10 Makanan yang Dapat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Kehilangan berat badan bukan hanya tentang mengurangi asupan makanan dan mengurangi hal-hal yang ada pada diet Anda. Ada beberapa tambahan yang dapat Anda lakukan untuk diet harian Anda yang memang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Berikut kami telah menemukan 10 bahan makanan yang kalau digabungkan dengan cara makan sehat dapat membantu Anda mengurangi dan mempercepat penurunan berat badan. Adapun ke 10 bahan tersebut adalah:

1. Cabe Paprika
Dengan menambahkan sedikit rasa pedas pada makanan, Anda dapat memberikan dorongan penurunan berat badan. Studi menunjukkan bahwa dengan sedikit rasa pedas pada sarapan pagi Anda, dapat membuat Anda memilih untuk makan siang yang lebih sedikit. Rupanya hal ini pengaruh adanya capsaicin didalam cabe atau paprika merah yang memiliki sifat menekan nafsu makan. Jadi, pastikan Anda menambahkan sedikit cabe disetiap makanan yang Anda makan.

2. Jeruk Bali
Anda tentu sudah mengenal buah yang satu ini bukan? Nah ternyata didalam Jeruk Bali terdapat bahan magi yang dikenal dengan fitokimia, yaitu sebuah zat yang dapat menurunkan kadar insulin pada tubuh kita. Makanan yang kita makan akan dirangsang untuk mengubah kalori yang masuk menjadi energi sehingga tidak terjadi penumpukan disana, walhasil berat badan bisa turun. Caranya adalah, makanlah setengah buah Jeruk Bali setiap mau makan, atau tiga kali jus Jeruk Bali setiap mau makan akan memberikan hasil yang optimal pada program diet Anda.

3. Kayu Manis
Kayu manis adalah rempah-rempah yang luar biasa khasiatnya. Di dalam Kayu Manis terkandung berbagai macam zat atau unsur yang baik untuk tubuh kita. Dalam hal penurunan berat badan, yang perlu anda perhatikan adalah keinginan untuk selalu makan lagi yang dipicu oleh insulin yang ada pada tubuh kita. Dengan adanya Kayu Manis dan ini telah terbukti khasiatnya yaitu dengan mengkonsuksi seperempat sendok teh kayu manis sehari dapat menurunkan gula darah, kolesterol dan trigliserida pada tubuh kita.

4. Teh Adas
Teh adas adalah bahan makanan yang menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan, antara lain kandungan kalium, magnesium dan kalsium serta vitamin B dan C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Dengan minum Teh Adas dapat membantu penurunan berat badan karena memberi manfaat dalam hal bekerja baik sebagai penekan nafsu makan dan booster metabolisme tubuh kita. Teh Adas dapat Anda dapatkan diberbagai supermarket yang ada.  Pastikan anda menambahkan teh adas didalam diet Anda.

5. Salad
Makan salad rendah kalori sebelum makan utama Anda dapat membantu Anda untuk menurunkan berat badan dan memastikan Anda mendapatkan asupan harian sayur yang direkomendasikan. Dapat kami sampaikan disini bahwa makan salad bukanlah cara yang super cepat dalam penurunan berat badan, cara kerjanya perlahan, kuncinya terletak pada volume salad yang anda makan itu sendiri. Apabila anda sudah makan salad yang sudah cukup banyak maka makanan susulan lain yang dihidangkan pasti sudah membuat anda kekenyangan dan itu akan mengurai asupan lemak atau kalori atau unsur lain pada tubuh Anda. Campuran  minyak zaitun dan cuka balsamic akan memberikan kelezatan pada salad Anda.

6. Teh Hijau
Teh Hijau merupakan minuman yang sangat luar biasa karena memiliki banyak manfaat kesehatan dan kesejahteraan bagi tubuh kita. Dalam hal menjaga kebugaran tubuh dan penurunan berat badan baiknya Anda minum teh hijau sebelum berolah raga. Studi membuktikan dengan minum teh hijau praolahraga menunjukan peningkatan daya tahan tubuh sebanyak 24%, yang memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama dan membakar lebih banyak kalori. Tapi dalam hal meningkatkan penurunan berat badan Anda,  sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutrition, dengan minum lima cangkir teh hijau per hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan dua kali lebih besar dibandingkan dengan tidak minum teh hijau sama sekali.

7. Seledri
Seledri yang merupakan makanan baik untuk program penurunan berat badan Anda, karena seledri lebih banyak bekerja sebagai pembakar kalori didalam tubuh Anda.  Seledri  sangat kaya akan unsur serat yang baik untuk pencernaan dan mengandung unsur pembentukan sel-sel baru dalam tubuh Anda. Pastikan Anda memasukkan unsur seledri pada setiap salad yang Anda makan. Seledri juga sangat baik untuk dinikmati sebagai makanan ringan sebagai pengganti cemilan yang sehat.

8. Lentil
Lentil adalah makanan penurunan berat badan yang hebat karena memiliki kekuatan untuk memuaskan rasa lapar tanpa membuat Anda makan banyak kalori dan lemak.  Terkadang lentil dikenal sebagai makanan pengganti daging, karena lentil dapat membuat Anda merasa seperti makan daging tetapi minus kalori dan lemak jenuh yang datang dari makan daging sungguhan. Sama seperti seledri, lentil penuh dengan serat dan unsur-unsur foliat yang memberikan Anda perasaan kenyang dan sangat baik untuk untuk pencernaan dan pertumbuhan sel sehat.

9. Cokelat Hitam/Murni
Sebenarnya cokelat murni tidak rendah kalori maupun rendah lemak, namun cokelat murni/hitam memiliki dua hal positif utama yang dapat menyebabkan penurunan berat badan jangka panjang. Pertama, cukup sulit untuk mengkonsumsi cokelat murini dalam jumlah besar apabila dibandingkan dengan produk coklat susu. Kedua, cokelat murni mengandung banyak antioksidan. Nah pastikan Anda makan cokelat murni ini apabila keinginan untuk menyantap cokelat susu datang.

10. Quinoa
Quinoa  (baca: ‘Keen-wah‘) dikenal sebagai ‘ibu gandum ‘ oleh orang Peru kuno. Quinoa baik untuk menurunkan berat badan karena memiliki kekuatan untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena kandungan protein tinggi. Juga karbohidrat yang hadir dalam gandum dilepaskan perlahan ke dalam tubuh sehingga Anda tidak akan mendapatkan aliran energi setelah makan quinoa seperti yang akan Anda dengan makanan lain seperti nasi putih atau pasta. Anda bisa makan quinoa mentah tapi kita memperhitungkan yang terbaik saat itu dimasak dengan cara yang mirip dengan beras.

*RGN
Sumber: Yahoo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s