The Lord Mayor’s Show 2007

Pada Sabtu 10 November 2007 bulan ini, sebuah show sangat menarik dapat menjadi pilihan kegiatan mengisi weekend bersama keluarga, yaitu The Lord Mayor’s Show. Pada 2006 lalu, lebih dari 6000 orang terlibat dalam Lord Mayor’s Show, termasuk 180 kendaraan, 66 pelampung, 21 marching bands, 21 kereta kuda termasuk State Coach (kereta yang akan ditumpangi oleh the Lord Mayor), dan tentu saja figur penjaga kota yang berukuran sangat besar yaitu Gog dan Magog.

The Lords Mayor’s show telah berlangsung selama hampir 800 tahun dalam sejarah London. Di abad ke-21 show ini menjadi peristiwa besar dimana lebih dari setengah juta orang menyaksikan secara langsung, dan jutaan lainnya menyaksikan melalui televisi BBC.

The Lord Mayor (Walikota) yang terpilih akan menjalani prosesi mulai jam 11.00, diawali dengan dua menit mengenang Armistice Day, bermula di Guildhall menuju St Paul’s Chatedral dimana The Lord Mayor akan menerima berkat. Perjalanan dilanjutkan menuju Royal Court of Justice dimana the Lord Mayor bersumpah setia.

Prosesi berhenti sejenak saat the Lord Mayor melakukan sumpah. Pada jam 13.00 perjalanan kembali dilaksanakan dengan rute melalui Victoria Embankment menuju Mansion House, dimana the Lord Mayor yang telah kembali bersumpah tiba untuk disambut oleh anggota Dewan Kota dan Livery Company Masters dengan pakaiannya yang penuh warna.

Prosesi ini diakhiri dengan pertunjukan kembang api yang merupakan salah satu paling spektakuler di London pada pukul 5 sore dari perahu-perahu yang ditambatkan di sungai Thames antara Blackfriars dan jembatan Waterloo.

Lebih dari setengah ton kembang api berukuran raksasa ditembakkan ke udara. Beberapa di antaranya ditembakkan hingga lebih dari 600 kaki ke udara sebelum meledak. Tempat terbaik untuk menyaksikan pertunjukan ini adalah di sekitar Victoria Embankment. Jalan raya akan ditutup sehingga tersedia tempat yang cukup luas untuk menyaksikan pertunjukan ini. Bisa juga menyaksikan dari Blackfriars atau jembatan Waterloo, meskipun tempat yang tersedia lebih sempit.

Jadwal acara per jam detailnya dapat dilihat di

http://www.lordmayorsshow.org/visitors/procession/timings.

Sejarah The Lord Mayor’s Show di http://www.lordmayorsshow.org/visitors/history.

*Dirangkum oleh Shinta Samudera dengan sumber: http://www.lordmayorsshow.org/

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s