THE BRITISH CALENDER

Salam sejahtera bagi anda para pembaca BULETIN ONLINE KBRI LONDON.  Senang sekali kami dapat menjumpai anda kembali di edisi bulan Oktober 2009.

Pada edisi kali ini penulis ingin mengangkat  3 hal yang cukup menarik, dari beberapa events atau kejadian di bulan Oktober pada British Calender.  Ke – 3 events menarik tersebut al: Pearlies, Trafalgar Day dan Hallowen. 

Harapan penulis kepada para pembaca yang belum mengenal kejadian atau events diatas agar memberikan pengetahuan yang baru.  Sementara bagi anda yang telah mengenal event atau kejadian tsb kiranya dapat kembali menyegarkan ingatan anda.  Selamat membaca! 

1.      PEARLY KING AND QUEEN HARVEST FESTIVAL, 04 OKTEROBER.

Perayaan festival ini dilakukan di St. Martin jam 3 sore setiap tanggal 04 Oktober. 

‘Pearlies’ bermula di tahun 1875, seorang anak muda bernama Henry Croft, mengagumi betapa indahnya kancing –kancing baju yang terbuat dari mutiara yang di kenakan oleh para pedagang di pasar.  Henry memutuskan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik dari sekedar memakai kancing baju dari mutiara, tetapi lebih dari itu dia memasang kancing atau  pin yang terbuat dari mutiara diseluruh pakaian yang ia kenakan.  Apa yang dilakukan oleh Henry menarik perhatian banyak orang dan dengan ini pula Henry mengumpulkan uang untuk membantu orang yang kurang beruntung.

Tradisi Pearlies ini hingga sekarang tetap dilestarikan dan dijadikan suatu event  yang penting pada British Calender dan diperingati setiap tahunnya.  Peringatan harvest festival ini di jadikan ajang fund rising atau pengumpulan dana untuk membantu lembaga-lembaga social yang ada di Inggris (charities).  Disetiap Borough di London memiliki King dan Queen, yang disetiap perayaannya memakai pakaian yang sangat indah dan special, dengan ornament khusus terbuat dari mutiara.

2.     TRAFALGAR DAY, 21 OKTOBER

Merupakan perayaan atas kemenangan yang didapat oleh Royal Navy / angkatan laut kerajaan Inggris yang dipimpin oleh Vice – Admiral Horatio Nelson atas Prancis dan Spanyol di pertempuran  Trafalgar pada tanggal 21 Oktober 1808.  Untuk mengenang kejadian ini pada tahun 1849 Navy League mencetuskan untuk   mengadakan perayaan besar-besaran, pesta parade dan makan malam di Trafalgar Square (patung Nelson) pada Trafalgal Day.

Hingga sekarang perayaan  ini masih diperingati oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris dan negara-negara anggota Commonwealth. 

3.     HALLOWEN, 31 OKTOBER

Pada tahun 835 sebelum masehi, Gereja Roman Catholic menjadikan tanggal 1 November sebagai hari libur gereja untuk menghormati all the Saints atau dikenal dengan All Saints Day atau All Hallows.  Hari yang dikhusukan untuk mendoakan orang-orang yang telah meninggal dunia.  Hallowen Eve terjadi pada tanggal 31 Oktober malam sebelum perayaan All Hallows / All Saints Day.

Malam Hallowen ( 31 Oktober) dipercaya sebagai malam dimana para mahluk halus  termasuk hantu, tukang sihir dan peri keluar dan beraktivitas. 

Dimalam hallowen biasanya dapat kita temui atau lihat hal-hal sebagai berikut: Lampu terbuat dari labu (Jack-o-lanterns), yang diletakkan diluar rumah sebagai simbol untuk mengusir atau menakuti mahluk jahat.

Costum khusus yang biasanya dibuat menyerupai mahluk jahat dimaksudkan agar orang-orang terhindar dari gangguan dari mahluk jahat yang datang ke bumi. 

Kebiasaan lain pada malam hallowen adalah menaru mangkok berisi makanan diluar rumah, maksudnya untuk menghindari para mahluk jahat masuk kedalam rumah dan mengganggu penghuninya. 

TRICK OR TREAT, dikenal sebagai pesta permainan yang dilakukan oleh anak-anak di Inggris.  Dengan memakai pakaian khusus hallowen anak-anak mendatangi rumah-rumah bertingkah layaknya mahluk jahat yang meminta treat kepada pemilik rumah, untuk menghindari gangguan dari mereka kita memberi gula-gula / makanan kecil dan membuat mereka pergi. 

Oleh : Ny. Tuti Nugroho.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s