Berlin Wisata Dan Sekilas Sejarah

Berlin memiliki banyak hal yang dapat ditawarkan kepada para wisatawan al: budaya, sejarah dan taman hijau. Jika anda ingin melihat lebih banyak tempat-tempat menarik anda dapat menemukannya di Brandenburg, negara federal sekitar Berlin. Variasi pemandangan di bawah langit biru, danau dan sungai besar di wilayah ini serta berbagai sarana olahraga dan rekreasi menawarkan tempat untuk dikunjungi.  Laut Baltik dan kota-kota seperti Hamburg, Dresden atau Leipzig dapat dengan mudah dicapai dari Berlin.

Apabila anda kebetulan berkunjung ke Berlin, ada beberapa tujuan wisata bersejarah yang menarik dan patut anda datangi, al: Tempat tercetusnya perjanjian Postdam, yang membagi Jerman menjadi dua pada perang dunia ke-2, Jerman barat dan Jerman timur. 

Jangan pula anda lewatkan tempat pusat konsentrasi Nazi yang sangat terkenal itu, disinilah  kita dapat menyaksikan bukti kekejaman rezim Nazi dibawah pimpinan Hitller kepada kaum jews Jerman. 

Anda juga dapat mengunjungi beberapa istana peninggalan kerajaan yang dulu berkuasa di Jerman dijamannya.  Anda penasaran bukan?  Silahkan menikmati sajian kami untuk edisi kali ini.

Berlin Sekitarnya

Istana dan Taman dalam dan sekitar Berlin

Istana dan taman di Berlin dan Provinsi Brandenburg saksi tentang seni, budaya dan sejarah arsitektur Jerman. Dreamy istana musim panas cerita dari masa lalu. Sementara taman luas promenaders yang mempesona dengan panorama menakjubkan. Anda juga diajak untuk mengunjungi / melihat taman hijau  antara Berlin dan Potsdam, disini anda akan mengetahui arti dari ungkapan "Prusia Arcadia".

 

 

Park und Schloss Charlottenburg (Charlottenburg Palace dan Park)

Istana yang sangat bagus dengan aula dihiasi kehebatan  seni kelas tinggi, dibangun 1695-1699 sebagai tempat tinggal musim panas Ratu Sophie Charlotte, istri Frederick III. Berjalan-jalan melewati taman barok yang indah adalah pengalaman tersendiri sepanjang tahun. Di sini Anda dapat menemukan makam yang mengesankan Ratu Luise serta mantan rumah teh Belvedere, dengan benda-benda porselen yang sangat indah dan bernilai seni tinggi.

 

 

Jagdschloss Grunewald (Grunewald Hunting Lodge)

Pada 1542, Grunewald Hunting Lodge atau "Jagdschloss Grunewald" dibangun di tepi danau Grunewaldsee, oleh Joachim II, yang antusias dalam berburu. Renaissance bangunan itu diperkuat oleh barok bergengsi bangunan pada awal abad ke-18. Bangunan ini bisa dikatakan sebagai bangunan tertua yang masih ada di Berlin. Anda dapat menyaksikan mebel dan porselen bersejarah serta lukisan karya Rubens yang sangat terkenal itu, Cranach dan lain-lain menggambarkan sejarah seni dan berburu yang tinggi di Jerman.

 

Pfaueninsel (Peacock Island)

Indahnya Pulau Merak dengan istana putih kecil antik berdiri 1794 yang hanya dapat diakses oleh feri.  Pada utara depan Anda dapat menemukan patung seorang petani susu  yang dibangun dan kelihatan seperti gothic kehancuran, dihiasi oleh pemandangan taman dengan pohon-pohon Oak tua hasil karya desainer taman Lenné, tentu saja disini banyak ditemui burung merak.

 

 

Schloss und Park Glienicke (Glienicke Istana dan Taman)

Schloss Glienicke didirikan pada tahun 1826 dibangun untuk Pangeran Carl von Preussen. Dengan rumah bergaya Italia, dapat dikatakan bangunan ini  merupakan bagian kecil dari Italia di kota Berlin. Di depan bangunan utama terdapat air mancur singa emas besar. Di taman Anda dapat menemukan patung-patung antara lain air mancur wanita pemerah susu. Teras dari Schinkel’s neo-klasik Casino menawarkan pemandangan yang indah menghadap laut Havel – "Teluk Potsdam".

 

Schloss und Park Sanssouci (Sanssouci Istana dan Taman)

Schloss Sanssouci adalah kediaman Frederick Agung di musim panas. Dibangun sebagai istana kesenangan di atas kebun anggur antara 1745 dan 1747. Dalam Taman Sanssouci luas ada bangunan istana lainnya yang lebih kecil seperti Neue Kammern (New Chambers), yang Orangerie (jeruk Istana), yang Chinesisches Haus (Rumah Cina) dan Charlottenhof Schloss (Istana Charlottenhof).

 

 

 

Neuer Garten & Schloss Cecilienhof (New Garden & Cecilienhof Palace)

Istana ini dibangun antara tahun 1914 dan 1917 untuk Crown Prince William dan istrinya Cecilie von Mecklenburg-Schwerin. Gaya bangunan mengingatkan anda tentang rumah pedesaan di Inggris. Terletak antara danau Heiliger, danau Jungfernsee dan bukit Pfingstberg. Dari 17 Juli – 2 Agustus 1945, Cecilienhof Istana menjadi tempat untuk Konferensi Potsdam dari pasukan sekutu di Perang Dunia Kedua. Itu adalah istana terakhir yang dibangun oleh Hohenzollern mulia.

 

 

Berlin Timur

Kota abad pertengahan Strausberg dengan pusat kota bersejarah idyllically terletak di sisi danau. Bahkan Bertolt Brecht dan istrinya Helene Weigel menikmati sojourns mereka di resor musim panas yang menarik ini. Benteng Neuhardenberg dengan taman barok menawarkan acara-acara kebudayaan yang menarik.

 

 

 

Selatan Berlin

Pemandangan yang menyenangkan Seengebiet Dahme-wilayah dengan hutan dan danau adalah tujuan populer bagi rekreasi lokal. Dilengkapi dengan fasilitas kesehatan spa yang berkelas tinggi anda di ajak untuk bereksperimen relaksasi nyata, dunia mandi yang eksotis layaknya pulau tropis.

 

 

 

Berlin Barat

Pemandangan danau daerah Havelland adalah surga bagi olahragawan air. Dalam Lehnin biara, biara tertua di Brandenburg,

 

 

 

1933-1934

Oranienburg

KONSENTRASI CAMP

Pada 21 Maret 1933, SA stormtroopers lokal mengambil alih bangunan pabrik yang kosong di pusat kota Oranienburg dan mendirikan kamp konsentrasi pertama di negara bagian Prusia. Konsentrasi Oranienburg Camp kunci dalam penganiayaan oposisi selama bulan setelah merebut kekuasaan Sosialis Nasional, khususnya di ibukota kekaisaran, Berlin. Sebagai buntut dari "Rohn pemberontakan" dan supression SA, kamp ini diambil alih oleh SS di Juli 1934 dan ditutup. Sampai penutupannya pada 13 Juli 1934, lebih dari 3,000 orang yang dipenjara di Kamp Konsentrasi Oranienburg. Setidaknya enam belas tawanan itu dibunuh oleh penjaga, di antaranya adalah penulis Erich Mühsam.

Tidak seperti kamp konsentrasi di Sachsenhausen, Oranienburg berdiri di tengah kota di jalan utama ke Berlin, di mana penduduk setempat dan wisatawan bisa melihat ke dalam. Tempat dimana para tawanan bekerja untuk dewan di banyak tempat di kota. Tempat tahanan melarikan diri ke luar negeri dan menerbitkan laporan tentang kengerian Oranienburg konsentrasi kamp,  mesin propaganda Nazi dengan penggambaran ideal kondise di sana di surat kabar, radio dan film.

 

1936-1945

Sachsenhausen

KONSENTRASI CAMP

Kamp Konsentrasi Sachsenhausen dibangun pada musim panas tahun 1936 untuk kamp konsentrasi tawanan dari kamp Emsland. Ini adalah kamp pertama yang didirikan setelah Reichsführer-SS Heinrich Himmler diangkat sebagai Kepala Polisi Jerman pada tahun 1936. Desain dasar dibuat oleh SS arsitek sebagai kamp konsentrasi yang ideal bagi pengaturan, memberikan ekspresi bahwa SS terpandang di dunia, dan menjadi symbol kekuasaan absolut SS. Sebagai model untuk kamp-kamp lain, dan mengingat lokasinya tepat di luar ibukota Reich, Sachsenhausen mendapat peran khusus dalam Sosialis Nasional sistem kamp konsentrasi. Hal ini diperkuat pada tahun 1938 ketika Kantor Inspeksi Kamp Konsentrasi, kantor pusat administrasi untuk semua kamp-kamp konsentrasi dalam lingkup pengaruh Jerman, dipindahkan dari Berlin ke Oranienburg.

Lebih dari 200.000 orang dipenjarakan di Kamp Konsentrasi Sachsenhausen antara 1936 dan 1945. Pada awalnya para tahanan itu sebagian besar lawan-lawan politik dari rezim Nazi. Pada tahun 1939 sejumlah besar warga negara dari negara-negara Eropa yang diduduki Jerman tiba di kamp ini. Puluhan ribu orang meninggal karena kelaparan, penyakit, kerja paksa dan penganiayaan, atau menjadi korban dari operasi pemusnahan sistematis SS.

 

1945-1950

KHUSUS SOVIET CAMP

Pada bulan Agustus 1945, Kamp khusus Uni Soviet No 7 sudah dipindahkan ke daerah bekas kamp tahanan pelindung. Sebagian besar bangunan, kecuali crematoria dan pemusnahan fasilitas, masih digunakan untuk tujuan yang sama. Oleh pejabat Nazi kamp ini dijadikan tempat untuk menahan para orang yang dianggap berlawanan politik dengan Nazi. Para tahanan politik ini ditahan secara sewenang-wenang. Pada tahun 1948 Sachsenhausen, di upgrade ke Kamp Khusus No 1, yaitu kamp terbesar dari tiga kamp khusus di Zona Soviet Occupation. Pada penutupan kamp di musim semi tahun 1950, telah ada sekitar 60.000 orang dipenjarakan di sana, setidaknya 12.000 di antaranya meninggal karena kekurangan gizi dan penyakit.

 

1961-1990

Sachsenhausen

NASIONAL MEMORIAL

Pada tahun 1956, setelah dipergunakan bertahun-tahun oleh tentara Uni Soviet, Rakyat Polisi dan Tentara Nasional Rakyat dari GDR, akhirnya barak-barak bekas tempat tahanan / kamp diubah bentuknya menjadi  Sachsenhausen Memorial Nasional, yang diresmikan pada April 22, 1961 . Bukan hanya memilih untuk mempertahankan struktur asli yang tersisa, para perencana memutuskan manjadikan Sachsenhausen sebagai symbol untuk memperingati sebuah monument yang melambangkan "kemenangan anti-fasisme atas fasisme”. Sebagai bangunan yang bersejarah.

Setelah robohnya Tembok Berlin dan penyatuan Jerman, Sachsenhausen Museum Memorial berada dibawah Departemen Ilmu Pengetahuan, Penelitian dan Budaya Brandenburg Foundation.  Sejak January 1993 Foundation ini mendapat dukungan dana dari  pemerintahan negara bagian Brandenburg dan Republik Federal Jerman.

Demikian juga dengan Museum Death Marches di dekat Belower Hutan Wittstock didirikan pada 1981 yang secara administratif terkait dengan Memorial ini. Yang mana di sini 18.000 tahanan meninggal secara paksa oleh SS pada kematian berbaris ke arah Schwerin, terjadi akhir April dan awal Mei 1945.

 

Pelestarian Dan ReDesign

Struktural asli bangunan dan sisa-sisa kamp konsentrasi adalah "bukti sejarah" Oleh karena itu, pelestarian dan pemulihannya adalah hal yang sangat prioritas. Karena selama puluhan tahun sebagian besar bangunan yang ada sudah tua dan dalam bahaya.  Dibutuhkan dana yang besar untuk melestarikannya dan setelah direstorasi aspek-aspek  penting dari sejarah situs-situs tersebut dikembalikan kedalam struktur yang ada dan ditempat ini telah beberapaa kali diadakan pameran sejarah.

Decentralized Museum Konsep

Desain ulang Memorial Sachsenhausen didasarkan pada konsep desentralisasi, ini bertujuan untuk mengkomunikasi sejarah kepada pengunjung akan kejadian yang terjadi di tempat tsb. Tiga belas pameran dari berbagai situs khusus mengkaji sejarah, masing-masing menghubungkannya dengan sebuah presentasi tematik yang dalam konteks yang lebih luas. Ini dilengkapi dengan pameran sementara, diselenggarakan di New Museum. Ada juga pameran oleh kelompok-kelompok sekolah, proyek-proyek pendidikan, serta pameran lokakarya untuk mempresentasikan akuisisi baru dari arsip dan depot.

Setelah menyelesaikan pekerjaan remodelling, Sachsenhausen Memorial dan Museum tetap merupakan tempat berkabung dan remembrace dalam konteks Eropa, sambil menghadapi tugas sebagai museum modern sejarah

 

Penulis: Ny. Restuti G. Nugroho

Sumber: www.visitberlin.de, www.stiftung-bg.de

Sumber Foto : Yahoo Image

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s