Tata Krama

“You never get a second chance to make  a first impression”

Sebuah ungkapan yang penuh makna yang artinya pandangan dan kesan pertama adalah penting. Hal ini penting bagi kita yang sering berhadapan dengan tamu dari berbagai kalangan. Bila gagal pada kesan pertama,  selanjutnya rencana bisa berantakan. Di sini kita tidak membicarakan “etika” secara spesifik, kita hanya membicarakan hal-hal yang mudah dipahami dan tidak terlalu teoritis.

Ciri orang yang mengerti tata krama adalah apabila dia memiliki rasa percaya diri saat berbicara dengan siapa pun, tingkah laku dan ucapannya mencerminkan perhatian, menghargai  dan mempertimbangkan kepentingan orang banyak, sopan, ramah, rendah hati, selalu bersahabat dengan siapa saja, tidak menyinggung orang lain dan tidak membuat orang lain kecewa apalagi marah.

Untuk mencapai taraf itu, kita perlu membuka diri dalam pergaulan, berorientasi ke luar, berpikiran luas dan menyesuaikan dengan lingkungan di manapun kita berada, sehingga terbangun pribadi yang sehat. Selanjutnya evaluasilah diri kita, ibarat kita bercermin, maka kita akan tahu kekurangan dan kesalahan yang harus diperbaiki.

Selain mengelola sikap kita, satu lagi yang perlu diperhatikan dalam hal tata krama, yaitu cara berbusana kita. Penampilan yang rapi dan sopan juga merefleksikan citra diri.

Beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam bertata krama:

  1. Be yourself. 
  2. True to yourself. Berjiwa dan berhati besarlah dalam menerima kenyataan karena salah satu penyebab ketidakjujuran pada diri sendiri adalah takut untuk menerima kenyataan.
  3. Self control. Kontrol diri diperlukan agar tidak mudah terpancing oleh emosi dalam situasi apapun.
  4. Always wanted to please people.
  5. First impression. Kesan ini akan mempengaruhi penilaian dalam hubungan selanjutnya.
  6. Self-evaluation.
  7. You always be the same where ever you are. Orang yang berkepribadian luwes bukanlah orang yang rela melebur kepribadiannya sendiri menjadi berkepribadian banyak dengan karakter ikut-ikutan.
  8. Overcome the weaknesses characteristic vices.
  9. Sense of belonging.
  10. Always make a good relations.
  11. Attentive.

Dengan mengetahui tata krama kita dapat menempatkan diri dengan memperhatikan perasaan dan kepentingan orang lain. Dan berbuat baiklah kepada orang lain seperti anda mengharapkan orang lain berbuat baik kepada anda.

*Ny. Evy Nurchahyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s