Seni Merangkai Bunga

Katakan dengan bunga” sebuah ungkapan yang tidak asing di telinga kita bukan?  Hal ini tentu tidak terlepas dari keberadaan bunga ditengah-tengah kehidupan kita.  Di mulai dari kelahiran hingga kematian menjemput kita.  Bunga senantiasa ada untuk para penikmatnya.   Setiap orang pasti menyukai bunga, terlepas apa latar belakang mereka, baik profesi atau pun kedudukan sosial.  Kita mempunyai satu kesamaan yakni dengan memandang bunga kita mendapatkan suatu perasaan yaitu rasa damai.

Berangkat dari hal diatas pula untuk menambah ilmu dan keterampilan ibu-ibu pengurus DWP KBRI London, pada akhir bulan Oktober 2009 yang lalu, telah mengikuti pelatihan kursus merangkai bunga selama 2 hari yang diselenggarakan di The Institute of Hamstead, yang dibawakan oleh Mrs. Minou Alikaani, seorang guru dibidangnya.

Seni merangkai bunga merupakan salah satu bentuk pendayagunaan kekayaan flora, memang telah dikenal oleh manusia sejak lama diseluruh penjuru dunia.  Semua negara mengenal seni merangkai bunga, baik yang sifatnya universal/international maupun khusus, seperti seni Ikebana, yaitu seni merangkai bunga khas dari negara Jepang.  Demikian pula hal nya dengan seni merangkai bunga di Indonesia dan di Inggris, yang lebih banyak menganut sifat universal atau international flower arrangements.  Karena dengan seni merangkai bunga ini pula tercipta banyak sekali macam dan bentuk bunga serta arti yang terkandung.  Adalah pemandangan biasa apabila dalam berbagai acara dan kesempatan rangkaian bunga dijadikan media untuk mengungkapkan perasaan hati.  Apakah itu perasaan gembira, sedih, syukur atau bahagia.  Seperti anda ketahui bahwa kita selalu menggunakan bunga untuk berbagai acara dan kesempatan al; resepsi, upacara kenegaraan, upacara keagamaan dll.

Dengan mengikuti kursus merangkai bunga kita menyadari bahwa keahlian merangkai bunga tidak sepenuhnya tergantung pada bakat semata, tetapi dapat diperoleh dengan cara mempelajarinya.  Apabila merangkai bunga dipelajari secara maksimal dan mendetail, maka seni merangkai bunga tidak hanya dijadikan sebagai kesenangan semata, tetapi dapat dijadikan sebagai profesi yang akan memberikan benefit kepada orang tersebut. Misalnya memberikan sumber tambahan pemasukan bagi keluarga sekaligus tentu membuka lapangan kerja baru.

Persiapan Merangkai Bunga:

A. ALAT–ALAT YANG DIPERLUKAN:
Untuk merangkai bunga, alat-alat yang dipergunakan al:

  1. Gunting : beberapa jenis gunting yang diperlukan seperti: gunting bunga, gunting daun, gunting kawat dan gunting kertas.
  2. Pisau tajam
  3. Kawat, baik kawat halus maupun kawat kasar.
  4. Pita, dengan berbagai bentuk dan warna.
  5. Jambangan/pot bungan: dengan berbagai ukuran, rendah, sedang, tinggi dan bebas.
  6. Berbagai alat penunjang seperti akar-akar, batu atau kayu/rotan.
  7. Paku bunga
  8. Alat penyemprot bunga
  9. Dan tentu tempat yang cukup lega dan nyaman.

B. TIPS MERANGKAI BUNGA:
Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum merangkai bunga, al:

  1. Pemetikan bungan dilakukan sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam.
  2. Pilih bunga potong yang putiknya masih segar
  3. Bunga akan lebih bertahan lama, apabila sebelum dirangkai dibiarkan terendam 2 jam dalam air agar dapat menyerap air dengan baik.
  4. Kenali sifat bunga.  Bunga memiliki berbagai sifat,  Ada yang tidak suka terlalu banyak sentuhan.  Ada bunga yang harus selalu diletakkan di dalam ruang sejuk agar tidak mudah layu.  Dan sifat-sifat lainnya,  hal ini memang  karena sifat bunga-bunga tersebut demikian adanya.
  5. Memotong pangkal bunga sebaiknya dilakukan didalam air, sehingga pori-pori tidak kemasukan udara yang dapat menyebabkan air tidak dapat masuk.
  6. Potong tangkai bunga atau pohon menyerong, agar dapat menyerap air dengan baik.
  7. Setelah dipotong atau dibeli, bunga sebaiknya ditaro terbalik sehingga air terserap sampai ke ujung bunga.
  8. Pergunakan pisau yang tajam untuk memotong bunga.  Bunga bertangkai agar dipotong dengan tangan.
  9. Pergunakan oasis/spons selaku media penancapan bunga dengan benar.  Oasis/Spons harus terlebih dahulu di rendam dalam air beberapa saat dan biarkan air meresap dengan sendirinya.
  10. Tambahkan obat pengawet bunga kedalam air (vas bunga).  Pengawet yang biasa dipergunakan seperti christal, gula atau aspirin.
  11. Khusus bunga yang memiliki duri seperti mawar, hendaknya semua duri tsb dibersihkan terlebih dahulu.
  12. Pergunakan obat anti hama bila perlu. Seperti alkohol 70%, cuka atau arang dapur.
  13. Masukkan batang atau ranting kira-kira 2 cm ke dalam oasis.

C.  BENTUK-BENTUK DASAR RANGKAIAN BUNGA
Ada beberapa bentuk dasar yang dapat dijadikan patokan pada saat merangkai bunga.  Antara lain:

  1. Bentuk Bulat.
    Secara alami bentuk bulat sangat digemari karena sebagian besar bunga mengikuti bentuknya yang bulat.  Semua bahan-bahannya memutari satu titik point.  Rangkaian bulat ini dapat ditempatkan di meja makan, meja tamu dan dimana saja karena dapat dilihat dari segala arah.
  2. Bentuk Lonjong (oval).
    Bentuk oval ini sangat digemari karena unik.  Pembuatannya hampir sama dengan sistim pada pembuatan rangkaian bungan bentuk bulat, hanya saja buntuk oval ini bagian sisi kiri dan sisi kanannya lebih panjang.  Penataan bunga bentuk oval biasanya diketengahkan pada acara-acara resmi dan bisa ditambahkan lilin agar lebih menarik.
  3. Bentuk Segi Empat.
    Bentuk segi empat adalah gambaran sebuah taman yang penuh bunga.  Baiknya menggunakan jambang bunga rendah.  Rangkaian bunga ini dapat diletakkan di meja makanan penutup atau pembatas antara meja makan dan meja dessert.
  4. Bentuk huruf T terbalik/ T-Inverted Shape.
  5. Bentuk Bulan Sabit /Crescent.
  6. Bentuk Kipas/Fan Shape.
  7. Bentuk Segi Tiga: Simetris, asimetris, siku-siku.
  8. Bentuk aneka garis: Bentuk hurup L, hurup S, diagonal, horizontal, setengah lingkaran dan vertikal.

Berbagai bentuk rangkaian bungan diatas dapat disesuaikan dengan tema, suasana dan ruangan yang ada.   Begitu banyak warna, bentuk dan jenis dari bunga-bunga yang ada.  Dengan sedikit kemauan dan sentuhan seni yang anda miliki akan menciptakan suatu hasil karya yang sangat besar manfaatnya bagi kita semua.

Nah mari kita merangkai bunga untuk setiap acara dan kesempatan yang terjadi disekitar kita,  dimulai dengan rangkaian bunga untuk meja makan dirumah kita.  Selamat mencoba!…

*Ny. Restuti G. Nugroho
Sumber : flowers24 hours.co.uk. dan  Gramedia: Tata Rangkai Bunga
Sumber Foto: theflowerexpert.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s