto bahkan sebuah video, sebuah informasi penting dalam hitungan detik sudah dapat menyebar kepada seluruh “tweeps” (sebutan bagi pengguna Twitter) di dunia. Twitter juga dapat mempermudah mengetahui informasi mengenai kemacetan di sejumlah jalan, bahkan berita yang sedang terjadi pun dapat dengan mudahnya tersebar dengan mem“followTwitter berita seperti @detikcom, @metrotv @tvOne dan lain-lain. Pada saat ini pun banyak perusahaan yang mecoba mempromosikan produknya melalui Twitter ini. Dapat disimpulkan bahwa Twitter adalah sumber informasi pertama yang dapat kita andalkan dalam mendapatkan informasi penting.

Selain dampak positif diatas kita juga dihadapkan adanya dampak negatif dari social network. Seperti misalnya facebook, yang menjadi ajang berkenalan orang-orang di dunia maya. Banyak kejadian yang sudah terjadi di sekitar kita yaitu banyaknya penyalahgunaan fungsi Facebook itu sendiri. Pembuatan account palsu dengan maksud kejahatan. Aksi para kriminal ini telah banyak menelan korban dimasyarakat. Penipuan, pemerkosaan, perceraian adalah tiga contoh dampak negative dari Facebook. Untuk menjaga keamanan para pengguna Facebook, pihak jejaringan sosial ini telah memberikan berbagai tindakan preventif antara lain peningkatan keamaan dengan pengaturan privacy setting pada account Facebook Anda. Anda juga disarankan tidak asal mengkonfirmasi setiap ajakan pertemanan apabila Anda tidak yakin dengan orang tersebut.

Tanpa disadari, kehadiran jejaringan sosial seperti facebook dan twitter saat ini sudah merupakan kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini terkadang dapat membuat seseorang mengalami ketergantung, yang berakibat pada menghabiskan banyak waktu Anda.  Hal ini tentu akan berdampak kurang baik terhadap interaksi kita terhadap sesama atau dalam kehidupan kita bermasyarakat. Contoh kecil dalam hubungan keluarga, tidak jarang komunikasi dalam keluarga terhambat akibat masing-masing sibuk dengan dunia masing-masing.

Kesimpulan tentang social network menurut kami adalah jaringan sosial yang sangat dibutuhkan di era sekarang. Kita tidak dapat hidup tanpa jejaringan sosial. Berbagai manfaat yang bisa kita ambil dari hal tersebut. Namun karena banyaknya hal negatif di jejaring sosial, maka kita sebagai pengguna harus lebih bijak dalam mengambil manfaatnya.

*RGN, berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s