Coffee Morning Bersama William Wongso

Dalam rangka promosi budaya Indonesia di London selama bulan Oktober 2008. William Wongso ahli kuliner terkenal Indonesia adalah salah satu penceramah yang turut mempromosikan budaya Indonesia melalui makanan yang diadakan oleh Asia House London.

Hampir seratus lima puluh orang hadir dalam acara tersebut, dalam ceramahnya William Wongso menyampaikan mengenai Tradisi Masakan Indonesia, dinamika wajah Indonesia tidak terlepas dari kayanya berbagai jenis masakan serta rempah-rempah yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Dengan antusias hadirin menyimak paparan foto-foto serta penjelasan mengenai berbagai jenis masakan mulai dari masakan rendang Padang, bebek betutu Bali, Empe-empe Palembang hingga yoghurt yang dibuat secara tradisional yang disimpan dalam potongan bambu yang uniknya setelah matang yoghurt tersebut tidak harus disimpan di lemari pendingin. Demikian juga secara menarik, William Wongso memperkenalkan tradisi makan Indonesia yang biasanya berkumpul bersama keluarga besar dan memakai tangan. Acara diakhiri oleh pemutaran film ‘Petualangan bersama William Wongso’ yang mengetengahkan seni masakan Bali yang merupakan program televisi William Wongso di Metro TV.

Untuk lebih memperkenalkan masakan Indonesia ke masyarakat yang lebih luas, William Wongso bekerjasama dengan Hotel Oriental Mandarin di Hyde Park, telah menyelenggarakan Indonesian Food Festival dari tanggal 10 sampai dengan 19 Oktober 2008. Selama Indonesian Food Festival tersebut, makanan kreasi William Wongso seperti Nasi Goreng Kluwek dan Sate Udang Bumbu Jawa telah mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat London. Kehadiran William Wongso di London juga telah dimanfaatkan oleh Dharma Wanita Persatuan KBRI London untuk menampilkan demonstrasi mengenai berbagai jenis nasi goreng kreasi William Wongso di kediaman Duta Besar Indonesia di London yang dihadiri oleh kalangan diplomatik dari kedutaan negara sahabat dan masyarakat Indonesia di London. Acara tersebut telah berlangsung dengan sukses dan undangan yang hadir sangat menikmati demonstrasi masak dan paparan dari William Wongso dan tentunya masakan yang sangat lezat hasil kreasi dari William Wongso tersebut.

Oleh: Ine I. Sudradjat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s