TETAP HANGAT SELAMA MUSIM DINGIN

Cegah flu dengan memanfaatkan flu jab (suntikan anti flu): Walaupun Anda tetap merasa fit dan sehat, namun jika Anda termasuk kelompok yang beresiko tinggi, dapatkan flu jab gratis di dokter / GP atau apotik di wilayah tinggal Anda.

Hangatkan selalu rumah Anda: Periksa pemanas rumah apakah bekerja dengan baik. Beberapa penyalur memberikan pemeriksaan gratis. Sebisa mungkin jaga suhu pada 21 derajat Celcius (70 F) di ruang yang Anda gunakan pada siang hari. Jika tidak memungkinkan jagalah suhu ruang keluarga dan hangatkan kamar sebelum tidur. Gunakan botol air hangat atau selimut listrik untuk mendapatkan panas ekstra.

Dapatkan bantuan dana: Bagi Anda yang layak mendapatkan bantuan ini, Warm Front Scheme memberikan jaminan untuk membuat rumah tetap hangat (Tel :0800 72 0151). Juga tersedia Winter Fuel Payments bagi yang layak mendapatnya (Tel : 08459 15 1 5 15).

Berpakaian secukupnya: Di dalam rumah gunakan pakaian berlapis. Jika keluar rumah jangan segan menggunakan mantel, sarung tangan, scarf dan topi.

Makan seimbang: Minumlah air hangat pada hari-hari dingin termasuk sebelum tidur dan makan makanan yang hangat paling tidak sekali sehari.

Tetap bergerak: Setiap gerakan atau kegiatan akan membuat tubuh Anda hangat. Bagilah pekerjaan rumah tangga dalam satu hari sehingga memungkinkan Anda memiliki waktu beristirahat di sela-sela kegiatan Anda.

Berhenti merokok: Dengan berhenti merokok berarti Anda mendorong kesehatan Anda, mengurangi resiko serangan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah.

Cermati tetangga: Jika di lingkungan tempat tinggal Anda ada orang tua, cermati mereka lebih sering pada musim dingin ini untuk meyakinkan mereka tetap sehat dan aman.

 *Oleh Dara Arief, sumber : Harrow Observer, 11 Oktober 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s