MENYUSURI SUNGAI THAMES DI KOTA LONDON

 

London adalah salah satu kota di dunia yang istimewa karena penuh dengan sejarah. Banyak sekali obyek wisata yang patut dikunjungi. Suatu hari kami sepakat untuk mengenal kota ini lebih jauh. Cukup bingung menentukan lokasi mana yang ingin dijelajahi terlebih dahulu. Akhirnya di hari yang cerah itu menyaksikan keindahan sepanjang sungai Thames di musim gugur  ini  menjadi pilihan kami.    

Mencapai sungai Thames sangatlah mudah menggunakan seluruh sistem transportasi yang ada di kota London, dapat melalui bis, ‘tube’ (kereta bawah tanah kota London), perahu atau British Railway bagi Anda berasal dari luar kota. Sebelumnya kami berkumpul di depan Marks & Spencer di Oxford Street. Untuk menghemat waktu melesatlah kami dengan menggunakan tube dari stasiun Bond Street menuju wilayah Westminster. Petualangan kami dimulai dari titik ‘start’ Westminter Bridge. Kali ini kami tidak menyeberangi jembatan ini, melainkan berjalan kaki di sisi ‘north bank’. Terlihat pemandangan indah the London Eye (Millenium Wheel) dan the County Hall, di kejauhan terlihat Katedral St. Paul dan gedung-gedung pencakar langit di daerah Docklands.

Melewati Westminter Pier, dermaga jika ingin ber-‘cruise’ ria, kami berjalan perlahan menikmati bangunan antik yang bediri anggun di sepanjang Victoria Embankment sekitar Whitehall. Kemudian kami menyeberangi sungai Thames melalui Hungerford Bridge yang merupakan gabungan antara jembatan untuk pejalan kaki dan lintasan kereta api, pertama dibuka pada tahun 1845. Pemandangan yang tampak ke semua arah sungguh impresif walaupun sedikit terhalang oleh jembatan kereta api. Parliament House dengan Big Ben-nya terlihat megah. Tak lupa kami berpose sejenak di jembatan ini walaupun berusaha agar wajah tetap terlihat ceria namun tak terhindarkan mata dan dahi sedikit berkerut karena silaunya sinar matahari, tak satu pun dari kami yang membawa kaca mata hitam rupanya.

Sesampainya di bagian ‘south bank’ berjejeran berbagai toko, café’ dan restauran. Di kesempatan itu ternyata sedang berlangsung pameran air mancur unik yang airnya mengalir keluar dari mulut patung berupa orang. Beberapa ibu berfoto meniru gaya patung tersebut, kami tertawa geli melihatnya. Tak jauh dari lokasi tersebut terdapat pula arena untuk para ‘skateboarder’ berlatih. Atraksi mereka yang memukau mengundang pejalan kaki berhenti sejenak untuk menyaksikan. Gerakan mereka kadang cukup mengerikan apalagi bagi kami, ‘bikin’ hati kami menciut dan merasa tua seketika karena tidak membayangkan untuk melakukan hal yang sama. Selain London Eye dan London Aquarium, di sisi ini kita juga dapat melihat the Royal Festival Hall, the Queen Elizabeth Hall, the National Theatre dan the Hayward Gallery sebelum sampai ke Waterloo Bridge. Bagi penggemar membaca, dapat mampir di pedagang buku bekas yang menempati sisi yang sama. Sepanjang pinggir sungai para pejalan kaki terlindungi oleh barisan pohon yang mulai menguning daunnya. Indahnya daun-daun yang berguguran yang kontras dengan hijaunya rumput mengundang kami untuk berfoto mengabadikannya.

Sejenak kami beristirahat di café ‘Les Pain’ yang terletak di ujung Hungerford Bridge. Saat pesanan kami datang, ada hal yang membuat kami ‘surprised’, ternyata minuman kopi bukan disajikan dalam sebuah cangkir seperti pada umumnya melainkan dalam mangkuk kecil untuk ‘soup’. Sementara cake dan roti disajikan di sebuah piring yang berbentuk talenan. Tentunya kami senang sekali artinya kami bisa mengobrol panjang lebar sambil ditemani sajian yang sungguh menggoyang lidah ini. Tak terasa matahari mulai tenggelam, terpaksa kami akhiri perjalanan sore itu. Walaupun belum banyak tempat yang bisa kami lalui, namun kami merasa cukup puas karena berkesempatan menyusuri sungai Thames yang indah dan romantis di pengawal musim gugur ini bersama-sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s