Gangguan Kesehatan di Musim Dingin

Di belahan bumi utara, mulai bulan Oktober hingga Maret suhu mendingin dengan puncaknya di bulan Desember atau Januari. Ada beberapa masalah kesehatan yang hanya muncul, menjadi lebih aktif atau menjadi lebih umum terjadi saat suhu dingin. Agar kesehatan kita dan keluarga tetap optimal, kita perlu mewaspadai dengan mengetahui dan mencegahnya.

 
 

Pilek/Selesma

Pilek adalah reaksi peradangan di saluran pernapasan. Pilek biasanya tidak berbahaya. Beberapa gejalanya seperti hidung berair dan tenggorokan gatal akan menghilang dalam waktu 4-10 hari, kecuali batuk yang dapat bertahan hingga minggu kedua.

Pilek dapat dicegah dengan menghindari kontak langsung dengan penderita pilek, sering mencuci tangan untuk memusnahkan kuman-kuman yang pindah ke tangan kita  dan menjaga kebersihan permukaan barang-barang terutama bila ada orang sakit di rumah.

Bila pilek, konsumsi banyak cairan untuk membantu mengganti cairan yang hilang selama memproduksi lendir dan membantu mengencerkan sekret hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Gunakan tisu dan langsung dibuang untuk mencegah reinfeksi.

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah peradangan akut yang pada membran selaput lendir di bagian bawah ujung tenggorokan, mungkin juga terjadi peradangan bagian amandel dan langit-langit mulut yang lunak. Gejala utama yang dirasakan adalah rasa sakit ketika sedang menelan dan kadang-kadang seperti rasa panas terbakar di tenggorokan.

Sakit tenggorokan biasa terjadi di musim dingin dan umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Ada bukti bahwa perubahan suhu yang drastis, seperti berpindah dari tempat yang hangat ke tempat yang dingin, dapat mempengaruhi tenggorokan.

Satu cara mudah dan cepat menangani sakit tenggorokan adalah dengan kumur-kumur dengan air garam hangat. Meski tidak menghilangkan infeksi, air garam mempunyai kemampuan anti inflamasi dan dapat berefek melegakan. Larutkan satu sendok teh garam dalam segelas air matang yang hangat.

Asma

Asma adalah suatu keadaan di mana saluran nafas mengalami penyempitan yang bersifat sementara karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu. Udara dingin adalah pencetus utama gejala asma berupa mengi dan sesak nafas. Penderita asma harus sangat berhati-hati di musim dingin.

Tinggallah di dalam ruangan saat hari sangat dingin dan berangin. Jika keluar rumah gunakan syal di hidung dan mulut. Perlu selalu ingat untuk meminum obat dari dokter secara teratur, dan selalu membawa inhaler bronkodilator.

Flu Lambung

Flu lambung ditandai dengan mual, muntah, diare atau kram dan nyeri perut. Bersamaan dengan itu disertai dengan badan meriang, sakit kepala, nyeri otot, dan rasa kelelahan di seluruh badan.

Flu lambung disebabkan oleh Norovirus, yaitu virus lambung yang sangat menular. Virus ini dapat menyerang sepanjang tahun, tetapi lebih aktif pada musim dingin dan di tempat-tempat seperti hotel dan sekolah. Penderita akan merasakan gejala yang hebat tetapi biasanya akan mereda dengan sendirinya dalam dua hari. Gejala tersebut dapat menjadi ancaman serius bagi balita, orang jompo dan orang dengan daya tahan tubuh rendah. Hingga sekarang belum ditemukan penangkal bagi flu lambung.

Untuk mencegahnya, selalu menjaga kebersihan tangan dan kaki, membiasakan diri mencuci peralatan makan dan minum dengan sabun. Bila penderita mengalami muntah dan diare perlu banyak minum cairan untuk mencegah dehidrasi.

Serangan Jantung

Serangan jantung sering terjadi selama musim dingin. Kemungkinan akibat serangan hawa dingin yang meningkatkan tekanan darah dan menambah beban lebih pada jantung, dimana jantung menjadi bekerja lebih keras untuk mempertahankan panas tubuh saat kedinginan. Orang-orang berusia antara 75-84 dengan riwayat penyakit jantung bawaan adalah orang-orang yang rentan dan harus mendapat peringatan ketika cuaca dingin.

Usahakan selalu berada di tempat yang hangat. Jaga agar kamar utama bersuhu 21 C dan tempat tidur selalu hangat dengan menggunakan botol air hangat atau selimut listrik. Batasi jumlah waktu untuk ke luar rumah. Bila ke luar rumah bungkus badan, gunakan topi, syal dan sarung tangan agar hangat. Jangan lupa untuk mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan untuk mengendalikan masalah jantung.

Nyeri Persendian

Banyak penderita radang sendi menyatakan persendian mereka terasa lebih nyeri di musim dingin dan segala sesuatunya termasuk kondisi medisnya menjadi buruk. Tidak jelas mengapa demikian, tetapi timbulnya gejala persendian seperti sakit dan kaku dipengaruhi oleh cuaca. Namun tidak ada bukti bahwa perubahan cuaca menyebabkan kerusakan sendi.

Salah satu cara sederhana mengatasi masalah ini adalah dengan terapi panas. Mandi air panas atau pancuran selama 15 menit dapat membantu menenangkan nyeri sendi. Menurut penelitian, latihan fisik dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas gerakan. Berenang adalah pilihan ideal karena ramah untuk sendi.

Cold Sores

Cold sores atau fever blisters disebabkan oleh Virus Herpes Simpleks. Gambaran klinis cold sores berupa blister atau lepuhan berisi air di atas kulit atau membran mukosa yang bengkak kemerahan. Daerah yang terserang terasa lunak dan sakit. Biasanya terletak di sekitar bibir, pipi, dagu dan hidung. Blister ini dapat sembuh tanpa bekas luka.

Seringkali keberadaan cold sores merupakan suatu tanda bahwa kita sedang terpuruk atau stres. Sementara tidak ada pengobatan untuk cold sores, kita dapat menguranginya kemungkinan terjangkiti dengan merawat diri sendiri dengan seksama selama musim dingin dan tiap hari melakukan hal-hal yang membuat kita jauh dari stres, seperti mandi air panas, pergi berjalan-jalan ke park atau menonton film favorit.

Tangan Dingin

Salah satu penyakit dengan gejala tangan menjadi dingin adalah penyakit Raynaud’s. Fenomena Raynaud’s adalah kondisi dimana jari tangan dan kaki menjadi dingin, berubah warna menjadi putih, lalu biru, lalu merah berdenyut-denyut, kesemutan dan sangat sakit di udara dingin. Hal tersebut terjadi karena buruknya sirkulasi di pembuluh arteriola di tangan dan kaki. Pada kasus yang parah, obat-obatan dapat membantu.

Hangatkan tangan atau kaki untuk mengembalikan warna dan sensasi yang normal. Jauhi merokok atau meminum kafein karena dapat memperburuk gejala. Gunakan sarung tangan hangat, kaus kaki dan sepatu bila keluar rumah. Berhati-hati dengan benda-benda yang tajam yang dapat melukai jari.

Kulit Kering

Kulit kering seringkali memburuk selama musim dingin saat kelembaban lingkungan rendah. Pelembab adalah penting selama musim dingin. Tidak seperti kepercayaan publik, losion dan krim pelembab tidak diserap oleh kulit tetapi mereka bertindak sebagai penahan hilangnya cairan pelembab alami kulit. Saat tepat untuk menggunakan pelembab adalah setelah mandi saat kulit kita masih lembab dan menjelang tidur.

Mandilah dengan air hangat, bukan air panas. Air yang terlalu panas membuat kulit menjadi lebih kering dan gatal.

Influenza

Influenza adalah penyebab terbesar kematian kelompok berisiko tinggi, yaitu orang-orang berusia 65 tahun ke atas dan orang-orang yang memiliki masalah kesehatan jangka panjang, seperti diabetes dan penyakit ginjal. Cara terbaik untuk mencegah terjangkit influenza adalah dengan imunisasi influenza yang memberikan perlindungan terhadap flu selama satu tahun.

*adp
Sumber utama: http://www.nhs.uk

Foto: www.ambulancetoday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s