Pulau Arran

Pulau Arran adalah sebuah pulau kecil yang terletak di  pantai barat Skotlandia. Pulau yang luasnya 167 mil persegi dan sering disebut sebagai miniatur Skotlandia ini memiliki keragaman pemandangan alam dan pemandangan laut yang luar biasa indahnya. Di sebelah utara terdapat gunung-gunung granit yang terjal serta lembah-lembah yang dalam sedangkan di sebelah selatan terdapat pemandangan yang kontras yaitu terdapat dataran rendah yang subur, padang rumput, desa-desa yang cantik dan reruntuhan prasejarah.

Meskipun tidak terlalu besar, namun banyak tempat-tempat menarik di pulau Arran yang bisa dikunjungi. Salah satunya dan merupakan ‘keharusan’ adalah mengunjungi Brodick yaitu sebuah kota utama di pulau ini.

Di sini terdapat kastil yang megah yang menghadap ke teluk Brodick. Kastil dari abad ke 13 ini dibangun dari batu pasir merah dan dikelilingi oleh taman yang berisi tanaman eksotis dari seluruh dunia yang dikumpulkan oleh para pemburu tanaman dari awal tahun 1900-an. Di dalam kastil penuh dengan barang antik, lukisan, koleksi benda porselin dan perak serta koleksi seni abad 18. Kastil ini buka setiap hari bagi pengunjung pada bulan April sampai Oktober.

Tempat yang juga patut dikunjungi adalah Arran Heritage Museum yang terdapat di sebelah Utara Brodick. Museum ini  banyak berkaitan dengan arsip-arsip, arkeologi, geologi dan genealogi pulau Arran.

Pulau Arran juga dikenal dengan satwa liar dan berbagai spesies. Disini terdapat lebih dari 200 spesies burung, diantaranya Eider, Peregrine Falcon dan Golden Eagle.

Di perbukitan utara, banyak terdapat rusa merah dan belibis merah. Sebagai sebuah pulau yang tentunya tidak jauh dari laut, di sini dapat pula dilihat binatang-binatang laut seperti anjing laut, lumba-lumba, dan hiu, sedangkan di pesisir selatan dapat ditemukan berang-berang.

Di pantai barat pulau, terdapat situs arkeologi yang berupa lingkaran batu dan tugu batu. Yang patut dikunjungi yaitu yang terdapat di Machrie Moor. Situs yang berasal dari periode Neolitik dan awal Zaman Perunggu ini merupakan salah satu situs arkeologi yang paling menarik dan luar biasa di Skotlandia.

Pulau Arran dapat dicapai dengan feri. Ada dua pilihan rute feri dari daratan Skotlandia: dari utara yaitu dari Claonaig ke Lochranze yang memerlukan waktu menyeberang sekitar 30 menit dan dari Ardrossan menuju Brodick yang memerlukan waktu sekitar 55 menit. Kebanyakan orang mencapai pulau Arran melalui Ardrossan yang memiliki layanan kereta api langsung dari Glasgow.

*Vidya/dari beberapa sumber
Sumber foto : scotlandinfo.eu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s