Rise Festival

           

Musim panas di awal bulan Juli sudah ditandai dengan dimulainya pertandingan akbar tahunan yaitu kejuaraan tennis Wimbledon dimulai sejak 23 Juni 2008 yang bertempat di London Selatan. Sebagai informasi, final tunggal putri, ganda putri dan ganda pria akan diselenggarakan pada tanggal 5 Juli 2008 dan untuk final tunggal putra dan ganda campuran pada tanggal 6 Juli 2008. Disamping event Wimbledon ini, redaksi akan menampilkan event lainya yang tidak kalah menariknya dari Wimbledon.

Di bulan Juli juga ada festival musik gratis yang sayang untuk dilewatkan, kita bisa sejenak melupakan rutinitas dengan ikut bernyanyi dan bergoyang tentunya. London Rise Festival 2008 adalah “the largest London’s free musical festival” yang selalu dirayakan setiap tahun. Tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 13 Juli 2008 dan  bertempat di Finsbury Park, London N4 yang acaranya dimulai pada pukul 12.00 pm– 8.30 pm. Ini adalah festival gratis yang ke 7 kalinya diadakan di pusat kota London, tahun lalu lebih dari 80.000 ribu penonton hadir yang terdiri dari anak-anak muda dan keluarga datang ke festival ini.

Tujuan dari penyelenggaran festival musik gratis ini adalah selain untuk merayakan keanekaragaman kebudayaan yang berada di UK juga untuk menggalakkan anti rasisme. Rise Festival juga merupakan festival anti rasisme terbesar di Eropa dan  didukung oleh Trades Union Congress, National Assembly Against Racism dan bermacam organisasi lainnya.

Ken Livingstone ketika masih menjadi walikota London pernah mengatakan bahwa : festival, yang disebut juga “London United” akan menjadi festival anti rasisme terbesar di Eropa, dan juga merupakan sumbangan dari berbagai himpunan komunitas di kota London melalui media musik populer.

Pada festival London United 2008 diharapkan dapat menampilkan berbagai aneka musik dan aktivitas lainnya. Disediakan pula arena bermain untuk anak-anak, kedai makanan dan minuman, pameran dan penjualan kerajinan. Untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas, anda bisa lihat di http://www.risefestival.org/

 

* Oleh Lita Winadi 

Sumber : http:www.risefestival.org/ dan http://www.cwu.org/ 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s