10 Tips Menghindari Kelebihan Beban Koper

Melakukan perjalanan, apakah itu untuk urusan bisnis ataupun liburan menuntut kita mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk pakaian dan barang-barang lain yang akan dibawa dalam koper.

Kebutuhan akan membawa barang saat kita bepergian erat kaitannya dengan koper/bagasi yang akan kita bawa dalam perjalanan. Baik transportasi darat, udara atau laut akan memberikan batas maksimal bagi para konsumen dalam membawa barang bawaan yang diperlukan. Hampir semua jenis transportasi darat dan udara memberikan batasan allowance berkisar antara 20–30 kg. Apabila membawa lebih dari allowance tersebut maka kita akan dikenakan biaya tambahan yang tarifnya ditentukan oleh perusahaan jasa transportasi.

Untuk menyiasati agar tidak was-was akan terjadi kelebihan barang bawaan, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum mengepak barang:

  1. Check before you book.
    Sebelum membeli tiket perjalanan pada suatu perusahaan perjalanan, sebaiknya memastikan aturan membawa barang pada perusahaan tersebut.
  2. Can you combine your allowances?
    Bila kita mengadakan perjalanan dengan keluarga maka sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan tersebut memberikan keleluasaan untuk berbagi allowance untuk barang bawaan kita.
  3. Planning a sport holiday?
    Bila kita akan mengadakan perjalanan liburan yang mengharuskan membawa barang-barang olahraga yang jumlahnya cukup banyak, sebaiknya membayar barang-barang tersebut terlebih dahulu sebelumnya, bukan on the spot check in saja. Cara ini akan membantu menghemat pembayaran biaya kelebihan barang bawaan.
  4. How heavy is your case?
    Pilihlah tas atau koper yang ringan agar lebih leluasa membawa barang. Koper yang keras atau kokoh berbobot lebih berat, akibatnya akan mengurangi allowance yang kita miliki.
  5. Weight before you go.
    Menimbang terlebih dahulu koper beserta isinya sebelum berangkat akan lebih baik dari pada harus membongkar koper dan membayar kelebihannya disaat check in.
  6. Wear your heaviest clothing items when you travel.
    Bila akan mengadakan perjalanan dan mengharuskan membawa baju hangat/coat, sepatu boots, kamera dan lain sebagainya yang berat, sebaiknya barang-barang tersebut dipakai saat perjalanan untuk menghindari kelebihan isi koper.
  7. Forget the toiletries.
    Lupakan untuk membawa perlengkapan toilet, disamping demi keamanan barang bawaan lainnya juga mempermudah saat pemeriksaan di terminal yang mensyaratkan untuk tidak membawa alat cukur atau cairan dalam jumlah tertentu di dalam tas. Belilah toiletries sesampai di tempat tujuan.
  8. Check the weather forecast before you go.
    Periksa terlebih dahulu prakiraan cuaca selama perjalanan dan di tempat tujuan untuk menghindari membawa barang yang tidak diperlukan.
  9. Plan ahead.
    Hal ini dimaksudkan agar kita membawa barang keperluan sesuai kebutuhan.
  10. Unpack before you set off.
    Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kelonggaran ruang dalam koper kita. Adalah hal yang biasa bahwa kita selalu membawa sesuatu untuk orang-orang yang kita cintai di rumah sekembalinya dalam perjalanan. Oleh-oleh ini memerlukan ruang dalam koper, maka persiapkanlah akan hal ini.

Hal-hal tersebut di atas perlu diperhatikan apabila kita akan mengadakan perjalanan.

….HAVA A PLEASANT AND SAFE TRIP….

*RGN (berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s