Praha

 

Marilah kita lihat sekilas tentang kota Praha kota yang indah sebagai ibukota Czech Republic atau Republik Ceko. Walaupun harus berperang dengan hawa dingin ketika penulis berkunjung ke kota ini, namun perjalanan ini tidak sia-sia karena semuanya terbayar dengan kenyataan betapa uniknya kota ini. Unik dengan gaya gothic dan Renaissance-nya. Dan bagi wanita tidak akan kecewa karena disini merupakan tempat Kristal Bohemia berasal, dan dengan mudah dapat dijumpai dengan harga yang cukup murah. Penulis juga cukup puas karena sudah bisa melihat berbagai macam bentuk model kristal dari yang bertipe klasik sampai modern.

Keuntungan kalau kita berkunjung ke sini adalah, kita dapat mengunjungi tempat indah ini dengan berjalan kaki, dimulai dari Prague Castle, Old town, Charles Bridge dan ke Lesser Town Square. Biaya selama kita di Praha tidak terlalu mahal dibandingkan dengan negara Eropa yang lain. Hotel juga bersih terawat sehingga kita nyaman selama di Praha.

Di bawah ini beberapa tempat yang perlu dikunjungi ketika berkunjung ke Praha. Semoga bisa menjadi panduan.

Prague Castle

Ini adalah kastil kuno terbesar di dunia (dengan area seluas 7,28 hektar dengan rata-rata panjang 570 m dan lebar 128 m). Dibangun pada abad ke-9 oleh Pangeran Bořivoj, benteng terbuat dari kayu, benteng ini dikelilingi oleh benteng tanah. Penguasa membuat penambahan sendiri sehingga ada campuran gaya. Kastil Praha ini bertambah luas pada saat pemerintahan Maria Theresa.

Lesser Town Square

The Lesser Town City Hall dibangun pada tahun 1478 sebagai sebuah tempat kebanggaan nyata kota Praha. Gaya bangunan di tempat ini adalah Renaissance dari abad ke-17. Di sini bisa kita temui kafe kafe romantis untuk sekedar menghangatkan badan, juga bisa sekalian berbelanja Kristal Ceko yang terkenal dan batu mulia khas negara ini, yaitu Garnet

Charles Bridge

Nama jembatan ini disamakan dengan nama Kaisar Charles IV pada abad ke-19 yaitu jembatan Charles. Dirancang oleh Petr Parler, selesai pada tahun 1400 yang menghubungkan Lesser Town dengan Kota Lama. Selama 600 tahun tempat ini bertahan sebagai tempat pejalan kaki. Ada tiga puluh patung di jembatan, banyak dari mereka telah diganti dengan replika, sebagian yang asli disimpan dalam Lapidarium Museum Nasional dan di Vyšehrad. Di jembatan ini dapat kita lihat pemandangan yg menakjubkan yaitu menara gothic di pintu masuk dan keluar jembatan, di atas sungai Vltava Valley.

Old Town Hall (Staroměstská radnice)

Balai kota kuno Old Town didirikan pada 1338 setelah perjanjian Raja John dari Luxemburg untuk mendirikan sebuah dewan kota. Sebuah kapel neo-Gothic hancur oleh Nazi pada musim semi 1945 namun kapel ini telah direkonstruksi. Bagian yang paling populer dari menara adalah jam Town Hall.

*Oleh: Ny. Evy Nurchahyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s