PARIS DAN OBYEK WISATANYA

Paris merupakan kota tujuan wisata yang banyak dikunjungi orang. Bila orang berkunjung ke Eropa, rasanya belum benar-benar ke Eropa bila belum mengunjungi Paris.

Terletak di sebelah Utara Perancis, kota yang sarat dengan romantisme ini dikenal juga sebagai kota fashion karena Paris merupakan salah satu pusat mode dunia. Keunikan Paris terletak pada monumen dan arsitekturnya yang sangat indah. Kota ini juga memiliki banyak museum dengan koleksinya yang memukau.

Banyak obyek wisata di kota Paris yang menarik untuk dikunjungi dan dinikmati, berikut beberapa diantaranya.

Menara Eiffel

Menara Eiffel merupakan menara besi yang di bangun di Champs de Mars, di sisi sungai Seine. Dibangun pada tahun 1889 dalam rangka Pekan Raya Dunia dan untuk memperingati seratus tahun revolusi Perancis. Menara yang diberi nama sesuai dengan nama perancangnya yaitu Gustave Eiffel ini memiliki ketinggian 300 meter dengan struktur baja sekitar 7.300 ton. Menara ini terdiri dari tiga lantai. Pada lantai satu dan dua ada toko cendera mata dan kafe.  Sebuah restoran mahal yaitu Restoran Jules Verne juga terletak pada lantai dua. Pada puncak menara yaitu pada lantai tiga terdapat antena televisi setinggi 24 meter, dan dari lantai ini dapat dilihat panorama kota Paris yang indah. Menara Eiffel dikenal sebagai symbol kota Paris dan negara Perancis dan menjadi tempat yang “wajib” dikunjungi para wisatawan.

Arc de Triomphe

Monumen yang berbentuk gapura besar dan megah ini berdiri di bundaran jalan simpang 12 di kawasan Place de l’Étoile yang kini bernama Place Charles de Gaulle, di ujung barat Champs-Élysées. Adalah Kaisar Napoleon Bonaparte yang memerintahkan dibangunnya monumen ini sebagai symbol kemenangan bangsa Perancis dalam peperangan di Eropa. Pada dindingnya terukir nama  para jenderal dari pasukan Napoleon yang gugur di medan pertempuran dan terdapat pula berbagai  ornamen yang indah. Di bagian dasar, tepat di bawah lengkungan monumen ada makam pahlawan tak dikenal dan  sebuah api abadi untuk mengenang para pahlawan Perancis. Kota Paris dapat juga dilihat dari  puncak Arc de Triomphe.

Avenue Champs-Elysées

Bila mengunjungi Arc de Triomphe, kita dapat sekalian menikmati suasana jalan Champs Elysées yang sangat luas. Jalan yang merupakan kawasan elit Paris dan dikenal sebagai la plus belle avenue du monde (jalan terindah di dunia) ini panjangnya 2 kilometer. Di kiri  kanannya terdapat kafe dan butik terkenal kelas dunia, juga terdapat bioskop dan restoran.

Avenue Champs-Elysées digunakan untuk perayaan-perayaan besar. Di sinilah warga Paris berkumpul merayakan malam tahun baru, juga tempat parade militer diadakan pada Hari Nasional Perancis tanggal 14 Juli. Peristiwa bersejarah nasional seperti perayaan kemenangan kesebelasan Perancis pada Piala Dunia juga dirayakan di jalan ini.

Place de la Concorde

Place de la Concorde merupakan alun-alun yang terletak di ujung timur Champs-Elysées. Alun-alun ini berbentuk oktagon dan didesain oleh arsitek kerajaan, Ange-Jacques Gabriel, pada tahun 1755. Tempat ini mudah dikenali karena merupakan alun-alun terbesar di Paris dan di tengah-tengahnya terdapat  air mancur. Tidak jauh dari air mancur terdapat Obelisk, sebuah tugu setinggi 23 meter yang berasal dari Luxor, Mesir. Tugu berornamen ini pemberian Mohamet Ali, raja muda dari Mesir kepada Louis Philippe, raja Perancis.  Banyak obyek yang terlihat indah dari alun-alun ini seperti Arch de Triomphe, menara Eiffel, gereja Madeleine dan des Invalides.  

Musée du Louvre

Museum ini berarsitektur klasik dan merupakan salah satu museum terbesar di Eropa. Di dalamnya terdapat karya pelukis-pelukis terkenal di dunia, salah satunya adalah lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci. Selain itu terdapat pula benda-benda maha karya dan bersejarah seperti mahkota Raja Louis XV, patung Firaun Ramses II, prasasti Kode Hammurabi, karya seni Islam dan berbagai koleksi mumi dan sphinx.

Musée du Louvre dibagi menjadi tiga bagian dan setiap bagian mempunyai pintu masuk masing-masing. Seni Islam, lukisan Perancis abad 14-17 dan seni dekoratif abad 17 dan 19 berada di sayap Richelieu, sejarah Louvre dan jaman pertengahan Louvre berada pada sayap Sully, sedangkan pada sayap Denon antara lain terdapat lukisan seniman Itali dan Spanyol. Museum ini memiliki sekitar 35.000 karya seni dan bersejarah.

Notre Dame de Paris

Notre Dame adalah katedral berarsitektur gothic yang berada di sebelah timur Île de la Cité, pulau kecil di jantung kota. Dibangun pada masa abad pertengahan, bangunan eksotik yang mempunyai dua menara setinggi 69 meter ini pernah direstorasi selama 23 tahun. Selain sebagai obyek wisata, gereja ini masih digunakan untuk misa.

 

*)Dari berbagai sumber.

oleh : Ny. Vidya Riza

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s