Padupadan Busana Muslim Musim Dingin

Pengertian Busana dan Tujuan Berbusana

Busana adalah segala sesuatu yang kita pakai mulai dari kepala sampai ujung kaki termasuk semua benda yang melekat di badan seperti baju, sarung, kain panjang, dan semua yang melengkapinya seperti selendang, topi, sarung dan semua yang disebut sebagai millineries, juga semua benda yang gunanya menambah keindahan pemakainya, seperti hiasan rambut, giwang, gelang, cincin yang dikenal dengan istilah aksesori.

Tujuan dan fungsi berbusana adalah memenuhi kesusilaan dan kebudayaan suatu bangsa, memenuhi kebutuhan kesehatan yaitu untuk melindungi dari udara dingin, panas, dan angin, juga berbusana dapat membuat seseorang kelihatan indah dan dapat menutupi bagian badan yang kurang ideal.

Persiapan Busana di Musim Dingin

Musim dingin (winter) ialah saat dimana suhu udara yang paling dingin di muka bumi. Ini merupakan salah satu musim dari negara yang mempunyai 4 musim (negara yang beriklim subtropis atau sedang). Di belahan Utara bumi, musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret, sementara di belahan selatan bumi, musim dingin dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September. Dan saat ini musim dingin telah datang, segala sesuatu yang diperlukan untuk mengantisipasi musim dingin harus disiapkan. Busana yang akan kita pakai dari kepala sampai ke ujung kaki di musim dingin harus segera dikeluarkan dari lemari, yang pada saat musim panas (summer) kemarin disimpan.

Rendahnya temperatur selama musim dingin membuat kita membutuhkan busana yang mendukung untuk mengurangi dari hawa dingin tersebut, dan juga agar kita tetap bisa beraktifitas tanpa terganggu dengan udara dingin.

Adapun baju musim dingin adalah :

  • Baju dalam wol (termal/ Long John) yaitu celana panjang dan baju dengan tangan panjang yang ketat tetapi hangat.
  • Sweater
  • Overcoat
  • Syal
  • Topi wol atau bisa juga headphone bulu
  • Sarung tangan wol atau kulit
  • Sepatu boot kulit atau wol
  • Kaos kaki tebal

Keuntungan Memakai jilbab di Musim Dingin

Biasanya pada musim dingin diperlukan pakaian yang tertutup dan hangat, beruntung bagi para pemakai kerudung atau jilbab karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli baju berlengan panjang, hanya saja lebih dipilih yang berbahan tebal untuk memakainya. Setidaknya berjilbab merupakan inplementasi dari tujuan dan fungsi berbusana.

Tidak ada yang berbeda dalam pemakaian busana musim dingin bagi para pemakai jilbab, malah musim dingin memungkinkan bagi pemakai jilbab untuk mengganti jilbab yang biasa dipakai dengan topi-topi untuk musim dingin, ini terlihat lebih praktis dan juga terasa lebih hangat dikepala, bisa juga digabungkan dengan jilbab yang biasa dipakai. Ini akan terasa lebih hangat dan terkesan lebih trendy.

*Oleh: Ny. Indah Sakri
Sumber Foto: debbieschlussel.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s