Mother’s Day

                                    

Seperti di Indonesia dan belahan dunia lainnya, masyarakat di Inggris Raya pun merayakan Mother’s Day atau disebut juga “Mothering Sunday”, dengan latar belakang sejarah yang berbeda dengan peringatan Hari Ibu di Indonesia. Mother’s Day di UK tiap tahunnya dirayakan pada tanggal yang berbeda, yaitu pada hari Minggu ke-4 “Lent” (periode 40 hari sebelum Hari Paskah). Perayaan yang dimaknai untuk menghormati para ibu kali ini jatuh pada hari Minggu, 2 Maret 2008.

Bermula dari masa lalu sekitar abad ke-16 hingga sekarang umat Kristiani di UK mempraktekkan untuk mengunjungi gereja ibu mereka setiap tahunnya, juga sebagai penghormatan kepada Bunda Maria, ibunda dari Yesus Kristus. Datangnya orang-orang ke gereja ini sekaligus menjadi sebuah ajang reuni keluarga. Bahkan banyak pekerja khusus meminta cuti untuk pulang kampung agar merka dapat berkumpul bersama ibu dan keluarga.

Biasanya dalam perayaan ini para ibu menerima sesuatu dari putra-putrinya yang dapat berupa hadiah, bunga, kue atau kartu ucapan buatan sendiri. Saat ini para pelaku bisnis berlomba-lomba menyediakan hadiah. Aneka hadiah ditawarkan di pusat-pusat perbelanjaan dan berbagai situs di internet. Umumnya jenis bunga yang popular untuk Mother’s Day adalah bunga mawar, anyelir, dan krisan.  Sedangkan kue yang khas adalah kue terbuat dari kacang almond yang disebut sebagai “Mothering Cake atau “Simnel Cake”.

* Oleh Titi Iman 

Sumber:  

http://www.mothersdaycelebration.com

http://www.mothersdayworld.com

http://www.bbc.co.uk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s