International Spring Fair 2008

 

Setahun telah berlalu, International Spring Fair 2008 yang diadakan oleh International Social Service (ISS) UK kembali digelar. Ajang penggalangan dana setahun sekali ini berlangsung  selama dua hari, 13-14 Mei 2008, dengan tetap mengambil tempat di Kensington Town Hall, London. Kegiatan yang bertujuan untuk mencari dana untuk perlindungan hak dan kesejahteraan anak ini diikuti hampir dari 100 negara yang didukung oleh perwakilan diplomatik negaranya di London.

KBRI London bersama DWP KBRI London turut berpartisipasi dalam aktifitas ini yang sekaligus bertujuan untuk mempromosikan makanan dan produk kerajinan Indonesia. Dua stall dibuka yaitu stall yang menjual aneka makanan dan stall yang menampilkan kerajinan tangan. Stall makanan Indonesia tetap dicari oleh para pengunjung. Sate ayam khas Indonesia, nasi goreng, mie goreng dan aneka kue manis dan asin masih menjadi favorit yang dicari oleh pengunjung bazaar. Hal ini terlihat dari ibu-ibu DWP yang berpakaian kebaya cukup sibuk melayani pembeli makanan selama dua hari bazaar ini berlangsung.

Hal yang sama terjadi pula di stall barang yang menampilkan pernak-pernik kerajinan tangan dengan nuansa Indonesia. Selain menonjolkan perhiasan indah dari batu, mutiara dan perak hasil karya dari pengrajin Indonesia dari Aulia Jewellery oleh Ny. Nunik Anurningsih yang turut berpartisipasi di bazaar kali ini, juga dipamerkan scarf batik, baju batik, tas anyaman dan sandal “summer”. Walaupun stall dari negara lain juga menampilkan perhiasan dan kerajinan, ternyata stall Indonesia cukup menarik perhatian pengunjung antara lain dengan “diserbu”nya perhiasan perak dan larisnya penjualan scarf batik dan sandal santai yang berwarna cerah, sangat sesuai bila dikenakan di musim panas. Stall barang kali ini diramaikan dengan “lucky dip”, yaitu memberi hadiah kepada pembeli yang telah membelanjakan uangnya dalam jumlah  £20.00 ke atas.   

Sebagai bentuk dukungan, Restaurant Nusa Dua di London memberikan vouchernya sebagai salah satu hadiah “raffle”. Seusai acara DWP KBRI London menyerahkan sumbangan yang diperoleh dari sebagian hasil penjualan kepada pihak ISS UK. Semoga tujuan untuk membantu kegiatan penggalangan dana menolong sesama insan dan mempromosikan kebudayaan Indonesia ke tingkat Internasional ini secara keseluruhan mencapai sasarannya.     

Oleh Titi Iman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s