Informal Coffee Morning, 9 November 2007

 

Jumat pagi yang cerah di Wisma 17 Agustus, Brampton Grove – London, puluhan ladies dari berbagai latar belakang berkumpul bersama dalam Informal Coffee Morning yang diadakan oleh DWP KBRI London. Ibu Hanna Sastrawan sebagai penasehat DWP KBRI London menyampaikan kepada undangan yang hadir bahwa sifat dari coffee morning kali ini adalah informal, dengan harapan untuk menambah teman, memperluas pergaulan serta wawasan. Jadi untuk ke depan diharapkan host acara serupa dapat bergilir.

Diawali dengan sesi minum teh, kopi, dan beberapa kue ringan, undangan saling berkenalan dan berbagi cerita. Selanjutnya acara dibuka dengan sambutan informal dari tuan rumah, Ibu Hanna Sastrawan, yang sekaligus mengantarkan pada sesi selanjutnya, yaitu presentasi singkat Ny. Kestity Pringgoharjono dengan mengangkat hasil karyanya berupa buku Serat Centhini.

Selama kurang lebih 30 menit, Ny. Kesty memaparkan sejarah penulisan ulang dengan gaya modern kontemporer dari kitab aslinya menjadi sebuah buku Centhini Story yang diharapkan lebih mudah dipahami oleh generasi masa kini. Buku asli Serat Centhini ditulis dengan huruf Jawa berupa puisi dan lagu tentang budaya Jawa. Beliau juga memaparkan secara singkat isi dari buku ini kepada para hadirin. Kini, setelah Ny. Kesty menuliskan kembali Serat Centhini ke dalam Centhini Story yang berbahasa Inggris, budaya Jawa menjadi lebih mudah untuk dipahami berbagai kalangan.

Dilengkapi dengan menyaksikan ulasan Centhini Story dalam bentuk DVD, penjelasan tentang Centhini Story menjadi lebih lengkap. Beberapa pertanyaan dari undangan turut memeriahkan sesi ini. Tanpa terasa jam telah menunjukkan pukul 12.30 siang, dan satu persatu undangan berpamitan. Beberapa masih melanjutkan percakapan sambil kembali menyantap kue-kue dan minum teh/kopi.

Saat semua tamu telah berpamitan, kami menyadari bahwa pertemuan singkat seperti ini sangat penting artinya terutama adanya kesempatan pembukaan wacana baru dan jalinan silaturahmi yang lebih luas lagi.

 

* Oleh Shinta Samudera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s