Mengenal Negara-Negara Terkecil di Dunia

Sudah kelaziman buat kita semua sebelum memutuskan untuk cuti libur kita dihadapkan pada suatu pilihan, kemana kita akan menghabiskan waktu liburan kita kali ini? Permasalahan timbul, karena kita harus memutuskan apakah kita akan mengambil semua hak cuti kita atau membaginya untuk beberapa kali cuti kecil? Seperti membaginya menjadi liburan singkat, liburan hari raya keagamaan kita atau mengambil semua hak cuti kita?

Pilihannya sangat tergantung kepada kemana kita mau berlibur? Apakah suatu negara yang belum pernah anda datangi sama sekali? Sebuah negara besar dan memerlukan waktu yang banyak untuk melihat semua yang ada dinegara tersebut. Pilihan yang lain adalah mengunjungi negara-negara kecil atau hampir menyerupai kota tetapi pada kenyataannya adalah negara-negara terkecil yang ada di dunia ini. Di mana anda tidak perlu waktu yang begitu panjang untuk menjelajahi negera tersebut. Berikut dibawah ini kami menyajikan beberapa negara terkecil di dunia yang dapat anda jadikan referensi buat pilihan kunjungan atau tempat yang dapat anda datangi saat cuti liburan anda. Selamat menikmati dan segera susun rencana perjalanan Anda.

KOTA SUCI VATIKAN

Banyak sebagian orang mengira bahwa Kota Vatikan yang terletak didalam kota Roma ini merupakan kota biasa yang menjadi bagian dari kota Roma, Italia. Pada hal sesungguhnya Kota Suci Vatikan atau yang biasa disebut dengan Tahta Suci Vatikan (Apostolic Nunciature) merupakan sebuah negara di dalam negara, yang memiliki kharakter unik, karena di pimpin oleh seorang Paus, selain sebagai kepala negara sekaligus merupakan pemimpin agama tertinggi bagi umat Katolik seluruh dunia. Ya demikianlah sesungguhnya Kota Vatikan adalah sebuah negara kecil didalam negara Italia.

Negara seluas 0,2 mil persegi, itu sebenarnya adalah negara terkecil di dunia, dengan populasi kurang lebih 700 orang. Ditandai dengan bangunan yang sangat Indah dan megah yang tidak bisa luput dari pandangan anda yaitu Basilika Santo Petrus, katedral besar dan terkenal yang dirancang oleh Michelangelo dengan pemandangan luar biasa yang dihiasi interior yang indah dan dilengkapi dengan sebuah kubah besar (gratis jika anda kita menaiki 323 anak tangga untuk naik, atau 6 Euro dengan lift).

Di dalam Santo Petrus ini terdapat Crypt Basilika yang di dalamnya terdapat makam beberapa Paus yang sebelumnya memimpin Umat Nasrani yang berkedudukan di Vatikan. Anda dapat menjelajahil kota kecil Vatikan ini dengan singkat dan pasti Anda akan menemukan banyak hal baru yang menarik. Tour kota suci ini juga ada dan dapat anda manfaatkan untuk membantu liburan Anda.

 

MONACO

Dengan populasi kurang lebih sebanyak 32.500 orang dan luas daerah sebesar 0,78 mil persegi, Monaco terletak di sepanjang Riviera Perancis di pantai Mediterania Perancis di dekat Nice.

Sejak merdeka di abad ke-13, Monaco tumbuh dan berkembang menjadi sebuah negara maju dan meskipun sebagai negara terkecil kedua di dunia setelah Vatican, namun Monaco termasuk salah satu negara terkaya di dunia.

Sumber kekayaan negara ini berasal dari industri pariwisata, perjudian, perbankan dan gaya hidup. Termasuk didalamnya antara lain industri penyewaan yacht, kapal pribadi mewah super mahal yang terdapat di pelabuhan Monte Carlo. Fasilitas gaya hidup mewah, fasilitas bijaksana perbankan (tax heaven).

Penyediaan pembangunan infrastruktur negara yang super maju dilengkapi dengan berbagai sarana keamanan yang tinggi menjadikan negara ini tujuan utama kalangan the have dari seluruh penjuru dunia.

Waktu yang paling populer untuk menikmati kemewahan dan kemegahan kota Monaco adalah selama acara tahunan besar seperti Tennis Masters Series pada bulan April dan Grand Prix Formula 1 di bulan Mei, bersama dengan festival seperti Monaco Non Violent International Film Festival dan Monte Carlo Opera. Selain itu anda dapat juga mengunjungi pesisir teluk yang cantik dan kafe al fresco yang sangat menarik untuk dikunjungi. Anda tertarik? Silahkan susun rencana perjalanan anda ke Monaco.

NAURU

Lebih terkenal dengan sebutan Republic of Nauru, sebuah negara kepulauan kecil yang terletak di kawasan Mikronesia, Pasific Selatan. Kepulauan dengan luas sebesar ini 8,4 mil persegi, dihuni oleh oleh kurang lebih 13.770 orang, pulau berbentuk kentang ini pernah makmur dengan industry pertambangan yang sangat baik yaitu penghasil Fosfat terbesar dunia. Produksi fosfat melimpah selama hampir satu abad.

Tetapi perekonomian berubah saat fosfat mulai habis, dan pada tahun 2005 Nauru adalah negara hampir gagal dengan masa depan yang tidak pasti, tergantung pada bantuan dana dari negara lain. Pariwisata tidak pernah agenda utama pulau kecil, tetapi dengan maskapai penerbangan mereka baru dibangkitkan, dan vegetasi menjadi dipulihkan, ini mungkin berubah. Dan ada hal-hal menarik untuk melihat, termasuk sisa-sisa Perang Dunia II pendudukan Jepang, pantai kecil, Chinatown kecil dan lanskap seperti bulan di pusat tambang. Ada dua hotel yang dapat anda pilih yaitu Menen Hotel yang cukup moderen, dengan berbagai fasilitas cukup lengkap dan moderen dan bila anda mempunyai cukup anggaran silahkan tinggal di Aiwo Hotel.

TUVALU

Tuvalu merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di kawasan Pacific Ocean. Terdiri dari lima atol dan empat pulau yang membentuk negara dengan wilayah kurang lebih 10 mil persegi dengan penduduk kurang lebih sebanyak 11.810 jiwa.

Selama PD II, Tuvalu dijadikan basis pasukan angkatan bersenjata Amerika untuk melawan Jepang guna menduduki kawasan Pasifik.

Seiring dengan perkembangannya perairan Tuvalu dikenal sebagai tempat yang sangat menarik bagi para pengujung pencinta dunia laut untuk snorkeling dan scuba diving. Sementara itu kepulauan atau daratannya dikenal sebagai tempat hutan berdaun lebar. Pantai pasir karang yang terletak di dalam kawasan lindung, rumah bagi kelapa kepiting, burung laut dan penyu bertelur. Akan halnya ikan warna-warni dengan mudah dapat dilihat melalui laguna biru jernih. Perekonomian Tuvalu berasal dari industri pertanian dan parawisata kelautan.

SAN MARINO

Terletak di Gunung Titano, utara Italia, San Marino memiliki populasi terkecil dari semua anggota dewan Eropa, dengan hanya 30.000 jiwa. Hal ini juga salah satu negara Eropa tertua (sejak abad ke-4). San Marino adalah negara kota yang dikelilingi oleh negara-negara lain. San Marino yang meliputi wilayah seluas 24 mil persegi memiliki kekayaan sejarah, berupa museum dan monumen arsitektur tak ternilai harganya dari abad pertengahan.

Keindahan kotanya meliputi banteng kota yang indah dengan lorong-lorong sempit dan jalanan yang berliku, gereja dan rumah-rumah kuno. Di kota San Marino mobil dilarang berkeliaran sehingga anda dapat menjelajahi benteng kota dengan tenang berjalan kaki. Anda juga dapat menuju ke puncak gunung untuk melihat  panorama yang menakjubkan, tanah subur dari wilayah Emilia Romagna Utara Italia, bukit-bukit dari Marche dan Montefeltro, dan Laut Adriatik yang tenang.

Liechtenstein

Negara yang memiliki wilayah seluas 62 mil persegi dan penduduk lebih kurang sekitar 35.000, Liechtenstein terletak diantara negara Swiss dan Austria. Dengan ibu kota berpusat di Vaduz, Leichtenstein merupakan negara pegunungan yang sangat indah dan makmur. Kotanya dipenuhi oleh pegunungan atau lembah yang menakjubkan selama musim panas, dan ski, ice skating dan sledging pada bulan-bulan musim dingin.

Sementara jika Anda bukan tipe sporty maka Anda dapat menikmati pedesaan cantik dengan kapel kuno, dan ada banyak hal yang dapat dilakukan di Vaduz, ibukota negara kerajaan Liechtenstein,  rumah bagi benteng abad pertengahan Schloss Vaduz, dan situs lainnya termasuk Pos Stamp Museum, Perpustakaan Nasional, Museum Ski, Museum Nasional dan Museum Seni Liechtenstein berisi lukisan karya Rembrandt, Rubens dan Van Dyck.

*Oleh: RGN (dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s