Memata-Matai Matahari

Bulan Juni hingga Agustus merupakan bulan-bulan musim panas di Inggris. Meski hari memanjang menjadi rata-rata 16 jam perhari, tidak berarti sepanjang hari cuaca yang cerah dan panas akan menyelimuti Inggris. Ternyata, rata-rata harian matahari bersinar di musim panas bervariasi dari lima jam hingga delapan jam saja. Cuaca yang terang benderang dapat berubah dalam beberapa saat menjadi mendung atau sebaliknya, akibat angin yang bertiup kencang di langit karena pengaruh iklim maritim.

Cuaca yang demikian sedikit banyak mempengaruhi jadwal aktivitas kita, terutama dalam hal pembuatan rencana liburan atau olahraga di hari libur. Juga dalam urusan pemilihan pakaian, apakah cukup membawa jaket windbreaker, jas hujan atau perlu membawa payung.

Beruntunglah kita karena tidak perlu lagi membaca sasmita alam melalui tingkah laku hewan, tumbuhan, benda langit atau angin untuk memprediksi cuaca, karena sudah ada teknologi berupa satelit cuaca yang dapat mengawasi perilaku awan yang dapat memprediksikan cuaca, bahkan dalam kondisi jam per jam. Sistem prakiraan cuaca juga dapat menginformasikan kadar ultra violet sinar matahari, kecepatan angin, kelembaban udara hingga kadar serbuk sari bunga di suatu wilayah.

Bila alam dapat diprediksi lantas bagaimana dengan perjalanan hidup kita? Apakah masih perlu kita tajamankan ’tanggap ing sasmita’ ? Hmmm…?

Pada penerbitan triwulanan kedua ini, kami suguhkan informasi menarik mengenai jejaring sosial yang menjamur di masyarakat dunia, berita mengenai pernikahan William dan Kate yang beritanya mendunia, beberapa informasi mengenai kesehatan, info wisata dari Ibu Sandra Thamrin hingga resep-resep kue teman minum teh di sore yang masih terang benderang. Selamat membaca, salam hangat dari kami.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s