Cambridge City

 

Cambridge adalah salah satu kota terindah di Inggris Raya. Selain keindahan kotanya, keaslian kota  yang  tampak asri dan nyaman serta teratur, kota Cambridge terkenal sebagai salah satu kota pelajar terbesar di Inggris. Keberadaan Cambridge University yang terkenal di dunia membuat Cambridge menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi bila pembaca berkesempatan mengunjungi negara Inggris.

Salah satu kegiatan yang sangat menarik dilakukan di kota Cambridge adalah melakukan punting di sungai Cam (River Cam) yang membelah kota Cambridge yang indah.

“Punt” adalah nama sejenis perahu kayu tradisional Inggris yang bebentuk oval memanjang dan ceper. Karena itu, berperahu dengan perahu/punt ini disebut punting.

Pemandangan menakjubkan akan pembaca nikmati ketika ber-punting di sungai Cam yang terdapat di belakang area kompleks Universitas Cambridge ini. Kurang lebih 10 kompleks college yang merupakan sub bagian dari Universitas Cambridge ini akan pembaca lewati. Sungguh pemandangan yang amat sangat indah, sambil mendengarkan sejarah tentang kota Cambridge yang disampaikan oleh anak muda yang mengendalikan lajunya perahu tradisional Inggris ini dengan hanya memakai sebuah tongkat panjang dari bambu.

Bangunan indah yang dipakai untuk Christ College, King’s College, Queen’s College, St. John’s, Trinity dan Emmanuel College yang merupakan sekolah-sekolah terkenal di Cambridge University didirikan pada abad ke 15 – 16  terlihat sangat antik namun tetap terawat baik.

Interior indah di dalam bangunan antik Cambridge University  dapat dikatakan merupakan warisan sejarah kebesaran Inggris yang tidak terhingga nilainya. Bangunan-bangunan tersebut diperkirakan sudah berusia lebih dari 700 tahun.

Bangunan college yang pertama kali dibangun adalah Peterhouse yang di dirikan oleh Hugh de Balsham, pada tahun 1284. Di susul oleh Clare, Gonville, Trinity Hall dan Corpus Christi yang didirikan di awal abad ke 14.

Sementara tiupan angin semilir, hijau dan indahnya pepohonan asri dipinggir sungai, serta asyiknya angsa dan burung bermain di sungai akan pembaca nikmati ketika ber-punting di sungai.

Sungguh pengalaman indah yang tidak boleh dilewatkan karena kota Cambridge tidak susah dijangkau. Hanya dalam waktu 1.5 jam dari London, pembaca sudah bisa menikmati indahnya kota Cambridge, dan tentunya jangan lewatkan kesempatan ber-punting di Sungai Cam.

*Oleh: Ny. Farah Dewi Novan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s