Maaf-Memaafkan

Sudah fitrah bahwa manusia tidak ada yang sempurna, rentan terhadap kesalahan dan kekeliruan. Manakala hal ini terjadi, manakah yang lebih mudah dilakukan meminta maaf atau memaafkan?

Meminta maaf tidak semudah membalik telapak tangan. Bila meminta maaf dilontarkan dengan berat hati, tidak sepenuhnya rela atau justru terlalu mudah sekedar dilontarkan saja atau bahkan hanya sekedar berjabat tangan, maka perbuatan itu tidak akan ada maknanya selain sekedar mencairkan suasana agar tidak tegang. Sedangkan hati kecil kita tetap tidak nyaman dan benar-benar merasa lapang dari kesalahan. Meminta maaf memerlukan kejujuran atas kesalahan diri dan  niat memperbaiki kesalahan.  Meminta maaf menuntut keberanian melepas gengsi atas harga diri, umur maupun status untuk menyampaikan permintaan maaf secara baik dan tulus yang mencerminkan penyesalan. Selain itu meminta maaf juga membutuhkan keberanian untuk menerima konsekuensinya.

Memberi maaf juga tidak mudah. Diperlukan keikhlasan membuka pintu maaf untuk memperbaiki keadaan. Memaafkan dengan memberi kesempatan orang untuk memperbaiki diri akan lebih baik dari pada menyimpannya atau berusaha membalas dendam.

Meski dengan meminta maaf dan memaafkan tidak mengubah masa lalu tetapi ia akan melapangkan masa depan.

Masih dalam suasana Lebaran Idul Fitri, tim redaksi beserta seluruh pengurus DWP KBRI London menyampaikan:

 “SELAMAT IDUL FITRI 1 Syawal 1431 HIJRIYAH”
“MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN”

Di edisi pertiga bulan kali ini, kami menampilkan sosok Berry Natalegawa yang peduli nasib anak-anak yang kurang beruntung, ulasan kehadiran KRI Dewaruci di Hartlepool-Durham, peristiwa menarik di sekitar sungai Thames, tips dan info yang patut kita ketahui, hingga menu andalan sahur. Selamat membaca!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s