Tips Membersihkan Sekitar Dapur

Membersihkan rumah dan sekitarnya serta peralatan rumah tangga bukan hanya suatu keharusan tapi kadang juga menyenangkan. Sebaiknya rumah dan bagian2nya serta peralatannya dibersihkan setiap hari. Berikut ini beberapa tip bersih-bersih sekitar dapur, semoga bermanfaat.

  • Cuci tangan sebelum dan sesudah memegang makanan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kontaminasi silang 
  • Mulailah dengan mencuci gelas dan terakhir mencuci peralatan yg sangat kotor seperti panci dan penggorengan. Untuk memudahkan mencuci panci dan penggorengan sebaiknya panci/penggorengan dicuci ketika masih dalam keadaan basah.

  • Untuk menghilangkan kotoran yang ada di panci, masukkan cuka putih ke dalamnya dan rebus selama 15 menit. 
  •  Cucilah piring dengan air sabun hangat dan bilas menyeluruh sampai bersih. Bila menggunakan mesin pencuci piring buanglah terlebih dahulu sisa2 makanan yang tertinggal dipiring.
  • Bersihkan segera permukaan talenan setelah dipakai. Disarankan agar menggunakan talenan yang berbeda untuk memotong daging mentah, daging matang, dan sayuran. 
  • Secara teratur ganti spons dan lap pembersih dengan yang baru,  dan usahakan agar lap selalu dalam keadaan bersih dan kering untuk menghindari timbulnya bakteri. Alternatif lain, disarankan menggunakan lap pembersih disposable. 
  • Lemari es hendaknya selalu dalam keadaan bersih dan dingin. 
  • Jika dapur berbau amis ikan, rebus 1/2 gelas cuka yang dicampur dengan 1/4 gelas air selama 5-10 menit, bau amis akan hilang.
  • Bersihkan peralatan makan yang terbuat dari plastik dengan merendamnya di dalam air yang dicampur baking soda selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. 
  • Untuk membersihkan peralatan dapur yang terbuat dari aluminium yang telah menjadi hitam, rebuslah air, campur dengan 2 sendok krim tartar. Rebus selama 10 menit lalu gosok.
  • Taburkan tepung di atas tumpahan minyak atau lemak lalu gosok. Minyak atau lemak akan mudah lepas dan hilang. Tepung dapat meresap minyak dan mencegah pula menjalar ke tempat lain. Tapi ingat, jangan coba membersihkan dengan serbet kertas atau kain. 
  • Oven sering dilekati lemak. Untuk membersihkannya, taburilah garam saat oven masih panas. Setelah dingin, sikatlah dengan sikat kasar. Bagian dalam oven dapat dibersihkan tanpa menggores lapisannya. Caranya: bubuhkan sedikit bikarbonat soda yang telah halus di atas spon lembap dan gosokkan.

* oleh Vidya M Sihbudi

Sumber :

–  AISE (Association Internationale de la savonnerie, de la détergence et des Produits d’Entretien)

–  Tabloid Nova

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s