ISS UK World Market 2009

Dalam rangka kegiatan bazar tahunan dan memperingati 50 tahun keberadaan International Social Service (ISS) UK World Market atau yang lebih dikenal dengan International Spring Fair, maka panitia International Spring Fair kembali mengundang seluruh perwakilan negara di Inggris untuk ikut bergabung menggalang dana dari hasil penjualan sekaligus mengadakan perayaan ulang tahun. Bazar pakaian, perhiasan, aksesoris, kerajinan tangan dan makanan dari seluruh negara peserta kembali digelar. Tampilnya pertunjukan dan hiburan dari negara Anggola, Meksiko, Mesir, Bosnia dan Herzegovina menambah meriahnya acara tahunan kali ini. Pelindung ISS UK, Her Royal Highness Princess Alexandra berkesempatan pula hadir dan memotong kue ulang tahun ISS UK World Market yang dibuat oleh Sri Lanka Women’s Association.

Bertempat di Kensington Town Hall, Hornton Street London acara International Spring Fair 2009 berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 12 Mei dan 13 Mei 2009. Hari pertama khusus diperuntukkan untuk kalangan diplomatik, sedangkan hari kedua dibuka bebas untuk masyarakat umum dengan biaya masuk sebesar £ 5.

Tahun ini lebih dari 80 negara peserta menggelar stan bazar yang masing-masing dikelola oleh kantor perwakilan diplomatiknya untuk negara Inggris. KBRI London kembali turut serta dalam acara ini dengan menyerahkan tugasnya kepada Ibu-Ibu pengurus Dharma Wanita Persatuan. Indonesia kembali membuka dua stan, yaitu stan barang kerajinan Indonesia dan stan makanan Indonesia. Stan barang kerajinan menampilkan bermacam-macam perhiasan yang mayoritas berbahan dasar perak dan mutiara koleksi Ny. Nunik Anurningsih, berbagai corak syal sutera maupun katun bercorak Jawa, alas kaki dan berbagai macam aksesoris dipromosikan  untuk pengunjung. Stand makanan yang terletak di lantai atas menyajikan nasi goreng, mi goreng, sate ayam serta kue-kue yang sudah tidak terlalu asing bagi lidah orang asing.

Keanekaragaman dan kekhasan barang dan makanan dari seluruh penjuru dunia yang dijual di acara International Spring Fair menjadi daya tarik utama pengunjung untuk selalu datang ke acara ini setiap tahunnya. Inilah yang membuat membanjirnya pengunjung terutama dihari kedua sehingga cukup merepotkan dan melelahkan Ibu-Ibu Dharma Wanita. Meski demikian senyum dan keramahan ibu-ibu tetap terpancar demi mempromosikan hasil kerajinan tradisional Indonesia. Dan puncaknya, sebagian hasil penjualan Ibu-Ibu DWP selama dua hari tersebut disumbangkan kepada ISS UK untuk membantu misinya yaitu meningkatkan dan melindungi hak-hak dan kesejahteraan anak-anak dan orang-orang dewasa yang rentan sepanjang lintas batas internasional.

*oleh: adp

 Sumber foto: Yahoo Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s