Taman Nasional Wakatobi

Kepulauan Indonesia yang terkenal di dunia dengan wisata airnya adalah merupakan aset bangsa yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

Salah satu yang terkenal dengan keindahan pemandangan bawah lautnya adalah Taman Nasional Wakatobi yang bisa dikatakan merupakan surga bawah laut di segitiga coral dunia. Lokasi Taman Nasional Wakatobi ini ada di Laut Banda, Sulawesi Tenggara.

Mengapa disebut Wakatobi? Sesungguhnya Wakatobi adalah singkatan dari nama-nama gugusan pulau-pulau kecil yang bernama Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Keunggulan aset pariwisata air ini tak lain karena hamparan karang yang sangat luas disepanjang perairan dengan topografi bawah laut yang kompleks  sehingga merupakan daya tarik eksotis bagi wisatawan yang akan menikmati pemandangan bawah laut dengan melakukan aktifitas selam. Secara spesifik taman laut Wakatobi ini memiliki lebih kurang 25 gugusan terumbu karang dengan beratus species (lebih kurang 750 species), namun yang dikelilingi total seluas 600 km2 serta obyek wisata pantai yang sangat mempesona, pasir putih yang berkilau ketika disinari oleh matahari serta masih aslinya daerah pantai tersebut.

Pulau Hoga, Pulau Binongko dan Pulau Tamia merupakan lokasi yang menarik dikunjungi terutama untuk kegiatan menyelam, snorkeling, wisata bahari, berenang, berkemah, dan wisata budaya. Tempat ini menawarkan nikmatnya penyelaman kelas dunia dengan didukung oleh rumah karang, terumbu karang dan berjuta mahluk laut yang indah dan pemandangan yang spektakuler serta kemudahan akses ke lokasi penyelaman dengan keaneka ragaman kehidupan bawah laut.

Saat ini sudah terdapat banyak sekali hotel atau penginapan yang dibangun di Taman Nasional  Wakatobi sehingga memudahkan para wisatawan yang berminat  sekali melakukan aktifitas selam bawah laut   ditambah lagi dengan keamanan dan kenyamanan dalam melakukan aktifitas selam yang sangat terjamin dengan wilayah laut yang sangat terproteksi.

Tunggu apa lagi, segera cek jadwal libur anak-anak, cek juga jadwal cuti kerja anda untuk merencanakan liburan keluarga ke Taman Nasional Wakatobi yang merupakan kawasan konservasi laut terindah dengan koleksi terumbu karangnya yang terbaik di dunia.

*Oleh: Ny. Farah Dewi Novan
Sumber:
http://www.Wakatobisultra.go.id
Foto:
backpacking,   
wakatobi.com,   diverwire

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s