Arak-arakan Api Olimpiade Beijing 2008 melalui Kota London

 

Perhelatan besar yang merupakan pesta olah raga sedunia yang terkenal dengan nama “Olimpiade”, tahun  ini akan diadakan di Beijing, China pada tanggal 8 sampai dengan 24 Agustus 2008 nanti. 

Api  Olimpiade yang akan dinyalakan selama Olimpiade berlangsung   menurut rencana akan singgah di kota London, menjadikan kota London sebagai salah satu dari 19 kota di luar Cina yang akan dilalui oleh ikon Olimpiade ini.

Obor Olimpiade 2008 telah dinyalakan pada tanggal 24 Maret 2008 di Olimpia, Yunani dan saat ini telah di bawa lari secara estafet ke sejumlah kota di dunia, dan  akan  melalui kota London pada tanggal 6 April 2008. Rencananya obor ini akan dibawa lari mengelilingi kota London oleh peraih 2 medali emas pelari jarak menengah  Olimpiade tahun lalu, Dame Kelly Holmes,  pembaca berita Sir Trevor Mc. Donald, pemain biola klasik Vanessa Mae dan aktris Amara Karan serta beberapa pemusik dan selebriti terkenal  Inggris lainnya.

Anak-anak pelajar di kota Inggris juga akan menyambut arak-arakan obor Olimpiade 2008 ini di sepanjang jalan yang dilalui oleh arak-arakan.

Stadium Wembley  merupakan “starting point” rute perjalanan obor Olimpiade  di kota London yang dimulai pada pukul 10.30 dan akan melalui 10 bagian kota London sebelum berakhir di Arena O2, dimana pesta penyambutan Obor Olimpiade ini akan diadakan. Tentunya rute perjalanan arak-arakan obor Olipiade ini akan juga melalui tempat-tempat penting pusat keramaian di kota London misalnya Notting Hill, Marble Arch, Oxford Street, Trafalgar Square, the South Bank, pusat kota London, dan wilayah utara London. Di antara arak-arakan tersebut juga akan dipersembahkan beberapa pertunjukan menarik  yang akan ikut memeriahkan acara penting ini. “Light the Passion, Share the Dream” adalah merupakan slogan yang dipakai pada pesta olah raga dunia tahun 2008 ini.

Api obor Olimpiade ini akan mengelilingi 19 kota di 19 negara yang berada di lima benua di dunia dengan jarak tempuh 137.000 kilometer, merupakan jarak tempuh yang terjauh yang akan dilalui oleh api olimpiade dengan melibatkan 200.000 pembawa obor dan memakan  waktu selama 130 hari sebelum tiba di Beijing tepat pada hari pembukaan Olimpiade di stadion Nasional yang lebih dikenal dengan sebutan “Sarang Burung”

Selama Olimpiade berlangsung, biasanya api Olimpiade yang merupakan lambang Olimpiade akan terus menyala di stadion olah raga dimana acara Olimpiade tersebut dipusatkan dan akan dipadamkan pada saat acara Olimpiade  berakhir.

Oleh Farah Dewi Novan

Sumber: http://www.london.gov.uk/torchrelay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s