“Red Nose Day”

 

Tahun ini “Red Nose Day” kembali diperingati, tepatnya pada tanggal 18 Maret 2011. Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, apa sebenarnya Red Nose Day itu?

Red Nose Day adalah sebuah acara penggalangan dana di Inggris yang diselenggarakan oleh Comic Relief setiap dua tahun. Di hari Red Nose Day semua orang diajak untuk membuang jauh keterkekangan, mengenakan ‘Hidung Merah’ dan melakukan sesuatu hal yang menyenangkan untuk mengumpulkan dana. Bentuk hidung merah dari tahun ke tahun berbeda-beda dan di tahun ini berbentuk bajak laut lucu bergigi tiga.

Comic Relief adalah sebuah yayasan amal yang didirikan di Inggris pada tahun 1988 oleh penulis naskah komedi Richard Curtis dan Alexander Mendis dalam merespon kelaparan di Ethiopia.

Dua kegiatan kampanye penggalangan dana yang terbesar dari Comic Relief adalah “Red Nose Day” dan “Sport Relief” yang keduanya secara rutin diadakan berselang-seling tahun di bulan Maret.

“Red Nose Day” yang diselenggarakan di tahun berangka ganjil menggalang dana melalui berbagai media dan institusi dengan berbagai jenis kegiatan. Salah satunya adalah melalui televisi. Telethon diselenggarakan oleh beberapa saluaran stasiun televisi (BBC One, BBC Two, BBC Three dan BBC One HD) yang ingin turut membantu pengumpulan dana melalui berbagai program hiburan dan komedi yang melibatkan banyak selebriti. Selain stasiun televisi, beberapa perusahaan mitra, pemerintah, bahkan sekolah-sekolah dengan bazar atau “baking day“-nya turut berpartisipasi menyumbang dana untuk program membantu mengubah kehidupan di Inggris dan di negara-negara miskin di Afrika dengan mengatasi akar penyebab kemiskinan dan ketidakadilan sosial.

*adp

Sumber: http://www.comicrelief.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s