KPC MELATI UK

KPC berkepanjangan dari Komunitas Perkawinan Campuran untuk wilayah Kerajaan Inggris Raya.

Merupakan organisasi yang di dibentuk pada tanggal 16 Juli 2005 oleh Putri Pedroni (Italy) dan Julie Ghinami (Italy), inspirasinya dimulai dari teman-teman wanita warga Negara Indonesia (WWNI) yang menikah dengan pria warga Negara asing (PWNA) yang menaruh perhatian pada perjuangan Dwi Kewarganegaraan yang sedang dilakukan oleh teman-teman Pelaku Perkawinan Campuran yang tergabung di dalam sebuah tim advokasi bernama ALIANSI PELANGI ANTAR BANGSA (APAB) sejak bulan September tahun 2002.

Melati adalah bunga bewarna putih dan mungil yang menebarkan wangi yang harum semerbak. Putih melambangkan kesucian. Selain itu tanamannya yang kuat dan kokoh serta merambat dengan menghasilkan ratusan bunga merupakan lambang persatuan dan kesatuan yang abadi. Melati menjadi sumber inspirasi bagi komunitas ini, sehingga kami namakan Komunitas Melati World Wide.

Melati menjadi sumber inspirasi bagi KPC Melati, dengan harapan komunitas ini menjadi suatu wadah bagi para keluarga perkawinan campuran yang tersebar di seluruh pelosok dunia yang mendambakan arti persatuan yang kokoh dan persahabatan yang suci dan murni didalam mencapai cita-cita yang luhur demi membawa dan menyebarkan keharuman nama baik dan keunikan perkawinan campuran antar bangsa.

VISI 

Terwujudnya suatu komunitas pelaku perkawinan campuran antara warga negara Indonesia dengan warga negara asing yang bermukim di seluruh dunia dalam suasana kekeluargaan, saling membantu, dan mendukung usaha-usaha pelaksanaan proses integrasi keluarga perkawinan campuran di berbagai aspek terkait.

MISI

Diwujudkan melalui wadah komunikasi, informasi, silahturahmi dan pertukaran budaya bagi komunitas perkawinan campuran yang bertujuan untuk membantu pelaksanaan proses integrasi sebagai akibat dari perkawinan campuran, melalui pendidikan, pembinaan, penyuluhan, bantuan moril serta usaha lainnya demi tercapainya kesejahteraan para pelaku pasangan campuran dan lingkungan di sekitarnya.

FUNGSI:

  • Menambah teman yang senasib seperjuangan, saling mengisi kekurangan masing-masing, berbagi pengalaman, nasehat dan informasi.
  • Mengembangkan wawasan dalam berorganisasi guna menjadi pribadi yang lebih baik.

JARINGAN KERJA

  • KPC Melati UK berprinsip untuk bekerja sama dengan KBRI London, organisasi Indonesia, perkumpulan dan pihak2 terkait yang ada di Kerajaan Inggris Raya dengan tujuan yang sama yaitu bekerja sama dan saling melengkapi antara yang satu dengan yang lainnya

SECARA INTERNASIONAL

  • Dukungan dari seluruh anggota KPC Melati diseluruh dunia.
  • Aliansi Pelangi Antar Bangsa (APAB).
  • Organisasi/Perkumpulan/LSM terkait.
  • Lembaga Bantuan Hukum dan Konsultan Hukum.
  • Perwakilan Pemerintah yang berada di seluruh dunia.

BAKTI SOSIAL

  • Memberikan bantuan kepada bayi Harits, Bayi yang terlahir tanpa tempurung, namun sayangnya bayi Harits tak tertolongl sebelum operasi di laksanakan.
  • Perduli Situ Gintung
  • Perduli gempa di Sumatra Barat

KEGIATAN

  • Menjadikan wadah ini sebagai Pusat Informasi, konsultasi, komunikasi dan silahturahmi (ONE STOP CENTRE POINT) bagi para pelaku perkawinan campuran di United Kingdom
  • Membantu para pelaku perkawinan campuran beradaptasi dan berintegrasi dengan lingkungan setempat, dengan tidak melupakan nilai-nilai luhur bangsa dan budaya Indonesia
  • Mendukung segala bentuk perubahan dan perbaikan UU Kewarganegaraan perkawinan campuran
  • Berfungsi menyebarkan informasi yang perlu di ketahui oleh masyarakat Indonesia pada umumnya dan pelaku perkawinan campuran khususnya
  • Mengadakan seminar dengan topik, personality development, pengaturan keuangan dalam rumah tangga, perempuan dan pengambilan keputusan, mengatasi/mengatisipasi/menghadapi kekejaman dalam rumah tangga atau topic lainnya sesuai dengan permintaan anggota.
  • Bakti Sosial untuk berkontribusi secara nyata bagi mereka yang kurang beruntung dan berkekurangan di tanah air.

*Oleh: Ny. Indah Morgan

Sumber: KPC MELATI UK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s