Serba-serbi SPA

Sesekali kita boleh memanjakan diri kita dengan spa, selain untuk mengendurkan urat syaraf yang lelah spa juga baik untuk kesehatan. Tips dan info yang dibahas bulan ini adalah spa yang ternyata menarik untuk diketahui. Tulisan yang kami kutip dari http://damaispa.com/spa.html rasanya layak untuk anda baca. Setelah membacanya mudah-mudahan anda tergerak untuk segera ber spa, anggap saja ini ‘treat’ khusus untuk anda kaum ibu pada Mother’s Day di bulan Maret ini.

Apa itu SPA

Apa itu SPA? SPA berasal dari kata “Solus Per Aqua” di dalam bahasa Latin artinya “kesehatan melalui air”. Lazimnya, SPA dikaitkan dengan ketenangan dan sudah menjadi hal lumrah atau diperlukan, untuk mendapatkan ketenangan, manusia akan mengakaitkannya dengan “air”. Dalam perspektif lain, semua perawatan kesehatan tubuh/badan dengan menggunakan air juga dikenali sebagai “Hidroterapi”.  

Sejarah SPA

Kembali ke zaman kegemilangan Kerajaan Rome 3000 tahun yang lalu, mulanya pusat rawatan SPA menggunakan “pancuran air panas semulajadi” digunakan oleh askar – askar untuk merehat dan merawat badan dan luka selepas berperang. Hingga kemudianya mulai terkenal kemudian diwujudkan berupa pusat SPA yang hanya dikhususkan untuk golongan bangsawan. SPA tertua Rome di Merano masih ada sampai sekarang, yang membuktikan Itali hingga kini pengguna mata air sebagai Hidroterapi semanjak ribuan tahun dahulu.

Di Bath, England, SPA di katakan sudah ada sebelum zaman kerajaan Rom dan hanya menggunakan mata air panas  dengan suhu setinggi 120 F. Kebanyakan SPA di benua Eropa yang dibina pada kurun abad ke 18 & 19 dikelilingi dengan pemandangan indah separti gunung dan tasik.

Di Amerika  serikat, SPA tertua terletak di Saratoga Fort Springs, New York yang pada asalnya digunakan oleh kaum “Mohawk” Indian di Amerika Utara. Bermula di tahun 1970, SPA telah dikomersilkan dengan menyediakan beberapa kemudahan seperti penginapan dll.

Kini, pada abad ke-21, masyarakat mula menyadari pentingnya hidroterapi dalam meningkatkan tahap kesehatan dan mulai menjadikan SPA sebagai tempat kunjungan utama. Menurut statistik kadar kunjungan ke SPA di antara wanita dan lelaki adalah 60/40. Moden SPA kini menawarkan berbagai pelayanan perawatan kecantikan hingga ke Hidroterapi.

 

Asal usul mandi uap

Asal usul mandi uap sudah dilakukan semenjak beberapa ribu tahun yang lalu. Di zaman Empire Greek, mandi uap sudah lama dikenal olah masyarakant Rome dengan sebutan “Sudatorium”. Di zaman masyarakat empire Turki (Persia), tempat mandi uap awam dikenali  sebagi “Hamam”, manakala di Rusia, dikenal dengan “Banja”. Dengan arti kata, mandi uap sudah manjadi sebahagian dari cara hidup masyarakat lampau untuk menjaga kesehatan.

Kesan mandi uap herbal

Uap herbal memberi kesan  positif kepada system “kadiovaskular”. Sewaktu mandi uap, kadar pernafasan dan denyut nadi akan meningkat dari 75 denyut /menit menjadi 100-150/menit jika dilakukan mandi uap selama 15-20 menit. Ini akan meningkatkan perjalanan darah (bukan tekanan darah) karena hawa dari uap air menyebabkan saluran darah yang halus di bawah kulit mengembang untuk menampung peningkatan pengaliran darah ke seluruh badan. Prosess ini akan membolehkan badan mengagihkan lebih banyak zat/ nutrient terutamanya kepada bagiann kulit dan menggantikan sel-sel yang telah mati. Oleh itu, kesan yang amat ketara sekali adalah anda akan kelihatan lebih segar / muda selama beberapa jam setelah anda mandi uap.

Uap membuka rongga roma, mengeluarkan segala kotoran atau toksin dalam kulit, menjadikan kulit anda lebih sehat dan menjadikan rambut bertambah segar, lebat dan sehat.

Uap juga akan masuk ke rongga pernafasan dan terus ke sistem perjalanan darah atau fungsi organ sehingga memberikan reaksi ke badan. Dari segi kesehatan, uap yang masuk melalui rongga pernafasan ini amat baik untuk penderita resdung (sinus), bronchitis (radang paru-paru) dan asma (lelah). Khasiat – khasiat lain adalah melancarkan perjalanan darah dan menguatkan sistem imunisasi badan, baik dilakukan selepas bersalin, mengembalikan bentuk tubuh badan serta mencairkan lemak, menggantikan sel-sel yang telah mati dan memberi kesegaran kepada kulit, terbaik ialah menghilangkan stress dan menjadikan anda sentiasa kelihatan segar dan muda. Selamat mencoba!

Sumber : http://damaispa.com/spa.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s