Pentingnya Mengerti Asuransi

Asuransi merupakan suatu hal yang sudah cukup dekat dengan kehidupan kita saat ini.  Sebut saja beberapa hal yang dapat langsung kita kaitkan dengan kata Asuransi, seperti Asuransi Rumah, Asuransi Kendaraan, Asuransi Kesehatan, Asuransi Pendidikan, Asuransi Jaminan Hari Tua/pensiun dan Asuransi Jiwa. Jenis asuransi tersebut di atas merupakan asuransi dasar yang perlu dimiliki atau paling tidak kita mengetahuinya.

Yang perlu kita perhatikan dan pahami betul adalah arti asuransi itu sendiri dan apa saja yang ada hubungannya dengan asuransi tersebut, seperti perlindungan yang ditutup oleh asuransi tersebut, premi yang harus dibayar dan cara mengklaim apa bila terjadi kejadian (musibah atau berakhirnya masa perlindungan).

Pengertian dasar asuransi adalah suatu pelimpahan resiko (risks shifting) oleh tertanggung kepada penanggung agar kerugian keuangan (financial loss) yang diderita oleh tertanggung dapat ditanggung oleh penanggung (Perusahaan Asuransi).

Konsep dasar asuransi adalah memberikan payung  atau perlindungan bagi setiap orang yang mengambil atau membeli asuransi tersebut.  Perlu dicatat dan harus dipahami betul, bahwa kita mengambil asuransi atau perlindungan ketika kita belum atau tidak  membutuhkan perlindungan tersebut,  bukan pada saat suatu kejadian sudah terjadi.  Jadi sifat asuransi dapat dianalogikan dengan ungkapan “SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN”.  Asuransi diambil bukan karena ada orang yang akan meninggal tetapi karena ada orang yang harus tetap hidup.

Alasan dasar kebutuhan akan asuransi ini didorong oleh adanya kerugian keuangan apabila terjadi suatu musibah.  Kerugian keuangan ini dapat menyebabkan nilai ekonomi seseorang berkurang.  Nilai ekonomi yang dimaksud disini adalah kapasitas penghasilan dari seseorang tersebut.  Yang paling berkepentingan dengan nilai ekonomi disini adalah manusia itu sendiri, yaitu istri/suami, anak-anak dan keluarga.

Alasan lain yang menjadikan orang membeli asuransi antara lain; menjamin tercapainya  tujuan keuangan jangka panjang, mempertahankan gaya hidup dan menambah investasi.

Ada dua hal yang utama yang wajib kita ketahui pada saat membeli sebuah asuransi, yaitu Polis Asuransi dan Klaim Asuransi.

Polis Asuransi:
Polis Asuransi adalah kontrak antara pengikut asuransi dengan pihak perusahaan asuransi.  Didalamnya berisikan semua ketentuan yang sifatnya mengikat secara hukum.  Jadi perlu dipahami betul isi dari polis asuransi tersebut.

Klaim Asuransi:
Tata cara pengklaiman asuransi sudah diatur dengan jelas didalam polis asuransi yang dimiliki.  Apabila pengikut asuransi akan mengajukan klaim maka cukuplah mengikuti semua prosedur yang sudah diatur itu atau dapat juga meminta bantuan dari Agen Asuransi tempat membeli polis tersebut.

Hal-hal yang patut diketahui sebelum membeli suatu produk asuransi adalah:

  1. Tentukan asuransi apa yang dibutuhkan.
  2. Mencari informasi tentang perusahaan asuransi yang menjual produk yang dibutuhkan.  Pelajari betul track records perusahaan asuransi tersebut, perusahaan asuransi ini dapat berupa perusahaan lokal atau internasional.
  3. Mintalah pada agen perusahaan asuransi untuk menunjukan izin menjual produk asuransi atau lisensi yang up to date serta pelajari proposal yang ditawarkan secara cermat.
  4. Monitor perkembangan investasi atau perlindungan yang ada.  Hal ini dapat memberikan ide kepada kita apakah perkembangannya cukup baik atau justru kurang.  Minimal laporan tahunan harus kita miliki.
  5. Pastikan anda membayar premi tepat waktu, karena bisa saja karena kelalaian membayar premi menyebabkan perlindungan kita hilang/policy lapse.

Siapkan segala sesuatu dengan cermat sedini mungkin untuk memberikan perlindungan yang terbaik bagi keluarga kita.  Tidak ada kata terlambat untuk mulai merencanakan masa depan keluarga. Penyesalan selalu datang diakhir, mudah-mudahan kita bukan termasuk kelompok ini.

*Ny. Restuti G. Nugroho

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s