Pengajian Anak-anak dan Remaja yang Tak Pernah Sepi di KBRI London

Bulan Ramadhan telah tiba. Bagi umat Islam, bulan ini merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan kualitas diri. Begitu pula yang diinginkan orang tua terhadap putra-putrinya, pengajian diintensifkan, agar mereka lebih mengenal dan mendalami ajaran agama di bulan yang penuh hikmah ini.

 
Selama bulan suci Ramadhan satu minggu sekali KBRI bekerja sama dengan pengajian Al-Ikhlas – London mengadakan  kegiatan “ Program Ramadhan 2007 untuk Anak-anak dan Remaja”. Program ini selalu diadakan secara rutin setiap tahun bagi masyarakat Indonesia di London dan sekitarnya dalam meyemarakkan bulan puasa. Pengajian yang mengambil tempat di KBRI London dilangsungkan setelah shalat maghrib berjamaah dan acara buka bersama. Pada saaat orang dewasa mendengarkan ceramah agama, anak-anak dan para remaja dibawa ke dalam ruangan kelas yang terbagi menjadi tiga kelas berdasarkan kelompok usia mereka, yakni untuk usia 5-8 tahun, usia 9-13 tahun dan usia 14 tahun ke atas. Ternyata kegiatan ini disambut baik tidak hanya oleh masyarakat Indonesia namun juga oleh para dewasa warga asing yang bergabung di dalam kelas usia 14 tahun ke atas.

Cukup banyak peserta yang turut serta, setiap kelasnya dipenuhi lebih dari 20 orang. Secara antusias mereka mengikuti dan mendengarkan uraian para pengajar dari Al-Ikhlas, walaupun diselingi saling becanda atau terlihat asyik sendiri terutama di kelas usia 5-8 tahun. Dimaklumi karena mereka adalah anak-anak yang masih penuh keceriaan dan kelucuan. Para pengajar menjelaskan materi pelajaran dengan cara yang menyenangkan tanpa ada penekanan dan pemaksaan. Pendekatan seperti ini ternyata sesuai dengan fitrah anak-anak. Dengan diselingi permainan, diskusi dan simulasi membuat mereka dapat duduk betah dan tidak bosan di dalam kelas.

 
Penyampaian materi disesuaikan dengan kebutuhan tingkat usia peserta. Untuk anak-anak usia 5-8 tahun, materi berkisar pada pentingnya arti puasa, penciptaan manusia dan kisah-kisah tauladan dari para Nabi. Di kelas untuk anak usia 9-13 tahun selain membahas makna puasa juga belajar untuk mengenal Allah SWT melalui ciptaan-Nya. Kelas ini tampak lebih aktif dan kritis mengikuti pelajaran. Sedangkan di dalam kelas usia remaja 14 tahun ke atas suasana tampak lebih serius. Pembahasan diuraikan secara lebih mendalam meliputi materi antara lain arti puasa di bulan Ramadhan, arti dari Islam, agama sebagai pedoman hidup serta kehidupan sebagai seorang muslim.

Insya Allah pengajian ini menjadikan bulan Ramadhan terasa lebih bermakna dan melekat di hati para generasi muda. Bagi peserta yang ingin bergabung diharapkan untuk mengisi formulir terlebih dahulu dan memberikan infaq sebesar £ 5.00 untuk setiap peserta. Keterangan dan pendaftaran lebih lanjut dapat dilihat di website KBRI London:  http://www.indonesianembassy.org.uk

 

* oleh Titi Iman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s