Romantic Dinner

Sesekali memanjakan pasangan dengan makan malam romantis tentunya bisa menjadi penghangat cinta. Romantis atau tidaknya di antaranya didukung oleh cara penyajian dan pilihan menu yang kita sajikan. Tak ada salahnya menata rumah dengan nuansa lain, atau menambahkan rangkaian bunga cantik dan lilin di meja makan, yang tentu akan menjadi kejutan manis untuk suami. Jika perlu, “singkirkan” dulu anak-anak saat “romantic dinner”, entah menitipkannya pada saudara, orang tua, ataupun saat kebetulan mereka sedang ada acara di luar rumah bersama keluarga teman. Berikut kami tampilkan resep makan malam romantis untuk disantap berdua saja. Jangan lupa, yang paling utama menciptakan nuansa romantis adalah suasana hati yang penuh cinta.

emoticon Asparagus with Egg and Truffle Butter 

Bahan:

2 buah telor

50 gram mentega, kocok ringan

Truffle oil (secukupnya jika perlu)

250 gram asparagus segar, bersihkan

Garam

Lada hitam

Cara Membuat:

  1. Rebus telor selama 10 menit atau lebih hingga matang. Dinginkan dengan merendamnya ke dalam air dingin, kemudian kupas. Belah dua telor, ambil bagian kuningnya. Kemudian potong halus putih telor, sisihkan.
  2. Aduk kuning telor dengan mentega hingga tercampur rata dan lembut. Masukkan satu atau dua tetes truffle oil, tambahkan garam. Tutup dan simpan dalam temperatur ruangan.
  3. Kukus asparagus selama 12 menit hingga matang.
  4. Tata asparagus dalam dua buah piring (sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu). Taburkan potongan putih telor, garam dan lada hitam. Sajikan dengan campuran kuning telor dan mentega, yang bisa diletakkan di atas asparagus dan dibiarkan hingga meleleh, atau disajikan dalam wadah kecil tersendiri.

*Untuk dua orang Note: Truffle oil adalah sebuah pilihan yang bisa dipakai ataupun tidak. Dengan bahan dasar olive oil, truffle oil adalah salah satu bahan yang digunakan dalam dunia kuliner modern pada olahan menu makan malam. Aroma jamur yang terasa dalam truffle oil muncul dari paduan bahan sintetis tertentu, dan ada beberapa yang dibuat dari hasil pengolahan jamur.

emoticon Fresh Oyster with Thai Dressing

Bahan:

12 buah oyster segar

Es batu yang dicetak berbentuk kubus kecil (untuk menyajikan)

Thai dressing:

1 tangkai serai, iris halus1 lembar daun jeruk, iris halus

1 sendok makan Thai fish sauce

3/4 sendok makan perasan jeruk limau

3/4 sendok makan mirin (sejenis bahan berbahan alkohol yang umum dipakai dalam masakan jepang) – dapat diganti dengan campuran jus anggur dan lemon1/2 sendok teh gula halus3 cm ketimun, kupas dan potong dadu kecil-kecil

Daun ketumbar secukupnya.

Cara membuat:

  1. Untuk membuah dressing, blender halus serai, daun jeruk, perasan jeruk, mirin (atau jus anggur dan lemon), gula, dan 1 sendok makan air. Sisihkan selama 2 jam.Kemudian campurkan dengan potongan ketimun dan daun ketumbar.
  2. Buka cangkang oyster dengan cara meletakkan sisi bawah oyster pada permukaan yang rata, sisipkan pisau di antara cangkang, dan congkel hingga cangkang atas oyster terbuka dan lepas.
  3. Siramkan dressing di atas oyster, sajikan segera di atas es batu yang telah ditata di atas piring saji.

emoticon Rack of Lamb 

Bahan:Iga kambing muda250 gram bayam, seduh sesaat dengan air panas hingga agak layu

Sirup:1 sendok makan redcurrent jelly75 ml sherry (sejenis minuman beralkohol) – dapat diganti dengan jus apel, orange, atau nanas.

75 ml sherry vinegar – dapat diganti dengan apple cider vinegar

1,5 sendok makan gula

1 sendok makan kecap manis

1 tangkai rosemary

1 buah bawang putih, iris tipis

Saus:

15 gram mentega

75 ml white vermouth (sejenis bahan beralkohol beraroma rempah) – dapat diganti dengan jus apel, campuran air dengan jus lemon, atau balsamic vinegar

125 ml lamb atau chicken stock

Garam dan lada hitam.

Cara membuat:

  1. Rebus redcurrent jelly dalam panci atau wajan, masukkan sherry, vinegar, gula, kecap, rosemary dan 2 iris bawang putih hingga mendidih dan menjadi sirup.
  2. Ratakan sirup pada permukaan iga kambing, lalu masukkan ke dalam kantong plastik. Sisihkan, biarkan bumbu meresap selama 2 jam.
  3. Ketika telah siap memasak, sisihkan sisa sirup yang menempel pada iga kambing. Panggang iga kambing yang telah dibungkus dalam kitchen foil selama 10 menit. (Sebelumnya panaskan dulu oven dengan suhu 250 derajat celcius). Keluarkan dari oven, sisihkan dan simpan pada suhu hangat selama 2 jam.
    Untuk menyajikan, panaskan kembali iga kambing selama 8 menit dengan oven pada suhu tinggi. Kemudian potong-potong iga di antara tulangnya.
    Tata bayam yang telah matang pada dua buah piring, lalu letakkan dua iris iga kambing di atasnya dengan posisi tulang menyilang di atas.
    Untuk membuat saus, panaskan mentega di atas api, masukkan vermouth, didihkan hingga tersisa separuh adonan. Masukkan sisa sirup yang digunakan untuk olesan iga kambing, didihkan hingga adonan tercampur rata. Tambahkan garam dan lada hitam, siramkan di atas iga kambing, sajikan segera.

emoticon Strawberies and Cherries in Chocolate

Bahan:

250 gr strawberry (yang bertangkai)

250 gr cherry (yang bertangkai)

30 gr milk chocolate, haluskan 30 gr white chocolate, sisihkan 30 gr plain chocolate, haluskan

Cara Membuat:

  1. Pisahkan strawberry dan cerry menjadi 3 bagian yang sama. Masukkan milk chocolate ke dalam mangkuk tahan panas, letakkan dalam panci kukus hingga coklat meleleh. Hindarkan air terciprat ke dalam coklat.
  2. Ambil 1 bagian buah, celupkan satu per satu ke dalam lelehan coklat, kecuali pada bagian atas buah dan tangkai. Letakkan di atas permukaan datar yang dilapisi kertas kue.
  3. Lelehkan white chocolate dan plain chocolate dengan cara yang sama, celupkan 2 bagian buah dengan cara yang sama pula. Sisihkan dan dinginkan buah yang telah dilapisi coklat selama 1 jam.
  4. Untuk menyajikan, letakkan buah pada mini muffin case. Atau bisa juga menata buah di atas piring saji.

*Resep diterjemahkan dan dimodifikasi dari “Food for Lovers” by Ryland Peters & Small oleh Shinta Samudera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s