Tips Penghematan Energi Di Musim Dingin

Anda harus menggunakan akal sehat dalam mensiasati pemakaian enery di musim dingin.  Rasanya lebih bijaksana bila kita berhati-hati dalam menggunakan energy .  yang pada gilirannya akan menghemat uang dan juga bukan hal yang buruk yang anda dapat lakukan terutama dengan biaya energi, baik minyak gas atau listrik, yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Untuk memulai ada baiknya dengan pemeliharaan system pemanas yang ada dirumah.  Isolasi rumah yang baik dan efisien serta sistem pemanas  yang terawat dengan baik. Kebanyakan rumah memiliki glazur ganda (kaca berlapis) yang memungkinkan di musim dingin saat udara sangat dingin dapat membantu menahan dingin dan rumah Anda tetap hangat.

Pikirkan juga tentang cara kerja sistem pemanas sentral anda. Ada baiknya hanya menghangatkan ruangan yang digunakan dan mematikan pemanas untuk ruangan-ruang yang tidak dipakai.  Pertimbangkan mematikan radiator di kamar tamu jika tidak digunakan dan pastikan pintu tetap tertutup. Apa bila anda bekerja dari rumah dan menghabiskan sebagian besar waktu anda dalam satu ruangan, akan lebih baik bila menggunakan pemanas portabel untuk memanaskan hanya ruangan itu. Sebuah pendekatan yang masuk akal untuk pemanas rumah Anda dan mencegah panas keluar dan tentu hal ini akan menghemat uang dalam jangka panjang karena anda sedikit atau bijak dalam menggunakan energi.

Periksa setting pada kulkas dan freezer Anda. Meskipun peralatan ini beroperasi lebih efisien dalam bulan-bulan musim dingin terutama jika pemanasan tidak aktif,  mungkin untuk mengubah pengaturan suhunya.  Dengan begini anda juga sudah menjalankan prinsip effisiensi dalam pemakaian energy.

Selama musim dingin ada baiknya anda tidak menggunakan mesin pengering pakaian.  Akan lebih baik jika anda memanfaatkan panas diruangan sebagai pengering.  Karena selain untuk mengeringkan pakaian basah, ini juga dapat menjaga kelembapan udara didalam ruangan.  Dengan demikian penghematan  energy juga terjadi disini.

Perhatikan juga system pemanas air dirumah terutama untuk mandi, baik listrik atau jenis mixer semua penggunaan energy.   Pertimbangkan untuk menyinkronkan kebiasaan mandi Anda dengan sistem pemanas sehingga anda mandi ketika kamar mandi hangat dan ketika air dipanaskan. Ini akan tergantung pada jenis pemanas dan shower yang anda memiliki sehingga dapat bekerja lebih efisien.

Akhirnya, selain hal-hal yang sudah dijelaskan diatas ada beberapa hal yang dapat diterapkan sepanjang tahun untuk membantu menghemat energi. Pakailah pakaian hangat  dirumah dengan begini badan anda tentu meskipun pemanas tidak maksimal anda tetap merasa tidak kedinginan.  Gunakan bola lampu hemat energi dirumah dan masaklah air panas secukupnya bila anda ingin membuat secangkir teh atau kopi.  Hal-hal kecil ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap konsumsi energy dirumah anda dan selain bijak dalam penggunaan energy (ramah lingkungan ) tentu ini akan berdampak pada pengeluargan anda.  

 

Penulis : Ny. Restutui G. Nugroho.

Sumber Foto : Yahoo Image

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s