Windsor Castle, Kediaman Resmi Ratu Elizabeth II

 

 

Windsor Castle adalah istana tempat kediaman resmi Ratu Elizabeth  II dan keluarga kerajaan Inggris  saat ini. Istana yang sudah berumur lebih dari 900 tahun ini merupakan simbol dari sejarah kejayaan Kerajaan Inggris. Namun istana ini sampai sekarang masih merupakan  salah satu istana yang dipakai sebagai tempat tinggal pribadi ratu.

Istana yang  didirikan di area sebesar 26 acres terdiri dari Royal Palace, State apartment,  St. George chapel, rumah tinggal dan tempat kerja. Selain menjalankan tugasnya sebagai ratu, di sini pulalah  ratu beserta keluarga menerima tamu dan  menghabiskan akhir minggunya. Istana yang  didirikan di area sebesar 26 acres terdiri dari Royal Palace, State apartment,  St. George chapel, rumah tinggal dan tempat kerja.

Di Semi State Apartment yang biasa digunakan sebagai ruangan untuk mengadakan acara resmi seperti jamuan resmi dan pesta-pesta kerajaan, terdapat beberapa koleksi lukisan yang menakjubkan yang diantaranya merupakan lukisan dari pelukis terkenal Holbein, Rubens, Van Dyck dan Lawrence. Dihiasi pula tapestry indah, porcelain, dan patung-patung berharga.

Di dalam area kompleks istana Windsor ini kita juga dapat mengunjungi galeri lukisan, rumah boneka Queen Mary serta ruang pesta untuk pernikahan anggota keluarga kerajaan Inggris. Windsor Castle sering kali dipergunakan oleh Ratu untuk menerima kunjungan kenegaraan para pemimpin negara yang berkunjung ke Inggris.  Biasanya, tamu negara tersebut akan masuk ke lingkungan istana dengan mengendarai kereta kuda dan disambut dengan upacara militer yang megah.

Pada tahun 1992, pernah terjadi kebakaran besar yang menghancurkan lebih dari 100 ruangan di istana itu. Walaupun sebagian besar ruangan yang terbakar  pada saat itu dalam kondisi kosong, namun banyak sekali peninggalan-peninggalan yang artistik di istana itu yang turut terbakar. Pembenahan bagian dari istana yang terbakar itu akhirnya dapat diselesaikan pada tahun 1997.

Windsor Castle dibuka untuk publik dan bila berkunjung ke Windsor Castle pada bulan Oktober sampai dengan Maret, pengunjung juga dapat melihat ruang pribadi Raja George IV dengan dekorasi interiornya yang sangat mewah. St. George Chapel adalah juga bagian dari istana yang dibangun dengan seni arsitektur Inggris yang tinggi. Chapel yang dibangun oleh Edward III pada tahun 1348 ini terdapat juga kuburan dari beberapa raja seperti Henry VIII dan istri ketiganya Jane Seymour, dan Charles I. Bagian istana Windsor yang tidak boleh dilewatkan bila kita berkunjung kesana adalah Rumah Boneka Queen Mary.

Jam berkunjung di Windsor Castle adalah mulai pukul 9.45 sampai dengan 17.15 dan dengan tiket seharga £ 8.00 kita dapat berkeliling melihat-lihat bagian-bagian bangunan istana yang megah ini.

Oleh Farah Dewi Novan

Sumber: http://www.royalcollection.org.uk dan http://www.windsorcastle.co.uk 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s