Pantai di Bangka Belitung

Dalam rangka Visit Indonesia 2008 redaksi wisata bulan ini mengangkat tema Pantai di Timur Indonesia yang tidak kalah cantiknya dengan pantai-pantai yang berada di kepulauan lainnya di Indonesia. Salah satunya yang berada di Propinsi Bangka Belitung. Kami yakin anda akan terkesan setelah membaca sekilas pantai yang berada di Belitung Timur ini. Tidak ada salahnya anda berkunjung ke pantai di Belitung Timur bersama keluarga menjelang liburan tahun ini. Kami tampilkan beberapa Pantai yang menarik untuk dikunjungi, antara lain:

Pantai Serdang 

Pantai ini berada persis di kota Manggar, pantai yang berpasir putih ini terletak di sebelah timur Kota Manggar. Atraksi menarik dari tempat ini adalah Kater yaitu lomba perahu nelayan. Pada saat ini Kater dilakukan oleh perahu kecil yang ditumpangi oleh 1-2 orang nelayan untuk menangkap ikan di laut lepas. Bentuk kater sangat unik dengan 2 bambu lengan di masing-masing badan perahu untuk menstabilkan kapal. Dekat pantai ada teluk, yang hanya kelihatan seperti danau. Ada beberapa kedai kopi di sepanjang teluk ini yang juga  cukup populer untuk  bermain ski air.

 

Pantai Punai 
Pantai yang sangat indah terletak di desa Tanjung Kelumpang sekitar 60 km dari selatan Manggar ini adalah pantai dengan pasir putih lainnya yang berada di Belitung Timur. Di pantai ada pulau kecil bernama Punai yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki melintas laut. Tanjung Kelumpang sendiri dikenal sebagai penghasil kelapa dan hasil laut. Pada hari tertentu seperti Lebaran, tempat ini terkenal dengan pertunjukan dangdut tradisional, dimana ribuan pengunjung seharian bisa menikmati  pantai dan pertunjukan tersebut. Ada banyak batu granit kecil di tempat ini seperti anda lihat di gambar. Didekat pantai Punai ada juga pulau kecil lainnya yaitu Pulau Pandan yang juga bisa ditempuh dengan berjalan kaki melintas air laut yang dangkal. Sebelum pasca liburan, tempat ini sepi dan biasanya dipakai oleh nelayan sebagai pelabuhan perikanan di desa Tanjung Kelumpang. Seperti banyak dikatakan orang bahwa ikan hasil tangkapan dari daerah ini sangat istimewa, kami sarankan anda untuk tidak melewatkan kesempatan ini untuk mencicipi ikan segar yang benar-benar diambil dari laut.


Burung Mandi

Burung Mandi adalah teluk berpasir putih berada di desa Mengkubang/ Damar. Daerah ini merupakan bagian dari ibukota Manggar. Burung Mandi bisa di tempuh dengan jarak kurang dari 20 menit dengan kendaraan dari Manggar. Burung Mandi  juga digunakan sebagai nama gunung yang persis letaknya di belakang pantai ini. Kombinasi dari gunung dan pantai ini membuat pemandangan yang berbeda dari pantai-pantai lainnya yang ada di Belitung Timur. Pasirnya putih dan ombaknya tidak terlalu tinggi/kuat. Pengunjung bisa berenang dan bermain di air laut. Terdapat pemandangan yang sangat menakjubkan yaitu kombinasi dari pantai pasir putih beserta gunung di belakangnya. Burung Mandi biasanya ramai di kunjungi setiap akhir pekan. Untuk sebagian besar orang keturunan Cina, Burung Mandi juga dikenal dengan candi besar Budha yang tepat berada di atas gunung dengan muka menghadap ke laut. Pantai ini sangat padat dan ramai pada saat Tahun Baru Cina.

 

Oleh Lita Winadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s