Bersyukur Kunci Kebahagian

“Bila kita selalu bersyukur dan terus bersyukur maka akan mendatangkan kebahagian”, demikian dikatakan oleh Ibu Fatmawati Shihab, istri dari ulama besar Indonesia, Bapak Prof. DR. Muhammad Quraish Shihab, dalam kunjungannya baru- baru ini ke London.

Menurut Ibu Fatma, demikian nama panggilannya sehari-hari, kunci hidup itu datang dari kita sendiri, kesusahan pun akan diterima dengan senang hati apabila kita selalu bersyukur.

Ibu Fatma yang saat ini dikaruniai empat orang putri dan satu orang putra dari pernihakannya dengan Bapak Quraish Shihab, menceritakan mengenai bagaimana suka dan dukanya selama mendampinggi Bapak Quraish Shihab kurang lebih 33 tahun pernikahannya. Beliau bercerita bahwa umumnya dalam kehidupan banyak susah maupun senangnya, tetapi beliau merasakan bahwa pengalaman kehidupannya selama mendampinggi Bapak Quraish Shihab banyak sekali sukanya.

Ibu Fatma bersyukur telah membesarkan semua anak-anaknya hingga  berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi. Dalam kesempatan berbincang-bincang dengan Ibu Fatma tersebut, beliau  bercerita tentang bagaimana mendidik anak-anaknya di era modern seperti sekarang  ini. Dalam membesarkan anak-anaknya, beliau memberikan kebebasan berpendapat berdasarkan norma-norma agama dan menerapkan kebebasan menentukan cita-citanya kepada anak-anaknya. Menurut Ibu Fatma, yang terpenting adalah orang tua harus menjadi contoh yang baik karena sedikit banyaknya anak akan mencotoh apa yang di kerjakan oleh orang tuanya.

Kesibukan Ibu Fatma saat ini selain mendampingi Bapak Quraish Shihab juga mulai melakukan dakwah di pengajian ibu-ibu di Indonesia.  Beliau bersyukur mendapat kesempatan belajar untuk mendalami agama islam disalah satu perguruan tinggi di Cairo ketika mendampinggi Bapak Quraish Shihab yang pada saat itu bertugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk Mesir.

*Ny. Ine Sudrajat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s