Leeds Castle

Leeds Castle adalah salah satu dari istana-istana peninggalan jaman abad pertengahan dan merupakan tambahan bonus untuk daftar peninggalan sejarah kerajaan atau royal heritage di negara ini. Leeds Castle berdiri gagah di atas dua pulau kecil di tengah-tengah Sungai Len. Istana ini dibangun pada tahun 1120, namun sesungguhnya Leeds Castle ini pernah di renovasi ulang dengan bantuan dana dari seorang pewaris berkebangsaan Amerika.

Pemilik pertama istana ini adalah Raja Edward I, selanjutnya jatuh ke tangan Raja Edward II. Istana ini pernah di renovasi oleh Raja Henry VIII untuk tempat kediaman Catherine of Aragon.

Pemiliknya yang terakhir adalah keluarga Olive, dimana Lady Baillie, putri pewaris keluarga inilah yang secara resmi memilikinya.  Lady Baillie membeli istana ini pada tahun 1926 dan melakukan perenovasian di bagian interiornya. Karena itulah, bila kita mengunjungi Leeds Castle, dapat kita lihat beberapa bagian interior  dari istana ini sudah ada yang di renovasi dengan design interior yang lebih modern.

Kini, dengan dibukanya Leeds Castle untuk umum, mengunjungi Leeds Castle dan tour di kompleks istana ini bagaikan menikmati suasana magical.  Untuk memasuki kompleks istana ini kita harus melewati jalan setapak di hutan kecil yang dihiasi dengan pemandangan cengkrama burung merak berbulu biru dan putih yang cantik, birunya air di danau yang tenang dan semilir angin meniup daun di pepohonan yang kita lewati. Sebelum memasuki bagian dalam istana, kita akan menemukan gudang tempat menyimpan wine. Belum lagi koleksi tapestry yang dipajangkan di dinding ruang jamuan makan istana ini yang semakin membuat kita takjub dengan keindahan istana kecil namun cantik ini.

Setiap tahun di musim panas, selalu diadakan festival hot air ballon di area kompleks istana ini.

Hanya dengan memakan waktu tidak sampai 2 jam perjalanan dari London, kita bisa menemukan istana Leeds yang cantik dan menarik untuk dikunjungi.

Kunjungi Leeds Castle bersama keluarga, nikmati keindahan istana dan pelajari sejarahnya yang menarik…!

*Oleh: Ny. Farah Dewi Novan
Sumber: Buku 501 great days out in the UK and Ireland

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s