Plastik untuk Makanan dan Minuman

Plastik tahan panas yang ditemukan oleh Leo Hendrik Baekeland pada tahun 1907 mulai tahun 1920-an penggunaannya semakin meluas dan berkembang hingga ke produk untuk makanan dan minuman. Alasan orang menyukai produk-produk plastik dibandingkan keramik, gelas, logam, kertas atau daun adalah karena produk plastik lebih tahan pecah, ringan, harganya relatif lebih murah, mempunyai tampilan yang menarik dan lebih praktis untuk barang sekali pakai dan kemasan makanan.

Namun yakinkah kita apakah produk plastik itu aman bagi kesehatan saat berkontak dengan makanan dan minuman kita? Apalagi di masyarakat gencar dibicarakan mengenai issue plastik sebagai pemicu penyakit kanker, racun bagi ginjal dan saraf .
Sebenarnya penggunaan bahan plastik yang berkontak langsung dengan makanan tidak perlu ditakutkan, asalkan kita bisa memilih plastik yang aman dan tahu cara menggunakannya dengan benar.

Cara Memilih Plastik yang Aman untuk Makanan dan Minuman

Pilihlah produk plastik yang memang diproduksi untuk wadah makanan atau minuman.Contohnya, meski bentuknya bagus atau dapat berfungsi sama, misalnya baskom, ember atau mainan plastik yang tidak dibuat sebagai wadah makanan janganlah dijadikan wadah makanan. Plastic carrier bag atau kantong keresek hanya cocok untuk tempat membawa benda kering dan tidak panas, bukan untuk obat, bahan makanan cair, semi padat atau makanan siap dimakan.

Cara mudah memilih produk plastik yang aman adalah dengan mencari produk asli yang bertera tulisan “food safe” atau “food grade”, atau berlogo “gelas dan garpu”, atau tulisan “approved by fda” atau “Standar Nasional Indonesia” (SNI) untuk di Indonesia dan dari pembuat atau merek dagang yang kredibilitasnya baik. Produk plastik yang berkualitas baik tidak berbau dan tidak berasa.

Cara lain meski kurang akurat adalah dengan mengetahui apa jenis plastik dari produk tersebut. Ini dapat diketahui melalui kode yang dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry (SPI) yang biasanya terletak dibagian bawah produk. Pilihan yang aman untuk wadah dan pembungkus adalah plastik dengan kode #1 (PETE/PET), #2 (HDPE), #4 (LDPE) dan #5 (PP).

Perlu kehati-hatian terhadap penggunaan plastik berkode #3 (PVC), #6 (PS) dan #7 (Other) yang berpotensi membahayakan kesehatan bila berkontak dengan makanan atau minuman.

Cara Menggunakan Produk Plastik untuk Makanan dan Minuman

Gunakan plastik sesuai kegunaannya dan petunjuk penggunaan. Diantaranya:
Gunakan plastik untuk freezer untuk membekukan makanan agar kualitas makanan terjaga.
Hati-hati meski menggunakan plastik bertulis “Microwave Safe” untuk pemakaian dalam microwave. Bacalah aturan pemakaianya baik-baik. Beri jarak antara makanan dan plastik pembungkus/penutupnya sekitar satu inci untuk mencegah kemungkinan komponen plastik melarut.

Plastik jenis PETE/PET (kode #1) yang biasanya digunakan untuk wadah air mineral direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Berbahaya bila meminum air dari botol ini bila air di dalamnya hangat apalagi panas karena lapisan polimer pada botol tersebut dapat larut dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat memicu penyakit kanker.

Karena tidak semua produk plastik tercantum logo aman untuk makanan atau apa jenis plastik tersebut, maka sebaiknya tidak memasukkan makanan panas, belemak, berminyak dan beralkohol ke dalam produk plastik tersebut.

Bila produk plastik sudah tidak kita inginkan janganlah membakarnya terutama yang terbuat dari plastik PVC, karena akan mengeluarkan asap beracun yang dapat mendatangkan masalah kesehatan bagi kita.

Meski penggunaan plastik tidak terelakkan dalam kehidupan kita, ada baiknya bersikap hati-hati dalam penggunaannya agar kita dan keluarga kita terhindar dari masalah kesehatan dikemudian hari hanya karena mendahulukan kepraktisan dan keindahan.

*adp
Sumber: en.wikipedia.org, environment.about.com, grinningplanet.com, care2.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s