CFAB World Market 2010

Suasana kota London yang indah dengan hamparan taman yang cantik dihiasi aneka ragam bunga yang memikat hati setiap orang yang melihatnya.  Langit bersih dan cuaca cerah dimusim semi tahun ini kembali disemarakkan oleh kegiatan besar yang melibatkan hampir semua perwakilan diplomatik yang ada di Inggris, yaitu dengan kegiatan bazar international atau Spring Fair ke-51 tahun 2010 di Kensington Town Hall, London, Inggris.

KBRI London seperti tahun-tahun sebelumnya selalu aktif terlibat dalam kegiatan bazar tahunan ini.  Menjalankan peranannya membantu dinas dalam hal representing dan promoting, maka kembali DWP KBRI London diberi kepercayaan untuk mewakili KBRI London di ajang World Market 2010. Selain memberikan kesempatan untuk mempromosikan berbagai produk kerajinan khas Indonesia, kita juga memperkenalkan berbagai jenis aneka masakan khas Indonesia dimata internasional.

ISS UK atau sekarang telah berubah nama menjadi CFAB adalah singkatan dari Children and Family Across Borders, yaitu suatu organisasi non pemerintah yang ada di Inggris yang memfokuskan kegiatannya dalam membantu mempromosikan perlindungan terhadap hak-hak anak dan orang dewasa di daerah perbatasan Internasional.  Melalui jaringan internasionalnya, CFAB membantu orang-orang yang terpisah dari keluarganya sebagai akibat dari perceraian, migrasi, mencari suaka, perdagangan dan penculikan manusia, serta individu-individu lainnya yang dianggap perlu mendapat perlindungan.

Sebagai organisasi non pemerintah  dan selaku badan charitas, tentu CFAB dalam menjalankan kegiatannya membutuhkan banyak dana.  Untuk itulah disetiap kegiatannya CFAB tidak pernah lepas hubungan baik dengan komunitas diplomatik yang ada di London.  Sebagai salah satu ajang pengumpulan dana (fund rising ) Spring Fair sudah merupakan agenda sosial tetap di London.  Dan untuk ini CFAB seperti yang disampaikan oleh Mr. Andy Elvin, Chief Executive CFAB bahwa kami telah mempunyai sejarah hubungan baik terhadap semua perwakilan embassy yang ada di London, Sir Anthony Figgis Marshal dari korps diplomatik di London yang selalu membantu disetiap kegiatan kami. Mr. Elvin juga menyampaikan penghargaan tertingginya kepada HRH Princes Alexandra yang merupakan Patron/Pelindung dari organisasi ini yang selalu menyempatkan diri untuk datang disetiap pembukaan bazar Spring Fair setiap tahunnya.

Pada Spring Fair tahun ini craft stall Indonesia menampilkan berbagai macam produk kerajinan dalam negeri antara lain aneka sarung ikat batik, baju musim panas batik, scarf batik sutera, tas tangan dari anyaman tikar, aneka perhiasan dari kulit, aneka perhiasan dari bahan perak dan mutiara dan berbagai pajangan dari kayu.  Barang-barang tersebut khusus didatangkan dari tanah air dan dijual dengan harga yang bervariasi, yang jelas barang bagus dengan harga yang kompetitif.  Diharapkan dengan mengikuti ajang ini barang-barang produksi dalam negeri kita dapat dikenal dan bukan tidak mungkin dapat mendapat tempat dimata international.

Sementara di Restaurant Stall, Indonesia menampilkan makanan khas kita yang sudah tidak asing lagi bagi lidah orang Inggeris, yaitu nasi goreng, mie goreng, sate ayam, dan aneka jajanan pasar.

Rupanya pengunjung yang datang sudah hafal apa saja barang-barang dan makanan yang akan mereka dapatkan dari stall Indonesia.  Bisa dibayangkan betapa kecewa apabila tidak menemukan barang atau makanan yang mereka cari di stall Indonesia.  Dengan cekatan para ibu-ibu yang tergabung di dalam oraganisasi DWP KBRI London, melayani para pembeli dengan senang hati, rasa penatpun tidak dirasakan.  Walhasil, barang-barang dan makanan dari stall Indonesia laris terjual.  Kita dapat berbangga bahwa barang produksi anak bangsa mendapat tempat dihati masayarakat international.

“Laris manis tanjung kimpul, dagangan laris duit kumpul”.  Sebagian besar pendapatan yang didapat dari bazar ini disumbangkan ke CFAB. Atas nama panitia bazar, kami mengucapkan banyak terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan sehingga acara ini dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan apapun.  Sampai jumpa di Spring Fair tahun berikutnya.

*RGN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s