Hatfield House, Rumah Megah Elizabeth I

Undangan menarik dari “Diplomatic Neighbours” yang di prakasai oleh Prunella Briance dan Nahid Lipman untuk wisata bersama ke Hatfiled House sayang untuk dilewatkan. Selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, wisata bersama dengan teman-teman di luar pengurus tentu sangatlah baik sehingga kita bisa menambah teman sebanyak mungkin dari berbagai bangsa, selain juga Pengurus DWP KBRI London dan tim redaksi Buletin yang memang belum pernah melihat dan berkunjung ke Hatfiled House, yang tidak lain adalah ‘rumah megah’ dari Ratu Elizabeth I. Bersama dengan Penasihat DWP KBRI London, Ibu Risandrani Thamrin, beserta Ibu Hanna Sastrawan, Ny. Lita Winadi, Ny. Farah Novan dan Ny. Titi Iman pada hari Kamis 22 Mei 2008 yang cerah kami sempatkan untuk jalan-jalan ke rumah yang terkenal ini. Hanya dengan menempuh waktu sekitar kurang dari 45 menit dari London akhirnya kami tiba di Hatfield House.

Hatfield House berada di Hertfordshire dengan jarak hanya 21 mil di utara kota London, Hatfield House memberi kesempatan kepada pengunjung untuk dapat menikmati kemegahan khas “Victorian/Elizabethan” dengan koleksi bersejarahnya seperti lukisan-lukisannya, ukiran-ukiran tangga dari kayu, koleksi buku-buku kuno terdiri lebih dari 10.000 buku, furniture dan lain-lain. Tur berkeliling dalam bangunan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Juga yang tak kalah menariknya adalah taman-taman di sekitarnya yang sangat indah. Hatfield House didirikan oleh Robert Cecil, Earl I dari Salisbury dan Chief Minister dari Raja King James I pada tahun 1611. Rumah ini menjadi kediaman hingga keturunan bangsawan Salisbury ke-7 dan bangunan ini berada dalam kepemilikan keluarga Cecil selama hampir 400 tahun.

Taman di Hatfield House sayang sekali untuk dilewatkan. Dibangun pada awal abad ke 17, Robet Cecil memperkerjakan John Tradescant untuk mengumpulkan tanaman-tanaman yang tidak bisa hidup di England. Taman-taman yang ada di sekitar Hatfield House yaitu Palace Knot Garden sangatlah indah, pengunjung memang tidak bisa langsung memasuki taman ini tapi bisa dilihat dari dekat melalui Lime Walk. Jangan lewatkan pula Scented Garden, Herb Garden dan West Parterre. Bagi anda yang ingin berpiknik, tempat ini adalah pilihan yang tepat selain disediakan area piknik anda pun bisa melihat dari dekat kijang-kijang dan aneka burung.

Apabila anda mencari tempat makan yang lezat, singgahlah di restaurant di sekitar area Hatfiled House, tidak ketinggalan pula berbelanja oleh-oleh di “Gift Shop” yang tersedia melengkapi acara wisata pengunjung ke Hatfiled House.

Pada bulan-bulan tertentu seperti bulan Mei sampai Agustus, banyak sekali event menarik yang bisa anda dan keluarga kunjungi seperti The Hatfiled Banquet, The Festival of Living Crafts, Rose Weekend, Battle Proms Concert, Art in Clay, Hatfield House Country Show dan masih banyak lagi acara-acara menarik lainnya. Untuk keterangan lebih lanjut anda bisa log in ke http://www.hatfield-house.co.uk.

Selamat berwisata!

Oleh Lita Winadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s