MENCARI KETENANGAN DI KEPULAUAN SERIBU

 

Menyambut program Departemen Kebudayaan dan Pariwisiata RI “Visit Indonesia Year 2008”, untuk edisi tahun baru kali ini kami tengahkan artikel wisata Kepulauan Seribu yang dapat menjadi tujuan wisata Anda berlibur bersama keluarga. Sebelum Anda ke sana, mari mengenal lebih dekat tentang kepulauan ini.

Berlokasi sekitar 45 km di sebelah utara teluk Jakarta, terdiri dari sekitar 105 pulau-pulau kecil yang terbagi atas dua wilayah yakni Kepulauan Seribu Utara dan Kepulauan Seribu Selatan. Pusat pemerintahan kabupaten berada di Pulau Pramuka. Pulau yang menjadi tujuan wisata antara lain Pulau Kahyangan, Pulau Pabelokan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Edam, Pualu Kelor, Pulau Rambut, Pulau Ayer, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, Pulau Bira Besar, Pulau Kotok, Pulau Pelangi dan masih banyak lagi. Kepulauan Seribu juga merupakan kawasan taman nasional laut, artinya kepulauan ini menjadi zona konservasi yang pengembangannya menitikberatkan pada pengembangan budi daya laut dan pariwisata.

Bingung menentukan tujuan pulau wisata? Sebaiknya tentukan prioritas kegiatan, biaya, waktu dan jarak yang ingin Anda tempuh. Konon, semakin jauh dari teluk Jakarta, semakin bersih pula pulau beserta pantai dan lautnya. Pulau yang terdekat dengan Marina Ancol adalah Pulau Bidadari, hanya memakan waktu 20 menit dengan menggunakan “speedboat”. Suasananya cukup hening, cocok untuk melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk Jakarta. Pulau ini ideal untuk Anda berlibur bersama keluarga karena fasilitas rekreasi yang cukup lengkap seperti memancing dan olah raga. Di sini dapat juga dijadikan tempat untuk mengadakan suatu rapat perusahaan. Jangan lupa untuk mengunjungi reruntuhan benteng jaman Belanda yang bernama “Martello Tower”.

Pulau Ayer disebut juga sebagai Mutiaranya Kepulauan Seribu karena keindahan alam pantainya. Berjarak cukup dekat sekitar 30 menit dengan “speedboat’ dari Marina Ancol di pier 16. Seluruh pulau dengan cottage-nya berarsitekturkan nuansa suku Asmat. Didukung dengan fasilitas rekreasi yang komplet, sehingga cukup seru dan asyik pergi bersama keluarga. Dari bermain di pantai yang berpasir putih, memancing di waktu malam, volley pantai, mendayung kano atau kayak, banana boat, sepeda air, sampai berjetski ria dapat menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu. Tersedia pula playground untuk anak.

Pulau yang letaknya cukup jauh adalah Pulau Puteri, sekitar 2 jam dari Marina Ancol pier 9. Anda dapat mengikuti “one day trip’, jadi tidak perlu menginap di resor ini. Memiliki pantai berpasir putih nan cantik dan terdapat akuarium ikan hias dan akuarium bawah laut “Underwater Tunnel Aquarium” di dermaganya. Anda juga bisa naik “glass-bottom boat” dimana dapat disaksikan pemandangan dunia bawah laut yang menakjubkan. Terlihat terumbu karang dengan berbagai bentuk dan ukuran. Bagi yang gemar “snorkling” dan “diving”, jangan Anda lewatkan. Resor ini menyewakan peralatan snorkling, sedangkan untuk menyelam tidak tersedia penyewaan peralatan jadi kita harus membawa sendiri dari daratan Jakarta.

“Entry point’ ke pulau-pulau resor biasanya dari dermaga wisata Marina Ancol dengan menggunakan kapal “speedboat”. Pengunjung cukup menyampaikan tujuan pulau kepada petugas dan nantinya akan memberitahu di pier mana harus naik. Kapal dari Marina Ancol umumnya berangkat pada pagi hari pukul 08.00 atau 09:00 dan jangan lupa untuk mengecek jadwal kepulangan agar Anda tidak ketinggalan kapal. Jadwal kembali kapal berbeda-beda untuk masing-masing pulau resor.  Selamat berlibur!

 

* oleh Titi Iman

Diringkas dari berbagai sumber. Sumber bahan dan gambar antara lain diambil dari:

http://pulauseribujakarta.wordpress.com/ dan

http://www.pulauseribujakarta.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s