The Heritage of Indonesia

“The Heritage of Indonesia” adalah tema dari pagelaran budaya di bulan Oktober 2010 yang diadakan oleh KBRI London bekerja sama dengan Masyarakat Pencinta Seni Budaya Cinta Nusantara (Citra) binaan dari letjen TNI (purn) Agum Gumelar.

Pada tanggal 27 Oktober lalu, sebanyak 48 orang seniman dan seniwati Indonesia dari kelompok Citra turut meramaikan pagelaran budaya di London, mereka telah memukau lebih dari 200 orang undangan yang memenuhi Conway Hall, Red Lion Square, di pusat kota London.

Pagelaran budaya “The Heritage of Indonesia” diawali dengan mencicipi makanan khas Indonesia seperti, Sate Ayam, Lontong, Mie Goreng dan Martabak Telur yang telah disiapkan oleh ibu-ibu DWP KBRI London sehingga membuat para tamu undangan semakin tertarik untuk mengikuti kelanjutan acara.

Selanjutnya Kelompok Masyarakat Pencinta Seni Budaya Cinta Nusantara membawakan berbagai macam seni budaya dari beberapa daerah di Indonesia. Berbagai macam tarian tradisional seperti Tari Nandak Ganjen dari DKI Jakarta, Tari Topeng dan Jaipong dari Jawa Barat, Tari Zapin dan Tari Piring dari Sumatra Barat dibawakan dengan sangat menarik oleh para seniman dan seniwati Citra. Tidak ketinggalan dari Aceh yang terkenal dengan tariannya yang sangat dinamis, menampilkan Tari Rapa’i Geleng yang ditampilkan secara lincah dengan iringan alat musik rebana.

Tidak hanya tari-tarian yang meramaikan Pagelaran Budaya “The Heritage of Indonesia”, para peragawati Citra pun memperagakan busana dari kain tenun, yang diikuti “Demo Membuat Kain Tenun asal Nusa Tenggara Timur” oleh Alfosa Horeng, seorang pengrajin tenun asal Nusa Tenggara Timur.

Pementasan pagelaran budaya ini diakhiri oleh permainan musik angkung yang dibawakan oleh Daeng Oktafiandi Udjo bersama group kesenian angklung asal Kota Kembang Bandung yang dipimpinnya. Lantunan musik lagu Bohemian Rhapsody, lagu karya kelompok musik Queen, dibawakan secara apik oleh kedelapan personel kelompok musik angklung Daeng Udjo membuat para undangan terpana. Sedangkan lantunan musik lagu You Raise Me Up, lagu yang dipopulerkan oleh kelompok musik Westlife membuat tepukan tanggan meriah yang tak henti-hentinya dari para undangan.

Yang tidak kalah menarik adalah pembagian angklung kepada para undangan. Setiap tamu undangan mendapatkan satu angklung. Para tamu diajak untuk ikut memainkan angklung bersama yang dipandu oleh Daeng Udjo secara interaktif, sehingga mudah diikuti oleh para tamu. Dan sebagai puncak acara, para undangan dengan panduan Daeng Udjo pun memainkan beberapa lagu.

Pagelaran budaya “The Heritage of Indonesia” ini bertujuan untuk mempromosikan keragaman seni dan budaya Indonesia sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjunggan wisatawan manca negara ke Indonesia.

*Ny. Ine Sudrajat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s