Obin Komara

Siapa yang tak kenal nama Obin atau nama lengkapnya Josephine W Komara. Perancang batik yang telah berkecimpung kurang lebih 36 tahun, obin telah melahirkan karya-karyanya yang dapat dibanggakan didalam dan di luar negeri.
Berawal dari hobinya yang senang mengkoleksi kain – kain tua yang dulunya dibuat oleh tanggan dimulainya sejak tahun 1970an. Dan ia belajar mengenal kebudayaan jawa ketika ia pergi ke solo untuk berguru pada keluarga kraton yang diakuinya ia banyak belajar disana.
Obin walaupun ia terkenal dengan batik karyanya, ia selalu menolak dengan sebutan perancang batik. Obin lebih senang disebut dengan tukang kain karena tukang kain artinya lebih luas.
Pemilik rumah batik “ Bin House”, Josephine W  Komara, lahir dari pasangan Hasmina dan Komara kini mempunyai 2.000 pembatik yang selalu menghadirkan motif-motif batik kontemporer, yang tetap berpegang teguh pada pakem-pakem yang telah ada.
Kedatangan Obin ke London bulan September 2009 lalu dalam rangka promosi budaya “Indonesian Inspired“ yang diadakan oleh Asia House London, Obin secara khusus telah memboyong koleksi pribadinya untuk dipamerkan pada acara ceramahnya mengenai busana batik Indonesia yang berjudul “From Tradition to Glamour”.
Mengenakan kebaya batik berdiri bertelanjang kaki diatas panggung, Obin dengan gayanya yang khas dan sangat teaterikal secara jelas dan lugas menjelaskan mengenai tehnik pembuatan batik dan design batik karyanya yang telah mengubah batik tradisional menjadi baju batik modern yang glamour.
Para pengunjung yang hadir juga sangat terkesan saat Obin dengan sangat detail menjelaskan mengenai berbagai corak dan filosofi design batik karyanya serta pakaian batik yang terlihat sangat modern dan glamour.
Dengan sangat piawai, Obin juga menanggapi semua pertanyaan yang berkaitan dengan batik, termasuk ketika ada pertanyaan mengenai ‘apakah Batik berasal dari Malaysia atau India’. Menurutnya kata ‘Batik’ berasal dari bahasa Jawa yaitu kata ”ba” atau “mba” yang berarti menulis dan ”tik” yang berarti titik, untuk itu tegasnya seni membatik dari daerah Jawa atau Indonesia.
Dengan prestasinya Obin turut mempromosikan bangsa Indonesia melalui batik kreasinya yang mana karya-karyanya tidak hanya dapat didapatkan di Jakarta dan Bali tetapi karyanya juga bisa didapatkan di manca negara seperti Jepang dan Singapura.

Oleh : Ine Insani Sudradjat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s