Toko Buku di London

 

Bagi para book lover, kota London adalah satu surganya. Jika Anda berkunjung apalagi menetap, jangan lewatkan kesempatan untuk melengkapi koleksi buku Anda. Jenis buku apa pun hampir dipastikan bisa Anda temukan di kota ini. Tersebar dari aneka toko buku khusus, pasar buku, toko buku bekas, pameran buku, hingga toko buku besar yang sudah terkenal.

Toko buku seperti WH Smith, Borders, Books etc dan Waterstone’s pastinya sudah Anda kenal.  Toko-toko ini memiliki persediaan dalam jumlah banyak untuk buku teranyar (bestseller) dan juga menyediakan berbagai buku khusus untuk peminat tertentu. Tersedia café dan tempat duduk yang nyaman membuat Anda betah untuk berlama-lama memilih buku. Waterstone’s cabang Picadilly dengan 6 lantainya dilengkapi pula dengan restauran, gift shop dan art gallery.  Foyles Bookshop di Charring Cross (5 lantai) selalu diminati pengunjung. Di toko unik yang baru-baru ini diperbaharui masih menjaga reputasinya dengan maraknya memberikan penawaran. Pengunjung dapat pula bersantai sembari minum kopi, teh  atau mengakses internet via Wi-Fi. Untuk buku akademis, Blackwells dengan cabangnya di Charing Cross dapat menjadi pilihan Anda, sangat lengkap karena menyediakan buku dari berbagai disiplin ilmu.

Toko buku khusus, seperti Standford’s di Covent Garden yang dibuka sejak tahun 1901 sangat cocok bagi para traveller. Dipenuhi banyak pilihan peta, literatur sampai peralatan untuk bepergian.  Travel Bookshop di Notting Hill cukup terkenal karena menyediakan literatur dan petunjuk perjalanan dari setiap Negara di seluruh dunia. Toko buku ini juga mengilhami film terkenal Notting Hill yang dibintangi Hugh Grant dan Julia Roberts. Untuk belajar bahasa asing, Grant & Cutler di Soho menyediakan buku sastra dengan bahasa setempat dan bahasa asing lainnya, juga berbagai film dari seluruh dunia dalam bentuk DVD. Toko buku Murder One, Leceister Square, lengkap dengan berbagai buku misteri.  Di Mayfair, toko buku Bernard J Shapero Rare Books khusus meyediakan buku antik yang langka ditemukan.

Buku dengan harga miring dapat Anda peroleh di toko buku bekas. Menelusuri jalan sepanjang Museum Street, Cecil Court atau Charing Cross Road akan banyak Anda temukan. Di daerah Highgate, toko buku Fisher & Sperr khusus menjual buku sejarah kuno dan modern, sastra, travel dan filsafat. Jika Anda ingin beramal, Oxfam Bookshop yang ada di banyak lokasi juga menyediakan berbagai pilihan. Toko buku Biblion yang berada di dalam Gray Antique Market, West End, adalah salah satu tujuan wajib kunjung bagi pecinta buku, dimana Anda dapat membeli buku baik baru ataupun bekas, buku out-of-print, buku langka, surat kabar, majalah, jurnal dan textbook.

Di bawah jembatan Waterloo dibawah sekitar BFI Southbank, setiap harinya menjual ratusan buku bekas dengan berbagai macam judul. Portobello Road Market, yang terkenal dengan penjual barang antik juga patut Anda datangi. Banyak penawaran eksklusif dari pedagang buku seperti buku bekas, peta, dan naskah.

Untuk Anda pencinta seni tidak ada tempat yang lebih baik selain mengunjungi museum atau galeri yang memiliki toko buku di dalamnya seperti the National Gallery, Tate Modern, Tate Britain, the Photographer’s Gallery dan the Victoria & Albert Museum. Bagi peminat arsitektur, Anda bisa pergi ke toko buku di New London Architecture di Store Street. Penggemar sejarah kemiliteran dapat mendatangi bookshop di Museum Imperial War Museum. Untuk pameran buku, satu kali dalam sebulan Hotel Russell menjadi penyelenggara Provincial Bookseller Fair. Anda dapat masuk ke arena pameran tanpa dipungut biaya. Pameran ini menjual aneka buku antik dan bekas dalam skala besar dimana penjualnya datang dari seluruh UK dan dunia.

* oleh Lita Winadi

Disari dari :

http://www.visitlondon.com/attractions/shopping/book-shops

Visit London/London Official Website

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s