Alergi Serbuk Sari

Di saat bunga-bunga bermekaran, daun-daun dan rerumputan bersemi, ada segolongan individu-individu yang menderita akibat reaksi hipersensitif atau alergi menyerang mereka hingga mengganggu produktivitas dan kualitas hidupnya. Penyebab utamanya adalah keberadaan serbuk sari yang berukuran sangat kecil, hampir tidak terlihat oleh mata yang berterbangan di udara. Mereka berasal dari tumbuhan anemophilous yaitu tumbuhan yang penyerbukannya dengan bantuan angin. Contohnya adalah serbuk sari bunga pohon oak, birch, hickory, pecan, olive dan rumput-rumputan. Sedangkan serbuk sari bunga yang berwarna-warni biasanya lengket dan lebih berat sehingga tidak berterbangan di udara.

Keberadaan serbuk sari bunga di suatu tempat tergantung dari jenis vegetasi yang tumbuh, lamanya periode berbunga dan cuaca. Jumlah serbuk sari  bunga terbanyak adalah pada saat udara hangat, kering dan berangin. Di Inggris tingkat keberadaan serbuk sari yang tinggi berada di bulan Maret hingga bulan Agustus. Meski jauh dari sumber penyebab alergi atau disebut alergen, pengidap alergi serbuk sari bunga harus tetap waspada karena pada hari berangin dan kering serbuk sari dapat melakukan perjalanan berkilo-kilometer.

Gejala alergi yang mungkin terjadi pada individu adalah bersin berkepanjangan, hidung berair, hidung tersumbat, rasa terbakar di tenggorokan, gangguan sensasi telinga, mata berair, merah atau gatal, gatal di sekitar wajah dan mulut, sakit kepala, kelelahan hingga gejala asma. Bentuk gejala alergi antarindividu dapat berbeda, tergantung bagian tubuh mana yang terserang lebih parah. Umumnya manifestasi alergi pada hidunglah yang paling sering terjadi dibandingkan dengan organ lain, karena fungsi hidung yang aktif sebagai penyaring kotoran di udara.

Untuk menampakkan gejala alergi maka jumlah penyebab alergi harus melebihi ambang batas toleransi individu, sesuai kepekaan individu terhadap alergen. Bila jumlah antigen kurang dari takaran ambang batas maka tubuh tidak akan menampakkan gejala alergi. Ini menjadi salah satu pedoman mengendalian reaksi alergi. Tingkat keparahan gejala alergi bukan hanya dipengaruhi oleh banyaknya alergen tapi juga dipengaruhi oleh faktor predisposisi yang menyebabkan daya tahan tubuh lemah, antara lain kelelahan, kecemasan, sedih, stres, ketakutan dan faktor hormonal saat kehamilan dan menstruasi. Namun faktor predisposisi ini tidak akan berarti bila penyebab alergi dikendalikan.

Menangani alergi dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu menghindari alergen, pengobatan untuk menekan gejala dan immunotheraphy. Hingga kini mencegah alergi dengan cara menghindari alergen adalah cara terbaik dalam penanganan alergi.

Yang dapat kita lakukan untuk menghindari alergen antara lain:

  • Mengetahui kapan waktu alergen muncul
  • Menjauh dari daerah yang banyak terdapat serbuk sari seperti taman berumput, terutama di pagi, sore dan malam hari saat jumlah serbuk sari bunga banyak.
  • Menutup pintu dan jendela saat jumlah serbuk sari bunga tinggi.
  • Usahakan lebih banyak berada di dalam ruangan dengan jendela dan pintu tertutup.
  • Hindari memotong rumput dan berkemah.
  • Mandi dan cuci rambut setiba dari luar rumah.
  • Gunakan masker dan kacamata anti debu saat ke luar rumah.
  • Menutup jendela mobil dan gunakan filter ventilasi udara dalam mobil.
  • Mengganti pakaian dan mencuci pakaian setiba dari luar rumah. Jangan menjemur cucian di luar rumah saat jumlah serbuk sari bunga banyak.
  • Bubuhkan vaseline di bagian dalam hidung untuk mencegah serbuk sari memasuki saluran pernafasan bagian bawah.
  • Jangan biarkan hewan peliharaan mendekati wajah kita karena kemungkinan ada serbuk sari yang menempel pada bulu mereka.

Bagi individu yang tidak dapat menghindari serbuk sari, gejala alergi dapat dikontrol dengan obat-obatan. Obat-obatan seperti antihistamin, dekongestan, kortikosteroid dan cromolyn sodium hanya meringankan gejala alergi saja, tidak menghilangkan alergi hingga tuntas. Preparat antialergi tersebut tersedia dalam berbagai bentuk seperti tablet, nasal spray, obat tetes mata hingga inhaler disesuaikan dengan gejala alergi yang timbul. Perlu konsultasi dengan dokter untuk pemilihan jenis dan bentuk obat antialergi yang tepat, juga sehubungan dengan adanya efek samping obat.  Tips untuk individu dengan riwayat alergi; bila terpaksa menggunakan obat, misalnya akan bermain golf di lapangan, mulailah menggunakan obat-obatan dua minggu sebelumnya.

Immunotheraphy  adalah perawatan yang mencoba mengubah respon sistem kekebalan tubuh terhadap alergen. Teknik ini juga tidak menyembuhkan alergi, hanya mengurangi kepekaan terhadap alergen. Penatalaksanaannya dilakukan dengan menyuntikkan alergen atau meletakkan alergen di bawah lidah. Terapi ini direkomendasikan untuk orang yang menderita alergi parah atau bagi mereka yang memiliki gejala alergi lebih dari 3 bulan setiap tahun. Dalam pelaksanaannya terapi ini sulit, membutuhkan waktu yang lama untuk terlihat perbaikan, tidak bekerja dengan baik bagi sebagian orang dan biayanya mahal.

Masalah alergi jangan dianggap sepele. Bila alergi tidak ditangani maka dapat terjadi komplikasi di mana terjadi pembengkakan saluran hidung dan tabung estachius yang mengarah ke telinga sehingga menyebabkan infeksi sekunder dari sinus atau masalah di telinga tengah hingga pembentukan penyakit asma.

*Oleh: adp

Sumber al: wikipedia.org, allergyuk.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s